Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius - Revesery -->

Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius

 Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius - paket misterius dari shopee - cod shopee barang tidak sesuai - cara tidak kena penipuan - Ini contoh pemanfaatan kebocoran data salah satu marketplace. lalu bagaimana Cara Mengatasi penipuan COD?

Bukan login, password spt yg dibilang sudah aman oleh marketplace. 

Tetapi data pribadi spt alamat pengiriman, nama, dan HP sudah cukup untuk dimanfaatkan oleh penipu. 

Melalui: COD!

Yep udah lama pengen goreng kasus scamming variant baru yang ngemanfaatin data bocor dari salah satu e-commerce ini, berhubung ibu w sendiri korbannya, dan ini yang ke-3 kalinya ditambah w lagi punya bukti. Spoiler dikit, foto ini totalnya 130k loh isinya soklin saset doang wkwk. 

Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius

•Gimana sih model penipuannya? (1/2)

Kayak yang w sebut sebelumnya, penipuan ini ngemanfaatin kasus data user e-commerce yang bocor waktu itu. Penipu yang dapet data pengguna itu bakal ngirim barang-barang nggak masuk akal yang dikasi harga tinggi, atau murah tapi banyak banget

Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius

•Gimana sih model penipuannya? (2/2)

Penipu ngemanfaatin fitur "COD" dan "mungkin" kebiasaan orang-orang yang suka main asal bayar tiap ada paket COD dateng ke alamatnya tanpa cek apa yang dateng.

•Kasus 1 (1/3)

Kasus penipuan pertama ini kebobolan waktu belum aware kalo alamat dari akun e-commerce ibu udah bocor dan dimanfaatin sama scammer.

Waktu itu ibu w ya langsung bayar aja karena dia juga lagi pesen beberapa barang di e-commerce tersebut, jadi ya spontan bayar.

•Kasus 1 (2/3)

Paket itu harganya 90k, isinya cuman 1 celana bahan tipis yang malah lebih bagusan kualitas celana kalo beli di pasar malem wkwkwk

Disitu baru kerasa ada yang aneh, mengingat sifat ibu w yang suka nyari harga murah kualitas oke tuh ini aneh banget wkwkwk

•Kasus 1 (3/3)

Waktu nelusurin 2 aplikasi e-commerce yang ada di hpnya itu bener-bener gaada history pembelian barang itu. Tapi, waktu diliat-liat, penulisan alamatnya yang ada di kertas resi paket (?) sama persis kayak yang ada di salah satu aplikasi e-commercenya.

Mengingat waktu itu sempet ada kejadian data user e-commerce itu bocor ya jelas w langsung mikir


"oke ini efek dari data bocor waktu itu"


Di hari itu w juga udah ngira pasti bakal kedatengan paket ghaib sejenis ini lagi di kemudian hari.


•Kasus 2 (1/2)


Kasus ke-2 ini dateng di siang hari bolong, tentu di kiriman ini ibu w udah lebih hati-hati buat ngecek dulu paket-paketnya sebelum bayar. Bener aja, ada 1 paket ghaib yang deskripsinya "kaos kaki" seharga 60k.


Sayang nggak sempet foto bukti paketnya yang ke 1-2

•Kasus 2 (2/2)


Waktu nolak paket COD itu + ngajak ngobrol kurirnya sambil cerita paket ghaib sebelumnya, ternyata mas kurirnya juga udah curiga kalo paket itu isinya gajelas/penipuan.


Dan ternyata bukan ke alamat w doang, tapi banyak paket sejenis itu ke alamat lain juga.

•Cerita mas kurir


Mas kurir 

@sicepat_ekspres

 yang wajib diapresiasi ini juga cerita, kalo dia pernah bawa banyak paket gajelas sejenis kasus w ke 1 alamat sekaligus, dan dia juga sadar kalo alamat user e-commerce itu udah bocor dan dimanfaatin di model scam ini.

