Cara Mendapatkan PrEP Gratis di Puskesmas - Revesery -->

Cara Mendapatkan PrEP Gratis di Puskesmas

Cara Mendapatkan PrEP Gratis di Puskesmas - Aku coba jelasin ini sebisa aku mungkin ya karena aku bukan dokter,dll. Aku jelasin sependek ilmu yang aku tahu ya. Kalau ada salah koreksi aja atau mau tambahin jg bisa. Sama2 belajar, mohon maaf kalau artikelnya gak rapi๐Ÿ™ƒ. Here we goo

Dimulai dulu perkenalan, tak kenal maka tak sayang udh sayang dighosting๐Ÿ™ƒ

Ini namanya adalah PrEP (pre-exposure prophylaxis) dikenal sebagai obat yang mampu mencegah HIV (human immunodeficiency virus).

Jadi kegunaan prep adalah untuk mencegah Penyakit HIV dengan beberapa catatan ya gak 100% melindungin. Terus gimana cara dapetnya. Cara penggunaannya. Efeknya. Harganya. Dan untuk siapa saja sih yang bisa dapetinnya

Kiddo lo konsumsi prep lo positif HIV? Mungkin ini yang paling bnyk tnya dan dm jg. Alhamdulillah aku msih negatif dan smoga selalu negatif. Aamiin. Jadi guna PREP itu untuk yang negatif HIV dan fungsinya untuk mencegah agar tidak terkena hiv Tapiii jgn senang dlu…….

Prep hanya mencegah bukan mengobatin. Dan PREP mencegah hanya kisaran 90-92% menurut penelitian. Cmiiw. Lah? Terus yang efektif apa dong. Saat ini yang masih dan paling efektif adalah KONDOM kisaran 90-95% terus yang efektif 100% gk ada? Ada dong, ya gak ewitut lah๐Ÿ™ƒ

Do kok knp sekarang baru pakai prep? Okey, karena prep baru masuk indo sepertinya. Dlu ada tpi masih langkah bgt. Atau ga,biasany titip diLN dan harganya ckup mahal ada 2 jutaan smpe 30juta. Di indo sendiri relatif sekarang ada yang harga 600k hingga 1 juta sepertinya

Do ga ada yang gratis? Oh tenang ADA BESTIEEEEE ๐Ÿ™ƒ

Kabar gembira kulit manggis ada ekstraknyaaa๐Ÿ˜

PREP BISA DIAKSES GA PAKE BAYAR ALIAS GRATIS TIS TIS TIS….

Syarat ketentuan berlaku ya atau harga naik dihari senin?๐Ÿ™ƒ

Jadi syarat utama dapet prep sebagai berikut. PrEP dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki risiko tinggi terkena HIV (seperti LSL, WPS, waria, pasangan ODHA tanpa ARV atau kepatuhan ARV rendah) yang selalu tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan

Cara Mendapat PrEP Gratis di Puskesmas

1. Cara daftar bisa lewat http://app.prepid.org/kuesioner.

*Pokoknya isi data diri dan jawab semua pertanyaan sejujurnya lalu dan pilih tanggal dan faskes yang dituju.

2. Nanti disana ada daftar Puskesmas yang menyediakan PrEP (tidak semua puskesmas ada).

3. Sebaiknya kalau mau ke puskesmas diusahakn pagi saja sekitar jam 7 atau jam 8, supaya tidak bolak balik. Tp kalau mau bolak balik jg gpp

4. datang ke puskesmas jam 8 pg, ambil antrian u/ dftr, siapkan fc. Ktp 3 lbr, nanti ditanya jg no. Kartu bpjs. 

5. Terus diarahkan ke poli cinta, ditanya2 sm dokternya ttg aktivitas ml, kalau sdh ok, akan dirujuk ke lab di puskesmas u/ tes HIV, sipilis dan fungsi ginjal.

