Kekurangan Beli Iphone Second, Lebih Baik Beli Iphone Second Atau Baru? - Revesery -->

Kekurangan Beli Iphone Second, Lebih Baik Beli Iphone Second Atau Baru?

Kekurangan Beli Iphone Second, Lebih Baik Beli Iphone Second Atau Baru? - Aku mau cerita Sisi gelap dari dunia Gadget (khususnya iPhone) yang ada di Indonesia berdasarkan pengalaman

Halo! Ternyata lumayan rame yang mau tau tentang gelapnya dunia Gadget yang ada di Indo. Oke, izinkan aku bantuin Farhan menceritakan dari sisi kami tentang bagaimana dunia per-gadget-an yang ada di Indonesia.

Disclaimer dulu, bahwa di artikel ini, kami gak bermaksud buat menjelekkan pihak manapun, hanya mau berbagi pengetahuan dan pengalaman kami aja selama jualan Gadget khususnya iPhone. So here we go!

Awal ceritanya adalah si Farhan yang emang udah mulai jualan iPhone dari jaman kaskus sejak tahun 2012. Waktu itu masih jaman iPhone 4G dan 4S gitu kalo gak salah. Ada anak Kaskus disini? Mungkin pernah transaksi sama Farhan



Farhan jualan di kaskus itu sampe sekitar tahun 2016an gitu dan akhirnya berhenti. Karena emang itu cuman sampingan doi aja. Nyambi kuliah dan cari cuan tipis. Kami anaknya ga bisa liat cuan, walaupun tipis. Sampai pada akhirnya..

Di tahun 2018-2019an, si Farhan dapet kesempatan dan rezeki lanjut kuliah di Singapore (SG). Selama di SG itu, Farhan nemuin fakta bahwa harga iPhone disono lebih murah (banget) dibanding yang ada di Indo.

Berangkat dari fakta itu, ada beberapa temen dan keluarga kami yang jastip gitu. Dan emang dalam kuantitas yang dikit banget. Semakin berjalan, kami berdua melihat bahwa peluang ini semakin ceraaah sekali. Hingga pada akhirnya..

Kami mencoba buka toko gadget kecil pertama kami yaitu: 

halo.kope

Yang tentu saja Full Set original, mulai dari unit iPhone sampai dengan box dan aksesorisnya. Dan tentu saja harga yang lebih murah dari pasaran pada saat itu.

Nah itu sedikit tentang kami gengs. Dua orang mas-mas bersepupu yang tidak bisa melihat cuan setipis kertas. Oke, next aku akan coba menjelaskan tentang iPhone yang original dan rekon ke kalian. Agar supaya kita semua menjadi buyer yang lebih mengerti.

Pertama, aku berani bilang bahwa 6 dari 10 iPhone yang saat ini ada di pasar Indonesia, adalah unit yang gak bisa di pastikan 100% originalitasnya. Dan tentu saja ini sangat disayangkan, mengingat sejak tahun 2016-2017, popularitas iPhone tuh nanjak banget di Indo.

Terus cara bedain iPhone yang emang original dengan yang rekon gimana dong? Kalau aku sendiri, caranya dengan cek secara detail unitnya. Mulai dari Body luar, kelengkapan box dan aksesoris, dan fungsionalnya.

Terus gimana dengan iPhone rekon? Kalau kami, melihatnya dari kelengkapan box dan aksesoris. Kalau dari awal terlihat bahwa aksesoris dan box nya kw, tanpa alasan yang jelas (karena pernah ketemu barang resmi Indo, tapi box KW karena box originalnya kebawa banjir) itu BIG NO.

Kalau dari Box dan Aksesorisnya aja udah KW, aku bisa bilang bahwa 99% itu adalah iPhone rekondisi. 1% nya bisa jadi kasus yang kebawa banjir tadi

Terus kalau dari segi unit iPhonenya, bisa terlihat dari parts LCD misalnya. Kebanyakan aku nemu iPhone rekondisi itu layarnya terlalu biru. Jadi kaya gak seimbang warnanya. Itu udah indikasi bahwa LCD gak original lagi.

Lalu dari Battery Health yang gak masuk akal. Misal, iPhone 7+ Battery Health 100% dan dibilangnya masih original belum gantian. Besar kemungkinan Battery Healthnya suntikan. APAAA?? SUNTIKAANN?

