Cara Mengendalikan Emosi Psikologi Diri Sendiri Terbaru - Revesery -->

Cara Mengendalikan Emosi Psikologi Diri Sendiri Terbaru

Cara Mengendalikan Emosi Psikologi Diri Sendiri berlebihan, memahami emosi diri sendiri - Kamu pasti pernah mengalami kejadian yang bikin kamu marah atau sedih.

Terus ada orang yang bilang ke kamu:

"Udah jangan sedih, nanti juga lewat"

Padahal semakin kamu usaha buat melawan emosi negatif yang kamu rasain, malah emosi itu malah semakin menjadi-jadi.

Cara Mengendalikan Emosi Psikologi Diri Sendiri Terbaru

Ketika kamu sedih. Semakin kamu lawan kesedihan itu, perasaan sedih mu semakin kuat.

Pas kita cemas dan overthinking, makin kita paksain buat ga overthinking. Justru makin kepikiran.

Akhirnya kamu nyari pelarian buat ngilangin emosimu.

Tidur...

Makan banyak...

Pergi senang-senang... 

Main sama temen-temen...

Sayangnya semua cara itu, ga bikin emosimu hilang. Pas kamu selesai ngelakuin aktivitas itu, perasaan itu malah kembali muncul. Entah itu marah, sedih kesel, cemas.

Kalo kamu pernah ngerasain itu, itu hal yang WAJAR. Cuman cara ngatasin nya kurang tepat.

Banyak orang yang pas ngerasain emosi negatif, emosinya ga diterima sama diri sendiri.

Padahal, emosi kalau dilawan malah semakin kuat.

"Cara terbaik untuk menghadapi emosi dalam diri bukan dengan dilawan. Justru sebaliknya, disadari dan diterima."

Kamu menyadari, kalo kamu lagi marah, ya lagi marah.

Kamu menyadari, kalo kamu lagi sedih, ya lagi sedih.

Setelah menyadari, biarkan dan terima emosi itu datang dalam dirimu, jangan dilawan dan berusaha buat menghilangkan emosi itu.

Jangan ada pikiran, "Ah gue ga boleh sedih!"

Jadi yaudah, Diterima!

Kamu nikmati aja emosi itu!

Pasti lo bertanya,

"Kenapa sih emosi harus diterima?"

"Emang ga boleh kalo kita nahan emosi atau ngontrol emosi?"

Emosi itu penting buat diterima sama diri sendiri.

Karena emosi itu sesuatu yang otomatis dan ga bisa kita kontrol.

makanya emosi semakin kita kontrol, justru malah semakin bikin kita STRESS.

Pernah ga pas kamu sedih, kamu mencoba buat senang? susah ga?

Pernah ga pas kamu cemas, kamu nyoba buat ga kepikiran? susah ga?

Emosi makin dilawan malah makin menjadi-jadi. karna kenapa? karna ga diterima sama diri sendiri.

Gimana caranya biar bisa nerima emosi dalam diri kamu?

Cara Mengendalikan Emosi Psikologi Diri Sendiri

1. Coba sadari kapan aja kamu berusaha buat melawan, menyingkirkan, menghindari emosimu.

Perhatiin sensasi apa aja yang kamu rasain:

Kalo kamu lagi sedih, kamu suka ngerasa ga kalo kamu ga boleh sedih?

Kalo kamu lagi marah, kamu suka ngerasa ga kalo kamu ga boleh marah?

Nah, coba kamu minimalisir itu!

Ingat, emosi itu otomatis!

Jadi yaudah dirasain aja, disadari, dan diterima.

2. Sadari! bahwa emosi itu cuma muncul sementara

Inget emosi itu cuma sebentar munculnya, terus hilang atau berganti ke emosi yang lain.

Jadi, ga perlu dicoba cepat dihilangin.

Cukup kamu rasain dan kamu terima aja, karna apa? karna nanti emosinya juga pergi.

Coba minimalisir pemikiran bahwa:

Emosi negatif itu "buruk" atau "ganggu" atau "ngga nyaman".

3. Manfaatin emosi yang kamu rasain buat hal-hal yang berguna.

Kalo lagi happy, kamu bisa manfaatin buat ngerjain kerjaan yang tertunda.

kalo lagi sedih, kamu bisa manfaatin emoainya buat evaluasi diri selama beberapa waktu.

So, emosi apapun yang kamu rasain, Let it flow! santai aja!

Ga perlu dicoba untuk dibuang, diubah, atau dihindari!

Gitu yah, semoga bermanfaat.

Sesi QnA :

1. Emosi kalo udah dilampiaskan lega bgt wkwk

nah begini maksudku. sedih, galau, capek, marah. jangan dipendem, jangan ditahan. yang ada malah bikin stress.

sedih ya akuin kalo kamu sedih.

jangan sedih, tapi pura2x seneng. yang ada malah gaenak.

2. Emosi itu untuk diterima, makin nahan emosi  makin bahaya buat kesehatan mental.

apapun perasaan yang dirasain, ya luapin. nikmatin aja.

marah ya marah, sedih ya sedih, mau nangis ya nangis aja.

jangan membohongi diri sendiri kalo kita baik baik aja.

kalo diluapkan bisa lebih lega.

3. kok cara diatas agak susah ya? 

gak susah, cuma menerima emosi doang. apapun emosinya, ya diterima aja, dirasain, dinikmati, diluapin.

justru yang lebih susah kalo ditahan. misalnya sedih tapi pura pura seneng, susah. ntar bakal balik ke emosi sedih lagi. kalo di luapin, bakal lega dan gampang ilangnya

4. Jadi penting mengelola diri sendiri biar emosinya bisa lebih stabil ya? 

intinya emosi itu jangan dipendam. luapkan aja.

ngerasa sedih ya sedih

marah ya marah

pengen nangis ya nangis aja

pasti bakal lega dibanding dipendam

5. Marah ku hanya sebentar, emosi ku akan mereda. Aku takut ketika emosi bisa melakukan hal diluar kendali. Maknya aku memilih diam

kalo emosinya.. emosi marah. dilampiasin ke orang yang dimarahin aja, asal sewajarnya gapapa. daripada ditahan gaenak dihati.

6. Apakah biar mengalir bagai air dulu?

ya intinya terima semua emosi yang muncul dalam diri kita, baik itu marah, sedih, maupun senang, overthingking. ya terima aja, nikmatin. rasain. jangan dilawan ,kalo dilawan makin ga bisa hilang.

Sekian Cara Mengendalikan Emosi Psikologi Diri Sendiri Terbaru


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi terus Revesery.com karna ada update setiap hari.

Download ==>