Pengertian dan Ciri Ciri Website User Friendly - Revesery -->

Pengertian dan Ciri Ciri Website User Friendly

Pengertian dan Ciri Ciri Website User Friendly -  pasti sudah pernah mendengar kata user friendly, biasanya mereka mengetahui kata user friendly jika ingin mendownload sebuah template blog. Jika dilihat dari namanya user friendly dibagi atas dua kata user dan friendly.User artinya adalah seorang pengguna dan friendly artinya bersahabat maksud dari website yang user friendly adalah website yang bersahabat dengan penggunanya.

Dari namanya saja kita sudah lihat user friendly yang artinya berteman dengan user. hal ini menandakan bahwa Website yang kita kelola itu cocok untuk semua pengunjung karena didukung dengan 5 faktor di bawah Yang nanti akan dijelaskan.
Menurut kami website yang baik adalah website yang memberikan sebuah pengalaman yang berkualitas bagi para pengunjungnya. Jika sebuah rasa memiliki kualitas yang baik dan kantin yang unik pastinya pengunjung akan mengingat nama website tersebut kemudian akan mengunjungi blog tersebut kembali hal semua itu terangkum dalam sebuah istilah yaitu user friendly.

Konten merupakan sesuatu yang sangat berharga di website. Jika tidak ada konten maka website tersebut sebagai rumah tanpa isi. Begitupun dengan rumah yang indah pasti memiliki isi yang indah atau interior yang indah sedangkan website yang berkualitas arti juga akan mempunyai pantun yang berkualitas maka dari itu konten sangat berdampak pada peringkat website ada di pencarian.

Kemudian desain layout dan penempatan elemen sangat penting hal ini tidak jauh-jauh beda navigasi tetapi desain layout dan penempatan itu seharusnya tidak boleh mengganggu pengunjung yang mengunjungi blog anda karena ini akan menghambat aktivitas dari pengunjung.

Sebenarnya untuk Website user friendly itu tidak hanya lima faktor diatas saja tetapi masih ada banyak faktor yang lainnya maka dari itu Anda bisa mengunjungi blog lokasi lain supaya wawasan anda tentang blog user friendly itu bisa bertambah luas.

Banyak permintaan para klien website kepada webdeveloper atau update senarnya Mereka ingin website tersebut ingin dipoles agar user friendly.

Permintaan klien tersebut sangatlah memudahkan pengunjung dan baik dimata pengunjung Dalam menemukan sebuah informasi sehingga website tersebut disukai oleh pengunjung dan baik dimata pengunjung sehingga pengunjung betah di website tersebut. Inilah yang menjadi faktor user friendly pada suatu website itu wajib diterapkan.

Tapi bagaimana sih ciri-ciri website yang user friendly tersebut hingga banyak client website yang meminta kepada defeloper atau designer web agar websitenya menjadi user friendly. Berikut ciri-cirinya.

Pengertian dan Contoh Penerapan Website User Friendly

1. Dapat berjalan di semua perangkat

Pengunjung website pada jaman sekarang ini sangat bermacam-macam sumbernya. Kalau jaman dulu banyak yang mengakses website hanya melewati komputer yang layarnya lebar, semakin berkembangnya smartphone semakin meningkat sumber pengunjung yang berasal dari smartphone dengan berbagai ukuran layar beberapa inci.

Ada yang mengakses lewat smartphone tablet ataupun layar kecil yang disebut dengan smartwatch. Jika sebuah web ingin disebut sebagai user friendly Maka faktor yang pertama yaitu website tersebut dapat mengikuti layar perangkat yang digunakan.

 Misalkan kita mengakses komputer maka website tersebut akan menampilkan tampilan tampilannya sesuai dengan layar komputer dan begitu juga sebaliknya pada smartphone. Hal ini juga didukung dengan adanya teknologi web responsive.

2. Proses loading cepat

Sebuah web dapat menjadi lebih berat jika di dalamnya terlalu banyak material contohnya adalah widget dengan JavaScript lalu tombol sosial media baik untuk share ataupun untuk like dan audio yang disisipkan pada website tersebut.

Tentunya penambahan material tersebut dapat memperberat loading website sehingga menjadi lambat jika ada pengunjung yang tidak sabar maka mereka akan meninggalkan website tersebut. Sebenarnya untuk penggunaan material material tersebut boleh dipergunakan tetapi dengan komposisi yang tepat yaitu gunakan salah satu dan tidak berlebihan.

Faktor di atas merupakan salah satu syarat website user friendly, website dengan loading yang cepat digemari oleh pengunjung karena pengunjung tidak akan terlalu lama menunggu loading. Untuk menguji kecepatan loading website anda dapat menggunakan yang dibuat oleh Google yaitu Google page Speed Insight.

