Cara Mencari Vendor Untuk Jualan Merch - Revesery -->

Cara Mencari Vendor Untuk Jualan Merch

Cara Mencari Vendor Untuk Jualan Merch - cara mencari vendor yang tepat untuk merch jualan km πŸ’₯

p.s: artikel ini full dengan tulisan, bukan dengan gambar. jadi kalo mau baca silahkan, kalo enggak ya gak masalah.

1. research.

tadinya mau masukin modal dan niat dulu untuk yang pertama, tapi kayaknya yang paling pertama tuh cari tau dulu kamu mau merch yang punya kualitas seperti apa.

Cara Mencari Vendor Untuk Jualan Merch

mungkin beberapa orang sering liat aku beli merch ini itu, dengan skala yang banyak. tapi sebenernya itu bukan cuma buat kesenangan pribadi, melainkan aku juga put my standard over merchandise.

misalkan, aku beli photocard punya mawar, melati, dan kamboja. aku ngeliat perbedaan antara itu semua dan liat yang paling baik siapa. kalo mawar paling bagus berarti gimana caranya biar photocard aku nanti bisa sebagus punya mawar. kalo di sekolah ya menuhin KKM kali ya?

jadi standar aku tau makna merchandise BAGUS dan high quality itu seberapa.

menurut aku beberapa merchandise kurang kualitasnya bisa jadi karna kurang juga penelitian tentang high quality kayak gimana. no offense. terlepas dari seseorang punya sense dan penglihatan tajam soal merchandise dll kayaknya beli 1-3 merch buat ‘penelitian’ ngga akan rugi juga.

aku sendiri ngerasain tiap dateng di event yang berbeda, ada aja kualitas baru yang lebih bagus lagi, bisa munculin ide baru lagi, dan standarnya bisa jadi makin tinggi.

2. modal dan niat.

gak ada tuh ceritanya mau bikin merch niatnya setengah-setengah, gak ada ceritanya modal seadanya.

modal yang mau aku tekenin bukan siapa paling banyak test print. tapi jangan takut untuk trial and error untuk kualitas yang bagus.

aku tipe yang quality over quantity jadi boncos dikit gapapa asalkan di masa depan aku gak dapet penilaian jelek dari pembeli, gak dapet complain, dll. soalnya hidup aku lebih tentram juga kalo gak dapet komentar jelek 😭

3. trial and error is ok!!!

jarang sih aku nemuin orang yang baru sekali nyoba vendor langsung bagus. jadi mau gamau TANYA, CARI, dan CETAK.

TANYA

bisa nanya ke vendornya itu sendiri. apakah file kamu ada yang salah, ada yang kurang, dll. selain ke vendor, bisa juga nanya ke temen atau orang lain yang memungkinkan mau jawab. jangan dipaksa juga kalo orang gamau jawab ya 😭

CARI

yeah kalo misalkan gak ada yang bisa ditanyain, cari. sekarang tuh semuanya serba gampang, tinggal yang kamunya aja mau nyari apa enggak.

CETAK

setelah dapet semuanya, ya jangan lupa dicetak. trus saranku jangan sekali nemu 1-3 vendor trus nyetak di tiga tempat itu. satu-satu aja 😭 makanya kalo bikin merch itu takes time karna ya beginilah hidup, tidak bisa instant pula.

4. komunikasi.

ni misalkan udah nemu vendor yang cocok dan mantep, jangan lupa komunikasi maunya kamu kayak gimana. kamu harus tau tetek bengek merchandisenya bakalan seperti apa dan harus kek gimana.

beberapa kali aku di vendor yang sama, udah bagus kualitasnya, tapi masih ada aja yang kurang. nah itu tuh harus dikomunikasiin, jangan dikit-dikit spall spill. ntar giliran ilang vendornya, bingung nyari kemana kan 😭

misalkan di cetakan pertama hasilnya udah bagus, eh giliran cetakan kedua hasilnya lebih terang. nah itu tuh kamu harus tanyain ini masalahnya apa, kurangnya gimana, dan solusi yang bisa dikasih vendornya ke kamu tuh apa.

sepanjang yang aku tau kalo misalkan di cetakan pertama udah bagus, gak susah kok untuk dikomunikasiin biar kualitasnya agak mirip 90% dari yang sebelumnya.

disclaimer: tiap sekali nyetak as far i know emang bakalan ada perubahan, jadi gak bisa 100% sama tapi minimal dapet 90%

5. file cetak.

ini sih yang sering risk ya. kita ngiranya udah cakep filenya, tapi pas diprint malah blur. aku selalu make buat dicetak itu file CMYK dengan minimal kualitas 400 dpi. kurang dari itu, aku ngga mau nyetaknya. tanya juga sama vendornya mesinnya pake apa, biasanya itu juga ngaruh sama hasil cetaknya.

nah kalo urusan mesin, ini tanya langsung sama vendornya bakalan menghasilkan yang seperti apa dan lebih bagus yang gimana. soalnya setauku juga, tiap mesin bisa ngehasilin hasil yang beda juga kualitasnya.

udah kayaknya itu aja??????? kalo misalkan ada yang kurang, boleh ditanyain lagi yah. aku ngga tau ini udah mencakup semuanya apa blm, tapi biasanya emang kek gini HARUSNYA πŸ˜…

semoga membantu!! have a nice day ✨


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 Download ==>>