Cara Belajar Diterima Di FHUI Fakultas Hukum Universitas Indonesia - Revesery -->

Cara Belajar Diterima Di FHUI Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Cara Belajar Diterima Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia - agak pegel yaa td udah bikin tapi ngulang lagi. tapi gapapa dehh, demi adik2 angkatan 22 23 dstnya okeyy jadi aku bakal bagi ini ke beberapa sections, tapi perlu diingat ya ngga semua cara2 yang aku lakuin ini works di beberapa orang ataupun cocok dan kalo ikutin step by step ini auto-

keterima snm, ngga ya. ngga sama sekali. tapiii sebelum dimulaai, aku menyarankan kalian siapin makanan karena ini bakal superrr panjangggg & pertama kali aku bikin artikel jadi siapa tau boseninn huhu maaf yaah akan banyak kurangnya, here we goo~

Cara Belajar Diterima Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia

1. SMP NGGAK TAU MAU IPA/IPS

sesuai sm judul poin ini, smp itu masa2 dmn aku jadi selabil-labilnya manusia. dulu masi kebawa temenn, temen mau ipa, aku mau juga! hahahah jgn ditiru ya guys, usahain udah tau dari awal sma mau ambil penjurusan apa. tapi yang aku tauu, dari aku smp kalo ditanya-

orangg mau jadi apa, pasti aku dgn mantap jawab, “orang hukum!! mau jadi pengacara, dll” tsaah, sok iya bgt kan emang bocahnya wkwkw mungkin karena aku liat ayah sm mama kali yaa jadi terpacu mau jadi orang hukum, padahal mah blm banyak tau apa2~

sempet ada sedikit perbedaan pendapat aku sm mama, tapi mama akhirnya ngga ngasih aku ke ipa & msk boarding (waktu itu aku ngebet pgn sma aksel biar cepet lulusnya, mau ke iibs cikarang). udah daftar & tes di beberapa sma swasta, aku liat kayaknya ada sekilas rasa ingin anaknya diterima-

di sma negeri dari sorot pandang mata mama kalau kami ngobrol. akhirnyaa, aku iseng jg daftar sma negeri walau aku ga pede karena hampir ga perna siapin apa2 & kehitung mepet cari info2nya. tapi yaa siapa tau diterima kan, kapan lagi w bs sekola gratis aseek. trss ternyata bener-

keterima kan, awalnya aku sempet kurang ikhlas (maaf bubunn), tapi yaa dicoba aja deh siapa tau berkahnya di sini guys. karena sblmnya playangroup-smp di swasta2 aja, sekolah di sma negeri ini jadi pengalaman pertamaku msk sekolah negeriGrimacing 

2. TAKUT GA NAIK KELAS

nah jadi awal keambisankuu sepertinya dimulai karena ini. berhubung gapunya kenalan anak2 smp negeri yang satu sma sama aku, mau gamau aku cari info sendiri. jujur berasa nightmare awalnya keterima di negeri tu. baru mulai sma aja aku stress bgt pas dgr dari-

org2 kl negeri tu ktnya gurunya cuek ga bnr2 ngajarin, kl ada 3 mapel yang nilainya di bawah kkm bakal auto ga naik kelas, dll. nah seingetku selama kelas 10 ini, aku cuma fokus jaga nilai aja sih karena aku gamau ga naik kelas!! haduu mati gila kl sampe iyaa

3. PENTINGNYA CARI INFO

nahh di smstr 1 kemarin, aku jg selain jaga nilai, udah mulai samar2 dgr info jalur undangan. saat itu, aku gatau kalo jalur ini tuh namanya snm yaa. dari modal googling pas itu, di smstr 2, aku udah mulai berkenalan sm guru2 bk-ku. bukan for “caper” tapi

for the sake of memperkaya wawasan seputar jalur ini. karenaa jujur aja, aku orgnya cenderung praktis. kalo ada yang lebih gampang & cepet, kenapa aku harus cape2 buang tenaga/uang untuk jalur2 lain, hehe. nah disini aku gamau cmn aku aja yang nambah insightnya soal jalur snm ini,-

alhasill aku ajak temen2 dktkuu buat nyamperin bk. dan ini bnr2 kayak hampir tiap hari, sampe guru bk nya ttapi mau ladenin pertanyaan2 aku yang banyaak bgt pas mereka lagi piket di sekolah..Smiling baik bgt kan mereka.. emang.

