Jenis Kain Bridesmaid Harga Murah dan Terbaik - Revesery -->

Jenis Kain Bridesmaid Harga Murah dan Terbaik

Jenis Kain Bridesmaid Harga Murah dan Terbaik - Background-nya aku adalah owner custom clothing line yang hampir setiap minggu belanja kain untuk pesenan. Dan banyak temen yang konsultasi karena ga pernah belanja kain juga. Takut klo kemahalan dll.

Sebelum dihujat "bAgI BaGi kAIn bUkaN BuDaYa KitA" sekali lagi aku menekankan, mau bagi-bagi kain atau enggak kembali lagi adalah pilihan. Klo menurutku, yang penting adalah tidak memaksakan. Kalo mampu silakan, ga juga ga papa karena ga wajib juga.

Kenapa tidak memaksakan? Karena 100 ribu/orang itu emang terlihat murah. Tapi klo dikali jumlah bridesmaid.....ya banyak juga jadinya pengeluarannya

Jenis Kain Bridesmaid Harga Murah dan Terbaik

Aku bagi jadi 3 bagian ya: polos, motif, sama brokat.

Jenis Kain Polos Bridesmaid
Kita mulai dengan kain polos ya. Ga masalah lho sebenernya ngasih kain polos aja, kan balik lagi tergantung kreasi masing-masing. Yang pertama, satin.

Satin ini jenisnya banyak banget, dan grade-nya juga macem-macem. Kain dengan nama yang sama belum tentu punya kualitas yang sama. Tergantung pabrik/buatan mana & kejujuran penjual.

- Kain Velvet
Kain satin yang paling sering dipake di sini contohnya Velvet. Karena murah <20k per meter. Kelebihannya ga licin kaya satin biasa jadi lumayan gampang dipake. Cuma agak tebel dibanding satin lainnya.



- Roberto Cavalli
Rekomendasi kain satin lainnya adalah Roberto Cavalli dengan kisaran harga 27k-35k dan Maxmara dengan kisaran harga 37k - 50k.


Jadi, klo menemukan Maxmara tapi harga di kisaran 20k, ada 2 kemungkinan. Itu grade yang maaf jelek, atau sebenernya Velvet tapi diakui sebagai Maxmara. Karena Maxmara grade bagus, klo beli roll & serian aja harganya di atas 25k. Itu beli ratusan yard loh

- Cerutti/Baby doll
Rekomendasi kain polos lainnya adalah cerutti/baby doll. Karakteristiknya tipis, swing swing, jatuh. Kekurangannya: nerawang. Jadi ya mau ga mau harus ngasih kain furing juga.


Kelupaan. Range harga di kisaran 18k-42k. Makin mahal, makin halus kainnya.

Nah, klo pengen yang jatuh gitu tapi ga nerawang ada banyak pilihan lain. Wolfis, Wollycrepe, Mosscrepe, atau Madame Sexy (ini beneran nama kainnya ya🤣). Bedanya hanya ketebalan dan tekstur aja, ada yang timbul kaya pasir, ada yang polosan.

Harganya macem-macem kisaran 25k-55k. Kalo Madame Sexy setauku hanya 1 grade, klo Wolfis, Wollycrepe, Mosscrepe itu banyak banget. Tiap pabrik beda-beda.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan selain jenis kain adalah:

"Berapa meter sih aku harus ngasih kain?"
Mumpung bahasan kain polos udah selesai, ganti dulu bahas size ya.

Untuk dress panjang adalah 2,5 meter. Itu udah paling minim sekali dan ga bisa dibuat model aneh-aneh. Idealnya adalah 3 meter, supaya bisa dibikin bawahnya klok/payung atau minimal sisa kainnya bisa dibuat aksen.

Semuanya kembali disesuaikan dengan bridesmaid. Klo dirasa ukurannya besar-besar, lebih baik ngasih 3.5 meter sekalian.

Sedangkan klo mau atasan aja, misalnya nih bawahnya mau dikombinasikan batik atau kain motif lainnya, minimal 1.5 meter. Idealnya 1.75 untuk model tunik selutut atau 2 meter klo emang biar bisa dibikin aneh-aneh.

Note ini polos ya. Klo brokat nanti hitungannya beda lagi.

Jenis Kain Motif Bridesmaid

Yuk mari ganti bahas kain motif. Kain motif juga kece lho buat bridesmaid. Apalagi klo pengen beach atau tropical vibe gitu.

- katun jepang
Yang pertama adalah katun jepang. Jangan dikira katun jepang cuma bisa buat homedress/mukena ya 🤣 Klo pinter milih motifnya, juga bisa bagus kok. Harga mulai 32k per meter




- satin motif.
Pilihan kedua adalah satin motif. Klo ini buat yang pengen keliatan mevvah tapi ga polos-polos amat kaya hidupQu.

Range harga dari 27k-100k per meter.

- chiffon/crepe motif
Pilihan ketiga adalah jenis chiffon/crepe motif. Again, kekurangannya harus ngasih furing juga. Tapi klo acara nikahannya outdoor, kain ini bakal bagus banget apalagi pas swing swing diterpa angin 🙈

Range harga 22k-80k.

