Cara ke Psikiater Psikolog Menggunakan BPJS - Revesery -->

Cara ke Psikiater Psikolog Menggunakan BPJS

Cara ke Psikiater Psikolog Menggunakan BPJS - Sesederhana stress karena tugas kuliah, pekerjaan, orang tua, sekolah, itu juga masalah. 

Minimal banget cari temen curhat. Sebisa mungkin cari bantuan psikolog. Mungkin nanti aku akan sedikit cerita bagaimana mekanisme konsultasi psikolog/psikiater via BPJS ya.

Dukungan teman, keluarga, orang sekitar sangat penting dalam proses pemulihan. Memang sulit untuk bertemu org yg tdk judgemental. Itulah mengapa pemulihanku disaat kekambuhan skrg terasa luar biasa menyakitkan. Tapi diluar sana, masih banyak org yg saling merangkul.

Cara ke Psikiater Psikolog Menggunakan BPJS

Cara ke psikiater/psikolog pake BPJS sebuah tutorial. Sesuai janji, aku akan ceritain gimana cara aku bisa ke psikiater pk BPJS. Desclaimer dulu, ini sesuai pengalamanku ya.

Cara ke Psikiater Psikolog Menggunakan BPJS

1. Bikin BPJS dulu. Kalo kalian masih jd tanggungan orang tua, coba pastiin kalian punya atau engga BPJS dan sebisa mungkin kartunya ada di kalian. Kalo kalian usia 21 tahun, BPJSnya udh masuk ke BPJS mandiri yang artinya ga lagi jd tanggungan orang tua. Nah disini kalian perlu-

-ngurus sendiri atas nama kalian. Cara ngurusnya waktu aku dulu dtg ke kantor cabang BPJS setempat.

2. Ke faskes 1 Nah saat kalian bikin BPJS pasti udh nentuin faskes 1. Sebelum ke psikolog/psikiater, kalian harus konsul ke dokter umum di faskes 1 kalian dulu utk dpt rujukan.

Saat ke faskes 1, mungkin kalian akan ngerasa bingung mau cerita apa. Mungkin sblm ke faskes 1 kalian bisa tulisin gejala yang kalian alami dan berapa lama kalian ngerasain itu. Misal, "merasa ingin mengakhiri hidup (2 minggu belakangan)".

Setelah itu, kalian bisa komunikasikan ke dokternya kira2 baiknya ke psikolog apa psikiater. Nanti dokter umum akan bikinin kalian surat rujukan buat ke RS nanti. Surat rujukan berlaku 3 bulan, sebisa mungkin print outnya ga ilang selama kalian pengobatan.

Beberapa klinik ada yg menyediakan psikolog. Kl di klinik ada psikolog, berarti rujukannya dr psikolog. Jangan takut buat cerita ya.

3. Datang ke RS yang dituju. Tapi sebelum ke rs yang dituju, make sure kalian cari info ttg RS tsb. Dari jam praktek dokter, cara daftar, berkas yg diperlukan, dll. Beberapa RS ada yg minta kalian bawa dokumen pendukung selain print out rujukan spt fc KTP atau fc kartu BPJS.

4. Konsultasi Saat konsultasi ini kalian boleh kok ditemenin orang terdekat. Pokoknya jangan takut ya.

5. Obat Nah obat ini spt biasa kalian nebus obat (kalo dikasih). Jangan lupa diminum sesuai anjuran dokter. Kali ada efek samping yg bikin ga nyaman kaya misal brainfog, ngantuk, sulit berkonsentrasi, atau yg lainnya jangan lupa dicatet. Tapi jangan sampe obatnya berenti diminum.

6. Dukungan Ini penting bgt dalam pemulihan kalian. Dukungan bisa dr mana aja. Bisa keluarga maupun temen. Karena bakal berat banget ngelaluinnya tanpa dukungan (kaya yg aku alamin skrg). Tapi aku berharap semoga kalian senantiasa dikelilingi orang2 baik yang mau mengerti

7. Doa Jangan lupa berdoa

Aku paham betul pasti sulit sekali melalui fase2 terburuk. Pasti kebingungan sekali waktu ngerasain rasa sakit tapi kalian ga tau yang sakit dimana atau mungkin sakit psikosomatis. Sulit, mau keluar. Perlahan, karena setiap langkah kecil itu berharga. Kita semua berharga.

Baru 2 hari lalu aku ke paikolog dan psikologku blg, "Dek, ini ga permanen. Jadi ayo bertahan ya.":)

Sekian Cara ke Psikiater Psikolog Menggunakan BPJS


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 Download ==>>