Cara Mengatasi Writer's Block Ampuh Untuk Penulis - Revesery -->

Cara Mengatasi Writer's Block Ampuh Untuk Penulis

Cara Mengatasi Writer's Block Hal apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau terhindar dari writer's block - Haloo Di sini aku mau sharing-sharing sedikit gimana cara aku ngatasin struggle nya semua author, yaitu writer's block.

Eh iya, aku mau kasih disclaimer dulu kalau ini aku sharing-sharing aja ya, maksudnya ini cara aku sendiri. Bisa kalian contoh tapi ga ada jaminan bakal berhasil 100% karena kan setiap orang beda' hehe. Oke langsung aja kita mulai

Sebelumnya, aku sendiri tipe author yang nulis dulu story line sebelum bikin au. Jadi udah ada rincian setiap chapter. Mungkin ada yang sama? Atau kalian tipe yang nulis dulu aja ikut alur? Dari dua tipe yang beda itu, writer's block pasti sih bakal muncul.

Buat aku sendiri, aku stuck pas mau nulis isi narasi yang udah ada judulnya. Kaya, "Ini judulnya gini, tapi isinya gimana ya biar sesuai sama judul?" Sedangkan buat tipe yang ikut alur, sama juga, bakalan bingung sama kelanjutan tulisannya, dan ini ngeselin banget asli.

Jadi yang biasa aku lakuin kalo lagi ada di vase writer's block adalah :

Cara Mengatasi Writer's Block: Hal apa yang dapat dilakukan untuk mencegah atau terhindar dari writer's block

1. