Freelance untuk Mahasiswa Online Part Time Kerja - Revesery -->

Freelance untuk Mahasiswa Online Part Time Kerja

Freelance untuk Mahasiswa online (Part Time) Kerja - BEBERAPA SUMBER PENGHASILAN SAYA SEBAGAI MAHASISWA~

*ditambah sedikit tips cara menghemat tp masih makan enak

*rata-rata via online

Freelance untuk Mahasiswa Online Part Time Kerja

Jujur tidak tau akan berguna apa tidak, tapi semoga ada yang terbantu ya 😭🀜 Ini diambil dari pengalaman pribadi, janji tidak share referral/MLM kok πŸ₯ΉπŸ‘ŒAku bakal bagi jadi beberapa bagian biar lebih enak dibaca. Tanpa basa-basi lagi ayo cekidot

Freelance untuk Mahasiswa Online Part Time Kerja

[Kerja/freelance]

1. Olshop

Aku jualan di oren dan ijo, jualan skincare, nyetok skincarenya dari berbagai e-comm juga misalnya lazada, http://jd.id, shopee, tokped, zalora, blibli, watson dll. Pokoknya beli skincare yg lg hype dan diskon gede (minimal 50%) ~

terus jual diharga 70-90%. Jangan jual terlalu murah soalnya suka disangka palsu, tp jangan kemahalan nanti ga laku. Untuk promosinya bisa ditwt dlu, nanti klo udah banyak yg beli ga perlu promosi lagi kok udh ada aja yg beli tiba2 di ecomnya.

Cara dapat diskonan skincare dan tau skincare apa yang lagi hype musti sering2 negok twitter atau grup promoan, di tele/twit/fb. 

Jadi barang datang ke kos, aku unboxing dan jual ulang. Kalau ada yg pesen biasanya aku pake jasa pick up kurir jadi bener2 stay di kos.

Sebulan untungnya ga nentu pas udh mulai stabil atau dianggep trusted itu toko aku biasanya ada 2-3 paket minimal per minggu, untungnya start 700k/bulan. 

Aku aktif jualan dari 2020-2021 dan berhenti pas masuk koas, soalnya capek ngebungkus paket [jompo].

Kekurangannya kerjaan ini adalah kalian musti punya modal dlu dan 'riset' barang yg mau dijual harus beneran yg laku, klo enggak laku kan gak dapat untung yah bestie. 

Aku sendiri kalo 1x co pas diskon itu bisa sampe 1jt buat nyetok barang jualan.

2. Freelance video animasi 2D

iya iya, kedengerannya susah, tau kok, tp klo ga dicoba ga bakal tau. Awalnya juga aku ga pernah mikir bakal bikin video animasi, tapi pas itu lagi BU dan ada temen aku yg anak olshop juga lagi perlu video buat skripsinya, bukan ngejoki skripsi -c

loh ya, tp dia skripsinya tentang keefektifan penggunaan video sebagai media belajar, nah karena gaada video free resource yg sesuai jadi musti bikin, jadi dia nyari org yg bisa bikin videonya pake macromedia 7, aku juga ga bisa sebenernya tapi karena kepepet jadi belajar -c

otodidak lewat yutub banyak tutorialnya, lalu aku cek di fiver ternyata harganya start 5 usd per 20 detik, jadi aku taruh harga start 50k per 20 detik tergantung kesulitan. Awalnya dia cuma pesen 4 video, lalu beberapa minggu kemudian, dia rekomendasiin aku ke beberapa temennya

juga dan mereka ikutan mesen sampe aku ngerjain sekitar 36 video  πŸ₯ΉπŸ‘Œnah itung aja tuh berapa duitnya ya. Aku tidak pernah promosi di twt emang dari mulut ke mulut aja sampe skrg masih ada yg suka WA mau bikin video pembelajaran.

3. Nulis artikel di IDN times dan basabasi(.)com 

Sistem IDN times itu dibayar per klik ya, jadi baru ditarik kalau saldonya udh 250k klo ga salah. Nah kalo basabasi itu, bisa artikel, cerpen dan puisi (minimal 5). Feenya 100k, 300k, dan 250k berurutan dibayar putus.

4. Asisten penelitian dan praktikum

Kalau ini udah jelas ya, kalau asisten praktikum biasanya buka oprec. Kalau asisten penelitian berdasarkan pengalaman aku bisa oprec bisa dihubungi duluan. Feenya sangat bervariasi tergantung fakultas masing2.

Aku sendiri dapatnya 300k-1jt (per periode). 1 periode klo ditotal ada 5-7x pertemuan.