6. Ambil antrian di lab di puskesmas, nanti darahnya diambil petugas, jam 1 siang hasilnya jdi, lalu dibawa lg ke poli cinta, kemudian sm dokter akan di jelaskan cara penggunaan dan dikasi resep PrEP. 

kalau hasil lab non reaktif bakalan lanjut untuk dapetin obat PreP dengan dijelasin sama Dokter nya cara penggunaan dan efek samping nya. kata dokter nya kalah usia 30+ dan ada riwayat diabetes bakalan diuji dulu darah nya biar ga ganggu fungsi ginjal

tapi kalau ternyata hasil lab nya reaktif HIV,bakalan ditindak lanjutin untuk akses ARV. kalau hasil lab nya reaktif Sifilis,yah diobatin dulu Sifilisnya.

7. Terus resep dibawa ke farmasi puskesmas dan stlh itu bisa langsung diminum.

8. Usahakan datang pagi supaya tidak terlalu bnyk antrian dan bisa selesai hari itu juga. Kalau datang siang, besoknya harus datang lgi.

10. Nanti akan dijadwalkan untuk kontrol bulan berikutnya oleh dokternya, dan pada saat jadwal kontrol tdk perlu tes darah lagi dan akan diresepkan oleh dokter 2 botol PrEP (td mnurt dokternya begitu).

Oh iya puskesmas yang menyediakan PrEP di : 

Jak-Bar :

1. Tambora

2. Tamansari

Jak-Pus :

1. Sawah Besar

2. Senen

Jak-Sel:

1. Keb. Baru

2. Mmpng P

3. Tebet

Jak-Tim:

1.cakung

2. Cipayung

Jak-Ut:

1. Koja

2. Pademangan

3. Penjaringan

Untuk di daerah lain di Puskesmas :

Yogya

1. Gedong Tengen

2. Tegalrejo

3. Umbulharjo I

Surabaya 

1. Kedungdoro

2. Perak timur

3. Putat jaya surabaya

4. Sememi

Semarang

1. Halmahera

2. Kedung mundu kota

3. Lebdosari

4. Poncol

Makassar

1. Andalas

2. Jumpandang bru

3. Makkasau

Untuk di daerah lain di Puskesmas:

Kota Bandung

1. Klinik mawar PKBI kota bdg

2. Puskesmas UPT garuda

3. RSU dr hasan sadikin

Denpasar, Bali

1. Klinik utama WM medika yayasan keti praja

2. Puskesmas denpasar utara I

Badung, bali

1. Puskesmas kuta I dan II Badung

2. P. Kuta SLT

Terakhir, PrEP memang bisa mengurangi resiko penularan HIV tp tidak 100%, dan tidak dapat melindungi dari infeksi sipilis, kutil, chlamydia, gonorrhea jadi tetap gunakan kondom ya.

Cara Minum PrEP

Btw cara minumnya ada 2 macam ya:



1. ML jarang2 (1 minggu cuman 1x atau kurang dr itu)

Minumnya 2 kapsul 2-24 jam sebelum ML lalu minum 1 kapsul untuk 2 hari berturut2 pada jam yang sama 

2. Hiper

Minum pertama 2 kapsul, selanjutnya tiap hari minum 1 pada jam yang sama.

penggunaan PreP ini juga dipantau sama nakes nya,nanti saat kunjungan lagi (sebulan,karna 30 tablet. per hari 1 tablet) untuk ambil obat nya lagi bakalan ditanyain efek samping dan yg dirasain setelah konsumsi PreP.

----

aku adalah LSL saat ini, dan sadar bgt akan kesehatan, dr awal udh pengen bgt akses prep cmn dulu infonya masih terbatas dan harganya mahal. Sekarang sudah tidak begitu.

Kok aku bisa akses?

Maaf maksudny LSM, akhirnya aku dikasih akses buat ajuin prep, karena sebelum ktemu mas pacar. Intensitas ngewe aku tinggi bgt dan selalu gonta ganti. Suka icip2 anknya๐Ÿ˜‚

Tapi emg suka pake kondom karena sdh diedukasi masalah hiv aids dan ims.

