Cara Mengurus Ijazah Sma Yang Hilang Tanpa Fotocopy - Revesery -->

Cara Mengurus Ijazah Sma Yang Hilang Tanpa Fotocopy

Cara Mengurus Ijazah Sma Yang Hilang Tanpa Fotocopy - Maaf ya kalau ada yang terlupakan atau ternyata beda prosedur di setiap provinsi. Ijazah itu penting banget buat melamar kerja setelah menyelesaikan sekolah atau universitas. 

Tapi ada sebagian orang yang belum sadar betapa pentingnya ijazah, jadi mereka nggak simpan dengan baik, akhirnya rusak atau hilang.

Kalau ijazahmu rusak atau hilang dan nggak bisa dipakai lagi, yang paling baik adalah mencarinya dengan hati-hati. 

Urus ijazah yang hilang atau rusak itu ribet, karena harus persiapin banyak syarat.

Tentunya ijazah itu dokumen yang sangat penting dan dibutuhkan banget buat lanjutin pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau buat melamar kerja di masa depan. 

Tapi banyak orang yang nggak ngerasa pentingnya dokumen-dokumen ini, jadi nggak disimpan dengan baik, akhirnya sertifikatnya hilang atau rusak. Nah, gimana dengan ijazah yang hilang?

Siapa aja bisa kehilangan ijazahnya karena kelalaian. 

Nggak cuma hilang, bencana alam kaya banjir atau longsor juga bisa bikin ijazah jadi nggak lengkap atau rusak. 

Nah, kalau ijazah hilang, kamu bisa bertanggung jawab buat ngeluarin SKPI atau ijazah/sertifikat pengganti ijazah yang masih berlaku. 

SKPI itu contoh pengganti ijazah yang hilang dan secara sah bisa gantiin ijazah aslimu. Ingat, jangan lupa ganti ijazahnya ya!

Cara Mengurus Ijazah Sma Yang Hilang Tanpa Fotocopy

Alasan hilang 

Jadi dulu aku pernah POMNAS ngumpulin ijazah ktp (asli) dll pake amplop coklat. Nah pas acara selese pulangnya udah dikembaliin sama officialku ke aku, tp sebulan selanjutnya aku lupa naroh di kos. Di cari2 ga ketemu juga. Ya maaf emg suka lupa naroh See-no-evil monkey

Januari tahun kemaren akhirnya aku ngurus ijazah ilang : 

1. Pertama usahakan kalian punya fc ijazah kalian. Takutnya kearsipan SMA kalian blm punya atau hilang.

Bisa kalian fc 3-5 lembar.

Sediakan juga fc ktp kalian juga.

2. Pergi ke POLRES kota/kab  minta dibuatkan surat kehilangan.

Bawa ktp+fc an nya

Bawa fc ijazah juga karena butuh nomor ijazah kalian buat di tulis di keterangan.

Habis itu pergi ke SMA kalian. Ke ruang tata usaha. Tanya alurnya+ syaratnya karena mungkin beda sama aku ya 

Di SMA aku dulu suruh :

- Legalisir fc ijazah 

- Print lembar buku induk siswa (nah ini butuh 2 foto (foto saat smp + foto yang sama di ijazah)

Di buku induk ini selain data doro gitu di lembar paling belakang ada laporan penilaian hasil belajar siswa 

Penilaian hasil belajar siswa (nilai rapor kalian yang pengetahuan selama sekolah) {ini yang bikin lama krn tulis tangan manual}.

- Surat keterangan dari kepala sekolah

- Fc Bukti pengambilan ijazah (tkamu kalau ijazahnya udah pernah kalian ambil dari sekolah kalian)

- Surat Pernyataan tanggung jawab mutlak (disini butuh materai ya)

- Minta sekolah print kan "Daftar Nilai" isinya :

Nama

Ttl
NIS
NISN

Mata pelajaran (nilai rata2 rapor + nilai ujian sekolah)

Ttd kepala sekolah dan ttd kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi kalian -cont

Krn jawa tengah dibagi wilayah gitu, untuk karisidenan banyumas ditunjukkan kepada

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX

kalian gaperlu mikir karena bakal di bantu SMA kalian buat masalah ini

Untuk karisidenan banyumas, kantornya ada di Banjarnegara. Tepatnya di seberang SMK N 1 Bawang

Selain itu minta SMA kalian buat bikin "Surat Keterangan Pengganti Ijazah" disitu ada ttd kepsek + kepala cabang juga.

Untuk surat ini sediain foto 3x4 hitam putih yang sama kayak di ijazah/pas kalian ujian. Baru di stempel SMA.

Seingetku semuanya rangkap 3 ya.

Jadi siapin foto 3x4 nya juga sesuai kebutuhan.

Trus kalau di ganti bentuk ijazahnya gmn? Apa sama kaya dulu?

Jawabannya TIDAK. Ijazah kalian berganti jadi lembar surat2 yang udah keterangan yang kalian urus tadi.

- Suket pengganti ijazah
- Daftar nilai
- Surat Pernyataan Tanggung jawab mutlak

- Surat kehilangan kepolisian

- fc ijazah yang dilegalisir

Berikut aku foto ( kop2nya aja yak) yang tadi aku sebutin

Surat keterangan dr kepsek yang menerangkan kita dengan ijazah nomer seri sekian udah ambil ijazah kapan

Fc bukti pengambilan ijazah. yang punya TU kita cukup fc aja.



BUKU INDUK

isinya identitas+niali rapor 6 semester

Nanti isi satu trus kalo udah lengkap di rangkap jadi 3.

Foto smp di atas, foto pas sma/kls 3/yang ada di ijazah di bawah

- Fc Ijazah + di Legalisir

- Surat kehilangan dari kepolisian

- Surat Pernyataan Tanggung jawab mutlak bermaterai

- Daftar nilai di ttd+ stempel kepsek dan kepala cabang dinas pendidikan yang ngurusin setingkat SMA

Surat keterangan pengganti ijazah bermaterai

Semoga bermanfaat. Bisa ke SMA untuk bertanya barangkali udah beda alur+syarat. 

Tp biar ringkes bisa minta surat kehilangan dulu ke polres kalau udah punya fc an ijazah yang udah di legalisir.

Siapa aja bisa kehilangan ijazahnya karena kelalaian. Nggak cuma hilang, bencana alam kaya banjir atau longsor juga bisa bikin ijazah jadi nggak lengkap atau rusak. 

Nah, kalau ijazah hilang, kamu bisa bertanggung jawab buat ngeluarin SKPI atau ijazah/sertifikat pengganti ijazah yang masih berlaku.

 SKPI itu contoh pengganti ijazah yang hilang dan secara sah bisa gantiin ijazah aslimu. Ingat, jangan lupa ganti ijazahnya ya!

Sekian Cara Mengurus Ijazah Sma Yang Hilang Tanpa Fotocopy


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 Aplikasi survey dibayar dollar Disini

Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>