Yes, jangan salah, Battery Health itu bisa disuntik. Jadi misal, angka realnya itu 82%, itu bisa dibuat jadi 99% bahkan 100% lagi tanpa harus mengganti batrenya. Semua demi apa? Demi memenuhi demand market

Cara taunya gimana? Biasanya dalam waktu singkat, akan ada penurunan Battery Health yang signifikan. Contoh yang tadi 82% jadi 100% ya. Itu dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan, Battery Healthnya akan turun dari 100% (suntikan) ke 82% (originalnya).

Lalu selanjutnya tentang yang juga sering dibahas. Inter vs Resmi indo. Unit iPhone inter dan juga indo, bisa aku bilang gak ada bedanya. Selama keduanya masih sama-sama original ya. Tapi memang, kebanyakan unit yang Rekondisi itu berasal dari unit inter.

Karena dari segi harga, unit inter itu murah, dan kuantitasnya banyak banget. Kalau kalian tau angkanya mungkin akan terpikir buset, itu iPhone semua segitu banyak? karena itulah yang pertama aku dan Farhan pikirkan ketika tau angkanya.

Namun memang, semenjak adanya peraturan tentang IMEI dari pemerintah indonesia, unit inter tuh udah kami gak rekomendasikan sama sekali. Karena yang ada akan bikin repot kalian sendiri. sama kasusnya kaya di artikel tadi, tentang sinyal yang ilang.

So, kalian harus tau ya, selama keduanya sama-sama original dan kalian beli dari luar negeri dengan membayar pajak sehingga terdaftar di BEA CUKAI, maka iPhone Inter dan iPhone resmi Indonesia, SAMA SAJA secara fungsional.

Terus gimana dong dengan yang lo bilang pat, tentang 6 dari 10 iPhone yang ada di market Indo itu gak bisa 100% dipastikan originalitasnya? Berarti mayoritas unit yang saat ini beredar, itu rekondisi? Sorry to say but it is true.

Karena memang begitu kenyataannya. Oke, pertama kita satuin pikiran dulu bahwa dari dulu iPhone tuh MAHAL WOE. Jadi kalau ada yang jual iPhone dengan harga murah, harusnya itu jadi sebuah pertanyaan!

Istirahat bentar ya. Nanti lanjut ke point tentang Fakta tentang unit yang beredar di indo dan toko mana aja yang menurut kita masih mempertahankan originalitas dari iPhone second nya.

Kekurangan Beli Iphone Second, Lebih Baik Beli Iphone Second Atau Baru? - Aku mau cerita Sisi gelap dari dunia Gadget (khususnya iPhone) yang ada di Indonesia berdasarkan pengalaman
Oke, markijut, Mari Kita Lanjut. Pembahasan selanjutnya adalah, bagaimana dengan mayoritas barang yang beredar di Indonesia saat ini? Apakah masih ada unit iPhone second yang kondisinya masih bagus, dan yang pasti ORIGINAL?

Jawabannya, ada. Tapi jarang. kaya aku bilang, dari 10 barang, mungkin hanya 3-4 unit saja yang memang original baik dari unit iPhone dan kelengkapan box dan aksesorisnya, yang sisanya? Ya begitulah..

Karena kembali lagi, semenjak ramainya pasar iPhone di tahun 2016 sampai sekarang, unit yang beredar tuh, macem macem. Inget kan kalau Farhan udah mulai nyambi jualan iPhone di Kaskus dari tahun 2014-2016?

Lalu aku juga inget, aku beli iPhone pertama aku yaitu iPhone 5 di tahun 2013 kalo gak salah, itu seharga Rp.7.000.000,- SECOND. Di tahun-tahun itu, semua iPhone yang ada di Indo, baik inter ataupun resminya, masih dijamin 100% originalitasnya.

Maka, buat kalian yang pernah beli iPhone second sebelum tahun 2016, lalu melihat pasar iPhone di tahun 2016 keatas, pasti akan membuat berpikir kok jadi begini amat

Sekarang banyak banget oknum yang asal jual iPhone begitu aja. Dan yang jadi korban siapa? Ya kita sebagai buyer yang awam banget dan termakan marketing Harga murah padahal harusnya itu menjadi pertanyaan iPhone kok murah??

aku pernah denger kalimat User itu kasih aja iPhone batre gede body mulus terus harga murah pasti seneng. Mau ada parts yang diganti atau aksesoris OEM biarin aja sedih kan? bayangkannnn, kalian menabung dgn hanya makan nasi dan garaam dan dibalasnya begini *backsound ESQ*

Dan tentang kondisi iPhone, banyak juga pemain yang merekondisi ulang iPhone. Demi apa? Demi kita beli yang Battery Health disuntik, yang data 3utools (walaupun ini software abal-abal) diganti jadi hijau lagi, terus dari yang parts kamera lcd dll diganti.