Setelah di approve akhirnya dituju puskesmas yang sdh aku dftar, setelah dftr prosesnya ckup cepat dan sumpahh pelayanan pas di poli bener humble kaya ngobrol sm tmn lama. Terus ditnya yang berbau pribadi kaya rolenya apa? Tau info ini dr mana, terakhir ngewe kapan? Dan pakai kondom g

Setelah proses itu selesai, akhirnya cek darah. Cek darah lengkap mulai dari cek fungsi ginjal, hiv pastinya, ims, hepatitis(kalau gk slh) ada 5 atau 6 komponen, kalau sehat semua yeah kamu berhasil dapet prep dihari yang sama itu juga

Setelah di approve kita dikasih tau cara pakai PREP biar manjur obatnya untuk mencegah. Berikut tabel cara penggunaan PREP. PREP-ED itu kita konsumsi pd saat ngewe ya terjadwal, sedangkan untuk harian itu ngewenya tidak terjadwal atau bisa dikata gk tentu ngewenya kapan

Biar lebih paham aku ksih contoh, karena aku udh ada pacar, *ah ela penganten baru. jadi kali ini ngewe kita berjadwal karena kita lebih sayang sm diri masing2 untuk mencegah. Belajar gk malu lagi bilang “yang ngewe yok hari kamis malem”

Kalau bener2 terjadi hal diinginkan lantas

Yang dilakukan adalah paling cepat obat diminum 2 pil sebelum 2 jam terjadinya hal diinginkan dan paling lama 24 jam. Setelah ngewe 24 jam kemudian baru minum 1 pil lagi untuk dosis kedua setelah itu 24 jam laginya minum 1 pil untuk dosis terkakhir. Dan stop tidak minum lagi

Obat diminum lagi ketika sudah ada jadwal ngewenya lagi. Tergantung intensitas ngewe kalian masing2. Itu case aku.

Tapi kalau kalian ngewenya tiap hari ya otomatis ambil yang harian. Alias tiap hari minum terus smpe obat habis. Obat habis ya datang lagi ke faskes pas kalian ngambil

Terus kalau udh PREP gak perlu pake kondom?

TETAP PAKAI YAAA, PREP hanya tambahan untuk keamanan, ibarat kata udh di kunci terus digembok lagi biar aman. Karena sejatinya kondom itu yang paling efektif dan paling aman saat ini. Banyak yang pake PREP suka bilang

“Aku pakai PREP ywd bareback aja pakai kondom sakit” inget PREP hanya mencegah hiv inget selain hiv ada penyakit IMS seperti rajasinga,kencing nanah,herpes kelamin,dll makanya KONDOM yang paling efektif

Untuk bisa akses prep berikut linknya http://app.prepid.org/kuesioner kalian bisa cari sesuai puskesmas yang tersedia didaerah kalian, aku gk tahu yang diluar JABODETABEK, buat kalian yang dijakarta aku saranin PUSKESMAS KOJA ATAU SENEN, itu the best bgt pelayanannya kalau ada puskes lain

Mungkin bisa diinfo jg untuk yang lain. Karena aku apply dipuskesmas koja dan pas bilang ketemen emg koja terbaikkkkk.

Sekiranya itu aja info yang aku kasih kayaknya udh ckup deh, kalau ada info lagi bisa rep aja mungkin bisa dijawab.

INGET YA GUYS KONDOM DIPAKAI SELALU PAS EWITUT!!!

Satu hal lupa, INGET PARA BOTY klian resiko yang paling gede jd jgn suka termakan rayuan ywd bareback aja daging ketemu daging enak, inget buat cek darah min 3 bulan, buat yang pacaran jg gk ada salahnya cek bareng biar tahu satu sama lain, jangan mau eweknya aja❤️

Sekian Cara Mendapat PrEP Gratis di Puskesmas.


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Download ==>