Strategi Marketing Miniso dan Kenapa Miniso Murah ? - Revesery -->

Strategi Marketing Miniso dan Kenapa Miniso Murah ?

Strategi Marketing Miniso dan Kenapa Miniso Murah ? - Jangan heran kalau Miniso produknya murah, karena brand ini dari China tapi gaya khas Jepang. Umurnya 8 tahun, tapi "aggressive expansion" bikin mereka punya 3500+ outlet di dunia. 

Siapa sangka toko retail bernama MINISO ini jelas-jelas bukan dari Jepang lho, tapi dari China. Banyak orang Indonesia saat ini tertipu oleh asal-usul perusahaan. Tapi itu bagus di dunia bisnis. MINISO sengaja membuat strategi pemasarannya mirip dengan toko ritel Jepang, yakni Uniqlo dan Daiso. 

Hal ini didasarkan pada fakta bahwa masyarakat Indonesia mempercayai produk-produk berkualitas tinggi dari Jepang. Pernyataan di atas merupakan hasil survei yang dilakukan pada akhir Februari, dimana 42,4% mengatakan mereka (responden) membeli merek Jepang di Indonesia. 

6% menyebutkan merek dan produk tertentu dalam tiga bulan terakhir dan pada tanggal 31. Namun, sekitar seperempat dari merek dan produk yang disebutkan oleh responden berasal dari negara lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa MINISO merupakan salah satu retailer terbesar di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan barang-barang murah untuk kebutuhan sehari-hari.

Strategi Marketing Miniso dan Kenapa Miniso Murah

Ada 3 hal marketing yang bikin Miniso growth nya kenceng banget dibanding pesaingnya.

1. Low Cost Strategy

Banyak produk China punya low price karena upah kerja yang rendah tapi punya kualitas kerja yang bagus. Ini juga alasan kenapa  brand kayak Apple & Adidas punya pabrik di China.

Upah kerja rendah bikin mereka bisa menekan cost tapi tetap punya kualitas bagus.

2. In-store Experience


Strategi Marketing Miniso dan Kenapa Miniso Murah ?

Store Miniso keliatan adem & produknya tertata rapi. Apalagi ini didukung sama interiornya yang minimalis. 

Ga heran kalau Miniso sering dijadiin "window shopping", terutama anak muda. Secara ga langsung ini naikin store visit mereka & keliatan rame terus.

3. Phyangital Presence

Phyangital ini konsep yang menjembatani store digital dengan store fisik buat ngasih pengalaman interaktif pada penggunanya.

Kombinasi digital-fisik ini skrng banyak dipake retailer, untuk memudahkan konsumennya & ngasih customer experience yang lebih baik.

Alasan lain kenapa Miniso punya growth yang cepet karena produknya menyesuaikan sama kebutuhan market saat ini, terutama anak muda yang pingin barang branded, murah & berkualitas.

Konsep one stop shopping juga sepertinya benar-benar dipikirkan oleh Miniso, mereka menyediakan berbagai macam kebutuhan rumahtangga. Mulai dari alat makan, make-up, parfum, tas sampai sandal juga ada. Masyarakat menilai hal ini efisien dan efekti, Praktis.

Pemilihan warna pastel yang cenderung anak2 muda dominan suka

Berbagai partnership yang lumayan sering dan 'lucu' buat pasarnya, salah satunya We Bear Bears waktu itu lumayan ngedongkrak Miniso pas awal2 rilis disini

Jangan lupa sama strategi visual Miniso adalah “Golden Display” ya minjar hhe, yaitu strategi tampilan pintu masuk, dimana 3 susunan rak teratas selalu mencuri perhatian kita.

Jarang bgt masuk miniso gak lgsg liat susunan rak yang bagian atas, yang sengaja bikin kita pengen beli

Miniso itu kualitas = harga

Kek yaudah beli barang2 yang harganya segitu kalo rusak ga nangis2 amat

Dan kualitas miniso itu cinderung fair

Kalo kemall kayanya wajib bgt dulu masuk minuso wlwpun sekedar cuma liat doang kaga beli🀣 Price nya juga masih affordable apalagi kalo beli buat kado masih oke lah

Siapa nih yang biasa belanja di Miniso? Menurut kalian apa sih yang menarik dari Miniso ini?


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Download ==>