Peraturan Baru Kurikulum Pendidikan Psikologi - Revesery -->

Peraturan Baru Kurikulum Pendidikan Psikologi

Peraturan Baru Kurikulum Pendidikan Psikologi - ruu psikologi - uu pendidikan dan layanan psikologi pdf - PENGUMUMAN UNTUK TEMAN-TEMAN SEJAWAT SARJANA PSIKOLOGI!!

It is official that all psychological practitioner specialization training are now closed and no longer available for admission.

Those who's about to graduate this year or so, please follow up with your academic.

Peraturan Baru Kurikulum Pendidikan Psikologi

Kamu tidak akan bisa ambil magister profesi lagi dan jika program studimu tidak menyelenggarakan program pendidikan keprofesian untuk S1, maka kamu hanya akan lulus dengan gelar S.Psi; dan kemungkinan, tidak dapat melanjutkan ambil pendidikan spesialis untuk sementara waktu.

Pendidikan spesialis disini (bisa jadi) spesialis :

• Spesialis Psikologi Klinik 

• Spesialis Psikologi Industri dan Organisasi

• Spesialis Psikologi Pendidikan

Untuk yang baru masuk program studi psikologi pada tahun ini, selamat datang dan segera beritahu orang tuamu kalau pendidikan sarjana psikologi-mu tidak lagi memakan waktu 4 tahun, melainkan bisa mencapai 6 tahun dengan rincian :

4 tahun sarjana > S.Psi > Profesi Psikolog umum

Oh iya estimasi setelah aku coba diskusi dengan sesama ilmuwan psikologi yang sudah lulus, program keprofesian ini perkiraan efektif sekitar tahun 2025-an.

Jadi sepertinya yang lulus di bawah tahun tersebut cuma dapet S.Psi.

TAPI MASIH PERKIRAAN YA, BELUM ADA PENGUMUMAN RESMI.

Jadi buat kalian yang lagi menempuh S.Psi dan akan lulus sekitar tahun segitu atau setelah tahun itu, silahkan tanya kepada bagian akademik terkait pendidikan keprofesian kalian.

Ok I think you guys did not yet understand the catastrophic of this new regulations, kita gak balik lagi ke kurikulum awal.

Kurikulum awal psikologi Indonesia S1 menjadi psikolog tingkat kompetensinya sudah setara S2 mapro, tapi kurikulum baru ini S1 hanya psikolog umum.

Kalian psikolog umum, tidak setara dengan psikolog klinis (not even dikategorikan tenakes), tidak selevel dengan psikolog industri, juga tidak seduduk dengan psikolog pendidikan.

Psikolog umum kompetensinya ada di bawah mapro.

Artinya kalian kuliah keprofesian S1 psikolog umum, selama (perkiraanku) 6 tahun, itu kalian TIDAK SETARA dengan psikolog yang sudah ada sebelum UU ini diresmikan.

Kalau mau setara, kalian harus ambil pendidikan spesialis lagi, jadi semakin lama, semakin butuh uang banyak, dan SEMAKIN SULIT JUGA UNTUK MASUKNYA.

Don't even get me started on how kemenkes (penaung psikolog klinis sbg tenakes) secara diplomatik menolak model pendidikan begini, jadi IPK dan Kemenkes tidak menganggap psikolog umum bagian dari mereka/tenakes.

Good luck with that.

Apakah aku fear mongering? I don't mind being labelled as such karena KALIAN MEMANG HARUS TAKUT SAMA KHAWATIR.

Kalau kalian ga punya uang unlimited, umur berlebih, sama tenaga fisik serta sumber daya kognitif yang unlimited, kalian memang harus khawatir.

Bagaimanapun, jangan khawatir yang maladaptif, setelah tahu gonjang ganjing begini, mari lakukan tindakan pencegahan berupa :

1. Selesaikan studi secepat mungkin.

2. Segera cari kerja.

3. Kumpulkan uang untuk profesi sedari sekarang, jgn nunggu regulasi baru keluar.

4. Belajar.

My fellow psychology scholar, let us all refer to Albert Ellis theory of rational emotive behaviour.