Caranya anda hanya memasukkan url web Anda lalu tunggu hasilnya. Jika sudah selesai maka akan muncul hasilnya dan Google akan memberitahu mana saja yang harus diperbaiki atau dihapus dan tidak lupa memberikan sebuah nilai jika website Anda digunakan pada salah satu perangkat.

3. Mempunyai navigasi yang baik

Navigasi website bagaikan seorang pemandu dalam sebuah website. Pengunjung sangat suka dengan navigasi yang baik, dari navigasi itulah yang menuntun para pengunjung untuk berjalan-jalan di website anda. Pengunjung akan lebih cepat menyesuaikan diri jika navigasi yang dipasang pada sebuah website itu letak dan fungsinya baik.

Karena jika tanpa navigasi pengunjung akan bingung apa yang harus dilakukan di website tersebut sehingga mereka hanya melihat tombol back dan close di browser mereka dan pada akhirnya mereka meninggalkan website anda dan tidak ada yang mau mengunjungi website anda lagi. Maka dari itu sistem navigasi pada sebuah website sangatlah penting bagi kenyamanan seorang pengunjung web.

4. Isi konten yang berkualitas

Apa sih yang pengunjung cari jika memasuki sebuah website ? Pastinya adalah konten yang terdapat pada website tersebut. Content merupakan sebuah nasi yang sering kita makan yang berarti konten merupakan hal yang penting dan wajib bagi kelangsungan website.

Bagaimana isi konten yang berkualitas itu? Konten yang berkualitas itu ialah konten yang disajikan yang mempunyai daya tarik yang memikat dan tentunya bermanfaat bagi pengunjung. Jika konten yang terdapat pada website tersebut dirasa kurang memikat maka pengunjung akan pergi ke website lainnya.

Website yang lain semakin banyak dikunjungi semakin baik dimata Google sehingga saingan nya akan menjadi berat. Maka dari itu konten yang berkualitas merupakan salah satu faktor dari website yang user friendly. Sebagai informasi jika di artikel Anda susah dipahami Anda dapat membantunya dengan memberikan sebuah video atau table agar lebih mudah dimengerti.

5. Desain layout dan penempatan elemen

Desain layout dan penempatan elemen yang baik akan menambah nilai user friendly anda menjadi menambah. Seorang administrator website juga harus jeli dalam penempatan tombol website Bagaimana cara agar tombol tersebut sering diklik oleh pengunjung.

Tombol yang juga tidak kalah penting adalah tombol form pencarian, tombol sound pencarian sangat berguna bagi pengunjung jika pengunjung kebingungan atau ingin mencari sebuah artikel di website tersebut.

Selanjutnya tombol yang tidak kalah penting adalah tombol navigasi seperti yang sudah dijelaskan diatas tombol navigasi itu digunakan untuk menjelajah website anda dengan mudah.

Membedakan warna pada teks di tombol-tombol tersebut juga sangat penting karena akan mendapat perhatian dari para pengunjung sehingga menjadi sebuah daya tarik yang baru.

Jadi website user friendly itu bisa dilihat dari 5 faktor yaitu dapat berjalan di semua perangkat yang artinya laman website akan mengikuti pola dari tampilan device apabila tampilan device komputer maka tampilan dari website akan melebar seperti normal sedangkan apabila website tersebut dibuka melalui smartphone maka tampilannya akan mengecil dan biasanya memanjang ke bawah.

Kemudian proses loading yang cepat, website yang user friendly itu nyai proses loading cepat hal ini berguna untuk menyingkat waktu agar pengguna tidak menunggu terlalu lama. Sebenarnya banyak Webmaster yang sudah memberitahu website yang dibuka itu tidak boleh dari 30 detik.

Navigasi sangat diperlukan untuk sebuah karena dengan navigasi inilah membantu para pengguna atau pengunjung untuk mengetahui seluk beluk dari website tersebut dan dengan adanya navigasi ini website tersebut juga mudah untuk digunakan.

Sekian artikel 5 ciri website user friendly terbaru Semoga dengan adanya tutorial ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menambah wawasan baru tentang website user friendly yang sangat dibutuhkan oleh para pengembang website. mohon maaf bila ada salah-salah kata dan terima kasih

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com



Revesery Store

⭐️ Rating Review Google: Rp3.800/satuan

⭐️ Netflix: Rp39.000/bulan

Keunggulan:

✅Buzzer 100% Asli Orang Indo

✅Gratis Quality Control

✅Dapet report / laporan dari awal sampe akhir

✅Garansi 14 hari, isi ulang sampe full

udah paket lengkap bintang + review, terima bersih tinggal kirim link ajaπŸ˜ŠπŸ™

πŸ“² Order via WA (fast respon)


Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>