[LOMBA]

"aduh kak, ga pinter, jangan suruh ikut lomba"

ga boleh begitu, di kelasku jg banyak yg lebih pinter dr aku, masalahnya mereka memilih buat ga ikut lomba aja. 

kemungkinan km menang lomba kalo ga ikut = 0%

kemungkinan km menang lomba kalo ikut = minimal 1%

meskipun kemungkinan km menang cuma 1% tp ttp ada kemungkinan menang, jd gak ada salahnya dicoba, kita gatau kita bisa apa enggak kalau enggak dicoba. buat info lomba biasanya aku cari di instagram kalian follow aja akun2nya info lomba gitu ada banyak kok.

semakin banyak kalian follow/liat akun info lomba tiap buka eksplor ig biasanya bakal ada info lomba terus jadi gausah susah2 nyari lagi. keuntung ikut lomba ini selain hadiah juara juga ada insentif kalau kamu anak yu ji em.

umumnya insentif yg di kasi yu ji em ini malah lebih gede daripada hadiah lombanya. contoh aku pernah menang lomba juara  1 hadiah 2jt, insentifnya begitu ngajuin dpt 5jt karena tingkat internasional. nah itu klo km anaknya hemat 1jt/bulan udh ga perlu pusing mikir uang 7 bulan.

belum lagi tambahan insentif dari fakultas, di fakultas aku juga ada insentif 100k-300k/lomba tergantung juara berapa.

tgl 21 kmrn aku abis menang lomba cerpen, hadiah juara 1 'cuma 300k' tp sebenernya sangat lumayan buatku soalnya aku ngerjain cerpennya sekali duduk (+- 4 jam).

Jadi aku klo cari lomba ga musti yg hadiahnya gede juga, yg penting aku merasa tidak terbebani, menang kalah gpp soalnya sekalian buat belajar.

[GIVEAWAY]

Ini random sih, kadang hadiahnya uang/pulsa/skincare/makeup/tas/bantal/atk/etc. Cara dapat giveawaynya gimana? Biasanya klo ada seminar2 yg aku tertarik materinya aku ikut, lalu tanya2. Biasanya ada giveaway buat penanya terbaik atau yg beruntung.

Sejauh ini seminar yg aku ikutin free semua sih, infonya lagi2 bisa cari di ig atau di simaster, ada banyak seminar yu ji em tuh. Kmren pas career day yg online aku jd penanya terbaik dapat facewash dan buku catatan dari avoskin.

Intinya aku ikut seminar yg aku emang tertarik aja sih, klo dapat giveaway syukur kalo enggak ya gpp. Kadang giveaway juga dikasih ke peserta yang jawab pertanyaan tercepat, jd klo ikut seminar cuma ngarep giveaway km ga bakal bisa jawab klo ada pertanyaa karena ga merhatiin.

[TIPS MENGHEMAT]

Semenjak kenal diskonan aku udah ga pernah nyetok bahan makanan dari mirota, biasanya aku beli via oren/ijo/grabmart. 

"Kan diskonnya ga tiap saat!"

Iya, emang, makanya aku klo mau nyetok sesuatu dibikin list aja dlu perlu/mau abis apa (jangan nunggu abis dlu, nanti kepepet kan musti beli harga normal) nanti aku belanjanya sekalian banyak di tanggal kembar atau tgl 25 (pake voc cb oren/ijo/grabmart).

selain bahan kebutuhan sehari-hari kaya gitu, sebenernya aku ga begitu banyak ngehemat jg sih jujur, mksdnya kalo aku pengen beli makan apa ya aku beli aja, jadi aku fokus ke cari uangnya daripada ngehemat sampe gak nahan makan gitu. 

klo misal kalian mikir sebenernya aku udh banyak duit, enggak juga kok, ortuku ngirim sedikit aja sebulan, bahkan mamah aku sampe bilang "kok bisa ya km dikasih segini ga minta lagi, beli apa2 jg sendiri", ya soalnya aku ada pemasukan itu tadi dari mana-mana.

segitu dlu, klo ada lagi nanti aku tambahin. klo ada yg mau ditanya komen atau dm aja, aku matiin notif dari nonfollowers jadi aku balas pas aku mampir liat thread ini lagi ya.

aku baru inget, aku pernah nyoba kerja di https://preply.com/id/ juga sebagai guru bahasa indonesia, di sini kalian bisa pilih waktu kerja dan fee kalian berapa per jam bebas. client pertama aku waktu itu youtuber jepang yang minta dikoreksi subtitle bahasa indo video dia.

aku berhenti soalnya rata2 di sini client kalian orang luar negeri jadi ya jamnya susah buat nyesuaiin, apalagi klo clientnya ga paham dikira jam kita sama kaya jam dia.

Sekian Freelance untuk Mahasiswa Online Part Time Kerja


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>