nah poin penting dari aku, kl sm guru bk ituu usahain jangan karena mau caper nilai doang wkwkw ga ngefek sumpah. kalian lakuin ajaa karena emang itu pure dari hati kalian mau akrab sm guru2nya dan karena punya rasa ingin tahu yang besar banget. aku pribadi karena itu jugaa

4. NULIS BUKU ‘USAI SEBELUM DIMULAI’

tbh, buku puisi pertamaku inii rencananya mau diterbitin kelas 10 smstr 2, tapi waktu itu mepet libur kann jadi ya dijadwalin lah tu di awal kelas 11, pas umurku masi 15 apa ya aku lupaa. nah sejak ini, kayanya kehidupanku di sma berubah.. jadi lebih-

berwarna wkwkw. alhamdulillah, dari nulis buku ini sekolahku banyak ngajak aku ke acara2 yang diadain lagisg sm dinas sm kemeterian.. dan pencapaian terbesar menurutku adalah ketika aku diminta untuk wakilin sekolahku ngebawa karya buku ini buat bedah buku bareng temen2 dari sma di dki

sampe akhirnya, aku pun diundang pihak FH Universitas Negeri Gorontalo buat sharing ke sma2 di sana kayak semacam seputar berkarya ala generasi millenial gituu.. keinget aku mau msk hukum, aku tentu ga sia2in kesempatan ini. minimal, ini jadi nambah pengalaman aku. aku waktu itu-

gatau kl ikut kayak gini tu bakal dikasi sertiff, jadi ya sebatas mau coba keluar dari comfort zone ajaah. btw wkwkw kali ajaa ada yang suka bacaa terutama buku2 puisii, boleeh kalo mau pesen bukunyaa ke akuu hehe tersedia di seluruh gramedia indonesia juga yaah!!

5. PANIK RANKING TURUN

fyi, saat aku kelas 11 itu aku bnr2 ada di titik terendah karena saat itu iman aku lagi turun2nya menurutku wkwkw dann aku kehilangan circleku di waktu yang bersamaan.. sampe akhirnya, ya hrs nanggung resiko ranking yang selalu aku pertahanin di 6 turun ke 10 11

nah btw kelas 10 smstr 2 sblmnya ituu aku mulai nyadarin kl aku gbss males2an, aku harus terus ada peningkatan, aku gamau ketinggalan jauh dari temen2ku yang sblmnya udah biasa sekolah di negeri. tapi di kelas 11, aku demot gtt bnr2 ngga ada motivasi belajar sama sekali. pas tau rankingku turunn,

aku bnr2 yang nangiss kejerr HAHAH karena wawasanku saat itu ttg snm terbatas pada “harus 10 besar” aja. jadi, ketika ke luar dari 10 besar itu, aku shock. ga expect gtt. nah kelas 10 smstr 2 ini aku menyadari struggle-ku di mapel mtk sm ekoo, jadi aku inisiatif les ke temenku anak stis.

karena dia baru msk stis, jadi ga bertahan lama pdhl sm temenku ini nilaiku naik trss. soalnya ya sibuk kan pasti. tapi untungnya cepet dpt panggantii dan cocok bgt siih, malah ternyata nilaiku jadi jauh lebih signifikan. karena bantuan dia jg aku bs keluar dari kesulitanku ini dan-

di smstr 5 nilai mtk aku bisa nyentuh angka 95 di rapot hehe, alhamdulillah. nah trss kelas 11 smstr  2 itu kan udah pandemi ya, semangat belajarku merosot lagi karena adaptasi dll. tugas banyaaak bgt sampe stress HAHAH aku bnr2 saking cape nugas, aku pat ga belajar (jgn dicontoh ya)

trs nilaiku ya otomatis jelek lah yaa tapi di kelas 12, aku sadar dan kebut karena ini smstr perjuanganku yang terakhir. walau menurutku smstr 1 kelas 12 ini ga maksimal, smstr 2 nya bener2 bikin aku engap2an HAHAH karenaa aku berusaha 3x nya dari ini..

itu yaa gambaran akuu selama 3 taun di sma ini. part 2 nya soon aku bikinn seputar pertanyaan2 yang aku ajuin ke bk, amalan2 menjelang snm, dan tipe belajarku di sma gimana, nyatet apa ngga, dll hehee sabar yaa pegell tapi aku bakal buat lanjutannya deket2 inii. tungguin yaa


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Join Grup Facebook: Disini
                   Discord: Disini
                Instagram: Disini

Kunjungi terus Revesery.com karna akan ada update selanjutnya.

Download ==>