•Kasus 3 - Kasus Utama (1/5)


Hari ini, alamat w kedatengan lagi nih paket ghaib, berkaca dari kasus sebelumnya tentu yang ini w foto-foto buat bikin laporan wkwkwk

Tadi pagi ada 2 paket dateng, dan salah satunya paket aneh tapi sengaja dibayar buat dapetin bukti scam.

•Kasus 3 - Kasus Utama (2/5)

Kasus kali ini yang paling terang-terangan dari 2 sebelumnya, karena si scammer malah pake toko e-commercenya buat ngirim paket ghaib ini, alias ini ngegampangin banget buat w nge trace siapa pelakunya dan lebih enak buat bikin report ke CS hehe

•Kasus 3 - Kasus Utama (3/5)

Yep paket ini yang w tunggu-tunggu malah, template alamatnya sama juga dari sebelumnya

1 so kl1n saset 10k cuman ya okelah bayar aja seengaknya buat bukti laporan ke CS berhubung nominalnya receh juga.

Tapi ya tetep mahal buat 1 saset so kl1n sih

Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius

•Kasus 3 - Kasus Utama (4/5)

Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius

Berhubung kasus kali ini si scammer ngelakuin aksinya dari toko e-commercenya ya langsung aja deh nge report paket tersebut, dan ya responnya si CS sih cepet + udah diusut.

Kirain sendirian ternyata bawa kawan, sorenya dapet telpon dari mas kurir.

•Kasus 3 - Kasus Utama (5/5)

Mas kurir yang juga nganter di kasus ke-2 ternyata nemuin ada 13 paket lagi sejenis tadi pagi, dia tau kalo itu paket scam dan dia ngambil inisiatif buat ngajak kerjasama buat cancel paket tersebut.

Yep ini kasus scam murah tapi banyak, total 140k

•Siapa yang dirugiin?, apa yang harus kita lakuin?, Apa yang harus dikejar?

Buat kalian-kalian yang pake e-commerce ini, tentu kalian juga berpotensi ngalamin apa yang w alamin alias ya kita udah rugi sebelum kena scam.

Kan kasian juga abang kurirnya mesti nganter paket ghaib.

Kalo kalian pelanggan setia fitur COD, tolong lebih hati-hati sama apa yang dateng, selalu cek/inget apa yang dipesen, jangan terlalu hype sama teriakan "pakeet" terus spontan main bayar aja.

Jangan lupa ingetin tetangga kalo paket COD kalian sering ditalangin tetangga.

Buat jangka panjang apa yang harus kita kejar? ya jelas RUU PDP yang udah mateng dan sistem keamanan dari pihak-pihak yang bersangkutan nih

But gw bingung, biar kata cod tapi kan harusnya ada histori order pembelian di aplikasi ya? Kalo ga ada, ini pembeli bayar kesiapa jadinya? Maksutnya si scammer ngambil duitnya gmn caranya?

Kasus ke-1 sama 2 saya itu gaada di history aplikasi tuh, dan asumsi saya sih si scammernya mesenin paket di aplikasinya dan pake akun abal-abal dia ke alamat kita wkwkw

Tapi w juga penasaran fitur COD inituh bisa dipake sama orang-orang yang nggak pake e-commerce nggak sih?

Penipu dapat beraksi apabila ada peluang yang kita berikan secara terbuka.

Ketidakmampuan dan Ketidaksiapan serta Ketidakpedulian masyarakat tentang perkembangan teknologi digital dan cybercrime merupakan celah sekaligus peluang yang tersedia bagi penipu

comment: 

- Betul mas, smggu yg lalu saya juga jd korban bginian, tetiba ada paket a.n saya, pdhl saya ga pesan barang, sampe saya cek smua akun MP saya n anak saya saking herannya sambil suruh kurirnya nungguin ngechek, khawatir klo anak salah pencet, trnyata emg gada pesanan.

