Apakah Taliban Sesat? Mengapa Taliban Menyerang Afghanistan - Revesery -->

Apakah Taliban Sesat? Mengapa Taliban Menyerang Afghanistan

Apakah Taliban Sesat? Mengapa taliban menyerang afghanistan - Ini Taliban Adalah Artinya -  Sepeninggal NATO dari Afghanistan pada bulan Mei kemarin membuat pemerintah Afghanistan harus berjuang sendirian melawan Taliban, kelompok pemberontak yang ingin mendirikan pemerintahannya di Kabul.

Dalam waktu tiga bulan pasca cabutnya NATO dari Afghanistan, Taliban menggencarkan serangannya ke seluruh penjuru Afghanistan dan merebut kota-kota penting.

Sampai hari ini (15/8/21) beberapa media mengabarkan Taliban telah mengepung Kabul dan mengancam posisi pemerintah Afghanistan yang saat ini dipimpin oleh presiden Ashraf Ghani.



Mungkin masih banyak orang-orang yang belum tau seluk beluk Taliban yang menjadi buah bibir saat ini. Maka dari itu MinHI mau share sekilas mengenai Taliban dan mereka ngapain di Afghanistan. 

Jadi siapa itu Taliban?

Nama Taliban secara harafiah berarti “mereka yang mencari”. Penamaan ini mengacu kepada siswa di seminari-seminari agama, atau madrasah, yang tersebar di Afghanistan dan Pakistan. Dalam arti harfiahnya, kata taliban tidak memiliki konotasi militansi atau ambisi politik.

Namun di kemudian hari Taliban diartikan sebagai sebuah gerakan yang mengacu pada gerakan politik yang muncul di Kandahar pada tahun 1994 dan pernah menguasai Afghanistan pada tahun 1996 - 2001 di bawah kepemimpinan Mullah Muhammad Omar.

Mengapa Taliban Menyerang Afghanistan

Saat ini Taliban sering digunakan untuk menyebut pemberontak Pashtun secara umum, atau sebagai istilah umum untuk semua milisi anti-pemerintah di wilayah Afghanistan.

Dalam dinamika politik dalam negeri Afghanistan sebelum invasi Soviet di tahun 1980an. Gerakan politik Islam tidak menjadi kekuatan utama. Baru pada masa Invasi Soviet para mujahidin dilengkapi dan diberi pelatihan militer dari Amerika Serikat untuk melawan ancaman komunis Soviet

Pasca mundurnya Soviet dari Afghanistan. Faksi-faksi mujahidin mendeklarasikan pemerintahan Islam di Afghanistan pada tahun 1992. Ketidakstabilan politik dalam negeri dan pemerintahan yang korup membuat faksi-faksi mujahid ini mengangkat senjata melawan pemerintahan yang sah.

Sampai akhirnya Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada tahun 1996 hingga masuknya Amerika Serikat tahun 2001.

Adapun alasan Amerika menyerang Taliban karena keterlibatan Taliban dalam melindungi Osama Bin Laden yang merupakan pemimpin Al Qaeda juga aktor utama dalam tragedi 9/11.

Ideologi yang dianut Taliban merupakan gabungan antara Pasthunwali dengan paham Deobandi. Dikutip dari UNAMA, Pashtunwali (cara hidup orang Pashtun) adalah kode etik bagi orang-orang Pashtun dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Pashtunwali harus dipraktekkan oleh orang-orang Pashtun baik di Afghanistan maupun orang-orang Pashtun di seluruh dunia.

Kemudian paham Deobandi muncul dari gerakan revivalis dalam Islam Sunni. Gerakan Deobandi berkembang sebagai reaksi terhadap kolonialisme Inggris di India. Kelompok ini mendirikan madrasah Islam yang bernama Darul Ulum Deoband pada tahun 1866 di India Utara.

Madrasah ini didirikan karena kurangnya pendidikan Islam di antara Muslim India. Paham Deobandi ini disebut juga sebagai gerakan fundamentalisme Islam.

Paham ini kemudian membentuk sebuah pandangan politk Taliban jika negara dan agama Islam tidak dapat dipisahkan.

Dua dekade sejak lepasnya Taliban dari pemerintahan Afghanistan, masuknya Amerika Serikat mengintervensi Afghanistan sampai perjanjian damai di tahun 2020 serta cabutnya Amerika bersama NATO dari Afghanistan.

Taliban akan tetap terus berupaya menggulingkan pemerintah Afghanistan yang sah serta mendirikan kembali pemerintahannya dengan nama Keamiran Islam Afghanistan (The Islamic Emirates of Afghanistan).

Sumber:

Anna Stenersen: The Taliban Insurgency in Afghanistan - Organization, Leadership, Worldview.

Lisa Michelbrink: Pashtunwali

Durotun Nafisah: "Afghanistan di bawah Pemerintahan Taliban Tahun 1996-2001 M. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya

Program for Culture & Conflict Studies: The Taliban


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

1 Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Join Grup Facebook: Disini
                   Discord: Disini
                Instagram: Disini

Kunjungi terus Revesery.com karna akan ada update selanjutnya.

Download ==>