Cara Aku Belajar Soal PM dan Tips Ngerjain Soal PM - Revesery -->

Cara Aku Belajar Soal PM dan Tips Ngerjain Soal PM

cara aku belajar pm dan sedikit tips ngerjain soal pmπŸ™† - [DISCLAIMER] ini artikel subjektif berdasarkan pribadi, mungkin ga akan 100% cocok di kalian, jadi sesuaikan dgn diri masing” yahh. also, this is my first ever artikel, sorry kalo ada typo atau kata” yg sedikit menyinggung. enjoy!

[CARA BELAJAR] 

1. Mulai dari Materi Dasar kebanyakan soal pm adalah adaptasi dari materi dasar matematika. jadi, ada baiknya kalo kita udah mantep di materi dasar. caraku latihan materi dasar adalah dgn soal” standar sekolah. aku biasanya latihan dari 


web defantri, mathcyber, dan maretong. imo untuk mantepin materi dasar udh cukup bgt dari situ. selain dari latihan, aku juga biasanya mahamin pembahasan soal yg materinya masih kurang nempel di aku. biasanya aku tulis ulang untuk ngingetnya.

2. Latihan Ngitung Cepet ini tuh menurutku krusial bgt krn durasi pm itu tuh cuma 30 menit untuk 20 soal. jadi, biar waktunya efisien, kita harus bisa ngitung cepet krn di pm itu kita bukan cuma ngitung doang, tapi mikirin ide untuk nyelesaiin soal juga.

kalo untuk latihan ngitung cepet sendiri, aku ga ada cara spesifik sih. biasain aja untuk ngitung 1 soal under 1 menit.

3. Latihan Mikir Cepet nah, ini juga krusial. pm ini kan soal cerita ya, jadi ga straight forward gitu. kita harus mikirin ide untuk nyelesaiin soalnya. kalo ini sendiri, aku udh terbiasa dgn soal fisika & kimia yg perlu analisis. tapi kalo mau latihan mikir cepet—

—aku saranin coba kerjain soal cerita matematika yg standar sekolah dulu untuk membiasakan cara berpikirnya. kalo ga salah, soal cerita kek gitu ada di web yg aku sebutin sebelumnya. nanti di akhir artikel akan aku cantumin link-nya.

-extra: bahas soal dgn orang” yg lebih jago dari kalian. jujur ini adalah hal yg sgt bermanfaat di aku. tiap kali ada soal yg aku gabisa, biasanya bakal aku tanyain ke temen”ku yg lebih jago untuk didiskusiin bareng. alternatifnya juga kalian bisa tanyain ke guru bimbel kalian.

[TIPS NGERJAIN PM] 1. Anggap PM kayak subtes literasi lainnya. aku biasanya kalo ngerjain pm tuh kayak ngerjain lbi or lbe. jadi hal pertama yg akan aku lakukan adalah cari tau maunya soal tuh apa, terus aku scanning info apa aja yg ada di soal. menurutku cara ini tuh—

—lumayan oke untuk menghemat waktu. info penting yg aku dapetin akan aku tulis terlebih dahulu biar ga nyari” lagi di soal.

2. Nyari hint di soal selanjutnya. ini tuh kadang works kadang ngga, tapi kalo bisa di awal tuh kalian liat soalnya sampe nomor” selanjutnya. ini juga ngebantu cara berpikir kalian mau dibawa kemana.

3. Scanning materi. aku biasanya pas awal tuh bakal liat soalnya sampe nomor terakhir untuk tau bayangan ini materi apa aja. dgn begini otak kita akan prepare materi yg harus kita pikirin untuk nyelesaiin soalnya.

4. Mulai dari soal paling sederhana. ini nih pentingnya ngeliat soal sampe akhir dulu sebelum ngerjain jadi kita tau kira” soal mana yg akan ngabisin byk waktu dan yg mana yg ngga.

[LINK]

defantri: http://defantri.com/?m=1

maretong: http://maretong.com/?m=1

kira” segitu aja artikel kecilnya. semoga setelah baca ini kalian ada gambaran gmn cara belajar yg efektif untuk kalian di waktu yg mepet ini. good luck untuk snbt nya, semoga kita semua lolos pilihan 1πŸ™†‍♀️πŸ€✨


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 Download ==>>