Comment Sisi Penjual: 

Aku mau share dari sisi penjual di ecom ini ya.

Kalau dri kita yg jual ini tuh sering banget kejadian, pesen cod barang yg di pesen byk tpi di balikin ke seller. Ini kejadian yg aku alamin sendiri.

1. Ada yg telpon k hp aku, bilang kalau dia gk pesen barang itu dan minta refund.

Tapi waktu itu aku gk mau refund karena aku kirim sesuai orderan yang masuk & itu nama dia.

2. Pesen 1 versi barang dgn jumlah banyak. Yang ini aku sudah curiga sih sblum kirim. Soalnya alamat dia tuh gk ada nomor rumah, rt/rw gak ada. Tapi aku tetep kirim karena klau aku cancel-

Aku juga bakal kena pengurangan nilai. Ini yang dia pesen itu sampe 100rbu lbh ya dgn 1product yang sama ada 7pcs.

3. Ini aku sering isenh aja sih liat status pengiriman. Kalau yg di balikin rata" alesannya tuh tidak ada uang / rumah kosong / tidak mau membayar.-

Sejujurnya kesel banget karena bagaimanapun juga kita sebagai seller sudah packing sebagus mungkin, seaman mungkin. Tapi pas di balikin tuh ada yg kardusnya sudah penyok" , rugi di biaya packing. Terus blm lagi kalau barang di dlmnya rusak juga nyeseknya double banget.

Cerita Lain: 

Kalo kejadian aku, udah mau hampir 2 minggu suka di telefonin sama pihak ecom ini. Cuma di telefoninnya ke nomor org rumah yg di gunain adek aku. Padahal itu nomor baru beli dan adek aku juga masih di bawah umur, ga mungkin dong dia bisa gunain yg aneh2. Pas dapet telefon .

awalnya yang angkat adek aku tapi di limpahin ke papa karena ga ngerti. Org ecom ini ngejelasin ke papa, ya papa bilang kalo nama pengirim bukan salah satu dari nama org rumah dan alamatnya juga salah, cuma heran aja bisa dapet nomor ini dari mana buat barang cod org tsb .

Eh ko nama pengirim , nama yang pesan barang maksudnya. Tapi dari pihak ecom ini tetep kekeuh minta barangnya di cancel.. Sekarang gimana bisa cancel kalo nomor yg di telefon belum pernah terdaftar dari pihak org rumah, dan kita ga tau sandi app buat masuk kan :( .

Sample di chat ke WA karena nomor yg di telefonin ini memang kita daftarin WA, sampe di foto2in barang tsb yg jumlahnya 13/15 in total.. sama ya sama yg tread mas nya ini

Tapi balik lagi, kita ga bisa cancel di app walaupun bilang cancel di WA. Trs besoknya .

Di telefon lagi kan, kita bilang bukan kita yang pesan. Owh iya yg telefonin ini dari pihak kurir yaa sampe ngeWA, tapi kurirnya ini tetap kekeuh banget minta di cancel. Karena dari pihak kurir maksa yg sdh sampai lewat batas, sama papa di gertak balik. 

Cape banget habisan :( sudah di jelasin berkali kali.. dan juga dari alamat barang (si cod ini) sama alamat  rumah ku kita beda provinsi :).. 

Akhirnya dari situ ga si telefon lagi tuh. 

Cuma 3 hari yg lalu pihak dari ecom ini telefon, kebetulan aku yg angkat. 

Terus aku langsung bilang aja "maaf mas. saya ga pesan barang apapun" 

sambil gunain nada org yg udah suntukk 

Akhirnya pihak ecom ini langsung pamit undur diri wkwkwk, mungkin mikirnya nada ku kaya lagi dateng bulan wkwkwk

Sekian Menerima Paket Yang Tidak Dipesan Kiriman Misterius


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi terus Revesery.com karna akan ada update selanjutnya.

Isi Survey Online dibayar Rp 250.000 Klik Disini

Download ==>