Itu fakta, dan, yang mengejutkannya, mayoritas toko yang mungkin kalian juga tau, mainnya di kualitas unit iPhone seperti itu in fear sedih kan, bayangin nih, beli iPhone 11 ProMax misalnya, eh baru berapa bulan mati, atau baru berapa bulan, kameranya berkurang jadi 1 (yg ini becanda)

Hal ini terjadi karena yang tadi aku bilang, demand semakin tinggi, sehingga dengan unit yang 100% original, tidak bisa mencukupi market, hasilnya apa? Ya seperti sekarang, semuanya dimasukin original ataupun enggak. Korbannya siapa? Ya kita ini semua

aku banyak banget ketemu konsumen yang curhat ke aku

Bilang bahwa kok iPhone aku gini ya kak, Sellernya ditanya gak response. Di datengin ke konter kaya iya kaya enggak jelasinnya. Pas kita cek, ternyata batrenya di suntik, atau ada masalah lagi di parts penting.

Kalau udah ketemu yang begitu, kadang aku dan Farhan tuh sedih. Sebagai orang yang kalau mau beli gadget harus nabung dengan berdarah-darah dan rela hanya makan 2x sehari, terus pas beli, baru dipake berapa bulan mati total, rasanya kaya

Oleh karena sebab daripada itu, pesan aku adalah, sebagai buyer, kita wajib kritis dengan calon toko yang mau kita beli unitnya. Kepoin se kepo-keponya deh. Bayangin aja kalian lagi kepoin gebetan kalian. Cari tau backgroundnya, Unitnya seperti apa dll

Karena ini penting banget. Beli Gadget tuh, gak murah. Apalagi produk Apple itu MUAHAAL. Tanamkan ini dalam alam bawah sadar kita semua. IPHONE ITU MAHAL. KALAU ADA YANG MURAH SAYA HARUSNYA BERTANYA KENAPA MURAH?

Kalau mayoritas toko saat ini jual unit yang kualitasnya dipertanyakan, terus kalau mau beli iPhone Second dengan kualitas bagus gimana? Weits tenang, masih ada kok toko-toko yang jual iPhone dengan jaminan 100% original, mulai dari unitnya, sampai ke box dan aksesorisnya.

Yep, masih ada beberapa toko yang jual iPhone second yang dijamin 100% kualitasnya. Mulai dari unit, parts, box, dan aksesoris semua original. Tapi memang angkanya kecil banget. Pokoknya kecil deh. 1/10 mungkin angkanya. Salah satunya adalah Toko Ini

Ya, Toko ini dari tahun 2018 pas mereka buka, dari yang awalnya jual iPhone inter 100% original, sampai sekarang, mereka jadi jual iPhone second 100% original Resmi Indonesia aja. sama sekali gak ada iPhone inter lagi. Salut!

Belum lagi, mereka sekarang ngeluarin produk tote bag eksklusif dengan harga antara 5jt sampai 16jt. Dimana di setiap pembelian Tote Bagnya akan mendapat bonus iPhone in fear bayangin, beli Tote Bag, bonus iPhone. Terus denger-denger, Tote Bagnya mau dipake Justin Bieber minggu depan

Jadi ingat sekali lagi, iPhone itu MAHAL. Jadi kalau ada yang tawarin kalian iPhone murah, bilang aja sorry mas/mba, saya gak level beli iPhone murah

Buat temen-temen yang mau sharing tentang suka duka membeli gadget apapun itu, boleh banget ya. Kita sangat open for discussion. Biar menambah ilmu buat temen-temen yang lain, yang mungkin masih awam tentang dunia Gadget.

Sekian artikel kali ini. Semoga bisa memberikan pengetahuan dan pancerahan bagi kita semua. Btw, aku akan dengan senang hati menjawab pertanyaan teman-teman seputar gadget. 

Berarti jika ush terdaftar IMEI resmi harusnya aman aja kan walau kita belinya bukan di ibox?

Yep. 100% akan aman kok. Yang terpenting itu imei terdaftar di Kemenperin kalau ingin menghindari terkena blokir imei. Kalau beli dimana itu gak masalah kok.

Sekian Kekurangan Beli Iphone Second, Lebih Baik Beli Iphone Second Atau Baru?

by Arfad


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi terus Revesery.com karna akan ada update selanjutnya.

Isi Survey Online dibayar Rp 250.000 Klik Disini

Download ==>