Reframe our stress upon this curriculum changes, it is a bad things for us, but it shall pass.

Mari hadapi, meski sambil nangis.

Oke sepertinya banyak yang belum mengerti, aku coba ringkas ya.

1. Kurikulum sekarang, seorang psikolog di Indonesia itu dibagi menjadi 2 yakni psikolog klinik (dibagi jadi dua lagi ada anak dan dewasa) sbg tenakes dan psikolog industri sama pendidikan sebagai non tenakes.

2. Untuk menjadi psikolog baik tenakes atau non-tenakes, jenjang pendidikannya adalah :

S1 psikologi (±4 tahun) > dapat gelar S.Psi > lanjut magister profesi setara S2 (±2,5 s.d. 3 tahun > dapat gelar M.Psi., Psikolog.

Jadi total pendidikan kurang lebih ±7 tahun saja.

3. Akan tetapi, undang-undang baru membuat kategori baru mengenai keprofesian psikologi Indonesia, yang mana sebelum jadi psikolog dengan spesialisasi klinik, industri, atau pendidikan, seseorang harus menjalani keprofesian sebagai psikolog umum dulu.

4. Sehingga jenjang pendidikannya (aku perkirakan) menjadi : 

S1 psikologi 4 tahun > dapat S.Psi > keprofesian psikolog umum ±2 tahun > dapat S.Psi., Psi > ambil spesialis klinik/industri/pendidikan > gelar unknown tapi mungkin perkiraan jadi SpKLD/SpKLA, SpIO, SpPD.

5. Kenapa kurikulum baru menjadi heboh dan perlu kita pahami? Karena jenjang pendidikan dari yang sebelumnya hanya ±7 tahun akan memakan waktu lebih dari 7 tahun.

Selain itu, proses seleksi akan menjadi makin luar biasa sulit serta mahal dari yang sekarang.

6. Selain itu, banyak perguruan tinggi penyelenggara program magister profesi gosipnya (⚠️INGAT GOSIP⚠️), tidak akan membuka program magister profesi psikologi lagi mulai tahun ini.

Sehingga menyulitkan teman-teman yang sudah S.Psi kalau mau jadi psikolog.

7. ⚠️WARNING⚠️ Thread Ini dibuat dalam bentuk yang ringkas, model shitpost, dan berbasis asumsi, jadi tetap tunggu pengumuman resmi, tapi sepertinya tidak akan beda jauh karena asumsi ini aku interpretasikan dari UU yang sudah diresmikan oleh DPR RI.

8. Oleh karena itu, brace yourself fellow ilmuwan psikologi, the storms are coming our way.

Untuk yang masih juga bingung, memang info ini ngga buat semua orang, cuma terbatas kalangan psikologi saja.

Dik adik yang mau ambil psikologi buat S1 pegang prinsip pendidikan bakal lama dan mahal aja, untuk yang udah kecebur di psikologi ayo baca ulang gue jitak ga ngerti.

Becanda, kalau ga ngerti baca ulang, nanti boleh tanya disini, komen aja.

Oke teman-teman sebagai penutup, univ penyelenggara mapro yang masi buka penerimaan tahun ini salah satunya adalah UI dan resmi ketok palu dari insider inform bahwa UI sudah tidak lagi buka mapro mulai dari gelombang ini.

kebetulan bem psikologi ui udah ngerangkum juga nih tentang perubahan yang disebabkan sama uu pendidikan dan layanan psikologi. boleh cek di sini: 

sejarah perancangan dan pengesahan

https://instagram.com/reel/CjsgGjejsH7/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

notulensi diskusi nasional ilmpi x himpsi

https://instagram.com/p/CfGMH5LPUKA/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

uu pendidikan dan layanan psikologi pdf 

Statement: 

Hallo Kak, saya Mapro Klinis 2022 dan bisa konfirmasi ya bahwa UI mulai tahun depan sudah berhenti menerima Mapro untuk mengikuti UU ini. Kaprodi kami juga sudah mewanti-wanti bahwa kami akan jadi angkatan terakhir

 - Diva, Mapro Klinis 2022


Sekian Peraturan Baru Kurikulum Pendidikan Psikologi

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>