Kalo untuk kain motif, usahakan dikasih lebihan ya. Misal dress tanpa lengan 2 meter sebenernya cukup. Tapi karena motifnya biar nyambung antara bagian atas dan bawah, paling ga kasih tambahan 0.5 meter ya.

- batik
Kain motif lainnya ada batik. Iya sengaja ditulis motif batik, nanti ada Batik Justice Warrior lagi orang printing kok ditulis batik

Kain motif batik ini macem-macem. Yang printing mulai 25k per lembar (biasanya dapet 2 meter) atau yang agak bagusan bisa pake batik cap mulai 50k per lembar. Hemat kan beb~

- jaquard
Lanjut ya. Ini adalah kain yang paling sering aku rekomendasiin buat bridesmaid. Murah, sebenernya polos, tapi ada motif timbul (emboss). Jadi bisa keliatan mevvah juga. Namanya jaquard. Kalo tau songket nah mirip gitu kainnya cuma ga sekaku songket


Harganya mulai 32.5k per meter. Lebih recommended untuk atasan/bawahan/setelan aja, klo untuk dress karena tebel menurutku kurang sih

Bahasan yang paling ditunggu-tunggu kayaknya brokat nih.

Jenis Kain Brokat Bridesmaid

"Bisa ga sih kak ngasih kain, termasuk brokat tapi totalnya under 100k per orang?"

Tentu bisa dong

Cara Campur Kain Untuk Bridesmaid Harga Murah Terbaik

1. Cheapest alternatives: brokat renda & tulle cebong (serius di toko kain disebutnya ini 🤣)

Harganya mulai 23k tanpa mutiara, klo yang ada mutiaranya mulai 28k.

Pilihan kedua ada brokat cord/cornelly. Harganya mulai 32k. Tergantung motifnya & "kehalusan" kain. Makin mahal, makin halus.

Kalo mau strict to budget under 100k, pengen pake brokat, caranya ada 3

1. Pilih polosnya biasa, satin velvet.
3 meter x 18 ribu=54 ribu.
Brokat/tulle 1.5x28 ribu=42 ribu
Total 96 ribu

2. Pilih polosnya agak bagusan, Cavalli
3 meter x 27 ribu=81

Trus brokat rendanya dikasihnya potongan, nanti bisa dikreasiin kaya gambar ini

Enaknya brokat renda tuh dalam 1 kain ada banyak "engkol". Engkol tuh kayak motif gelombangnya itu. Jadi misalnya beli 2 meter, per lebarnya kain ada sekitar 10 yang bisa digunting-gunting. Tiap orang dapet jatah 1 baris

2 meter x 28 ribu= 56 ribu
Total sama polos jadi 87 ribu

Wkwk yang bingung, itu 56 ribu kan nanti dibagi 10. Jadi per orang, brokatnya cuma sekitar 6 ribu~~~

Atau alternatif lain bisa dikasih renda meteran atau aplikasi tempel. Mau masangnya di mana, modelnya apa diserahin ke bridesmaidnya aja sesuai kreasi masing-masing.

Yang ini rendanya 8 ribu semeter, klo aplikasi tempelnya 18.500 per pc.

3. Brokat - polos - batik

Brokat 1.5 m x 28k=42
Polos velvet 1.5 m x 18k=27
Kain motif batik printing 28k

97 ribu saja~

Yang aku sebutin rumusnya tadi pake brokat renda & tulle cebong ya yang lebar kainnya 1.5 meter.

Klo brokat lain, lebar kainnya macem-macem ada yang 1.15 dan 1.30/1.35.

Jadi, klo misal untuk atasan polos 1.5 meter cukup, untuk brokat usahakan ngasih 1.75 atau 2 meter. Karena lebar kain yang beragam tadi.

Klo dress panjang polos bisa 3 meter, untuk brokat bisa 3.5 atau 4 meter

Seperti kain motif, untuk brokat biar motifnya nyambung butuh kelebihan kain juga. Jadi usahakan tanya juga ya lebar kain pas beli biar ga kurang. Klo sisa mah ga papa

Yang paling penting klo beli seragaman bridesmaid/keluarga adalah: selalu tambahin jumlahnya dari list. Minimal 1.

Pengalaman berkali-kali ngurusin pesenan kain seragaman klien, pasti endingnya kurang. Ada aja yang kelupaan atau yang tadinya ga niat ngasih terpaksa ngasih. :)))

Karena klo balik lagi, belum tentu kain yang kalian beli masih ada. Polos aja belum tentu ada warnanya apalagi motif/brokat. Daripada ngasih tapi jadinya malah beda sendiri.

Sekian dulu ya yang mau tanya-tanya silakan. Btw harga-harga di atas itu harga eceran yang biasa aku dapetin. Sekitar Semarang, Bandung, Jakarta itu kurang lebih segitu. Beda toko apalagi beda kota harganya belum tentu sama.

Yang penting mau jalan-jalan & bandingin toko kain di kotamu aja. Sehari cukup kok, keluar aja dari pagi. Asal udah ngerti pengen warna apa. (Ini penting banget, klo ga tau pengen warna apa, di toko kain makin bingung saking banyaknya).


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 *info aja: klo aku biasanya beli followers asli manusia  disini

Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>