Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula dengan Cepat - Revesery -->

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula dengan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula dengan Cepat - Kepingin mulai belajar bahasa baru? Apa saja yang perlu diperhatikan di level dasar? Berikut prinsip-prinsip yang perlu ingat agar pembelajaran bahasa kita lebih jos.

1. Miliki Glosarium! 

Ini yang sering kali kelupaan dan tidak dimiliki oleh kebanyakan orang yang baru memulai belajar bahasa.

Glosarium adalah daftar kata-kata, biasanya memuat 500-1000 kata, yang memuat sekitar 60-70% kosakata dari penggunaan bahasa sehari-hari. 

Mengapa? karena level dasar adalah pembentukan fondasi untuk kosakata, sehingga kosakata yang harus dipelajari adalah kosakata yang sering dipakai dalam kelaziman bahasa sehari-hari. 

Oke baik, contoh glosarium itu seperti apa dan gimana dapetinnya? Ini contoh Glosarium, biasanya pada buku belajar bahasa yang bagus, di akhir buku akan diberikan Glosarium kata kata yang memuat dalam pembelajaran. 

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula dengan Cepat

Tapi gue nggak punya buku yang menyediakan Glosari nya itu gimana ya? Tenang, di internet ada banyak kok yang menyediakan Glosarium cari aja dengan kata kunci: 

1000 most common words in(bahasa yang kamu pelajari) 

Glosarium yang kamu miliki adalah kosakata yang wajib kamu pelajari dan kamu targetkan untuk kuasai secara penuh. Kalau kamu serius belajarnya, percaya deh, sekitar 60-70% teks bahasa target akan dapat kamu pahami. Itu baru di level dasar lho. 

Belajar kosakata itu sebaiknya berjenjang sesuai level. Agar kita ngga kesulitan. Sebagai contoh, dalam bahasa Inggris, kata "to be" itu termasuk level dasar (Al), sedangkan "'inquire" itu mask level menengah atas (B2). 

Artinya, ya kita kuasai dulu penggunaan kata "to be", baru nanti yang "inquire". Lantas gimana cara membedakan pelevelan kata seperti ini?

1. Dari feeling. 

Jika kata itu terdengar teknis, spesifik, jarang terdengar, biasanya itu adalah kosakata level atas. 

2. Dari kamus. Ada kamus yang menunjukkan suatu kata ada di level apa. 

Di bahasa Inggris, contohnya ada kamus: https://dictionary.cambridge.org 

3.Dari daftar glosarium yang kamu punya. 

Kalau ada ya tenang aja, berarti kamu ngga kelvar koridor. Itulah pentingnya glossarium, agar penguasaan kosakata kita ngga kelvar jalur!

2. Alokasikan waktu belajar selama kira-kira 150 jam, fokuslah pada pengucapan dan pengayaan kosakata.

Jika kamu mengalokasikan 1 jam setiap hari untuk belajar mandiri, artinya kamu perlu 5 bulan untuk belajar. Dalam kurun waktu tersebut, mungkin kita tidak selalu belajar jadi taruhlah kita perlu waktu 6 bulan untuk selesai level dasar. 

Dalam 6 bulan tersebut, kamu perlu fokus dan memerhatikan 2 hal penting, yaitu menguasai 2000 kosakata pertama dan pengucapan yang benar. 

Gimana dengan gramatika? Di level menengah dan lanjutan, gramatika akan terus dipelajari dan diulang-ulang untuk membentuk kebiasaan. Jadi, sat selesai di level dasar gramatikamu mash hancur, bukan jadi masalah besar. 

Masih bisa diperbaiki. Akan tetapi, kalau kita selesai belajar di level dasar tapi pengucapan kita masih kacau dan perbendaharaan kosakata kita masih kurang dari 2000 kata, itu bakalan terseok-seok ketika belajar di level menengah. 

Jadi, pastikan 2 aspek tadi (pengucapan dan skala kosakata) sudah memenuhi sebelum melanjutkan ke level menengah. Oh ya, wajar juga jika selesai level dasar kamu mash terbata-bata dan banyak berpikir untuk mencari kata sat bicara. 

Sebab di level dasar, sebenarnya lebih dituntut untuk kemampuan pasif, yaitu kemampuan memahami. Dari kemampuan pasif itu nanti kemampuan aktif berbahasa akan berkembang secara perlahan. 

Kemampuan aktif aka lebih dipelajari di level menengah, di level tersebut kamu akan belajar caranya membentuk opini, presentasi, dan berdebat.

3. Pahami standar kompetensi berikut sebagai targetmu melewati level dasar.

Pahami standar kompetensi di level dasar. 

 Kompetensi pelajaran bahasa di level dasar adalah sebagai berikut. 

1. Mampu memahami ekspresi dan kosakata UMUM, contohnya yang berkaitan dengan diri sendiri, keluarga, membeli barang, memberi petunjuk arah, aktivitas saat ini, ling kungan sekitar, dan pekerjaan, perkuliahan, sekolah). 

2. Paham dalam membaca papa informasi sederhana, petunjuk, iklan, dan surat yang ditujukan secara pribadi (pendek dan sederhana). 

3. Paham cara menulis surat sederhana yang pendek (50-100 kata, seperti pesan ucapan terima kasih, ucapan selamat, atau ucapan minta maaf, ucapan belasungkawa/ kesedihan, dan ucapan simpati. 

4. Mampu menangkap inti pembicaraan dalam konteks sehari-hari, selama diucapkan secara jelas dan tidak memakai idiom tertentu. 

Jadikan ke-4 kompetensi in sebagai pijakan untuk menilai diri sendiri. Di akhir pembelajaran, silakan tanyakan pada diri sendiri apakah kita sudah menguasai keempatnya? 

Jika sudah, selamat! Kamu berhasil belajar di level dasar dan dapat melanjutkan ke level menengah. :)

Sekian Cara Belajar Bahasa Inggris di Level Dasar

by @Greschinov

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi terus Revesery.com karna akan ada update selanjutnya.

Isi Survey Online dibayar Rp 250.000 Klik Disini

Download ==>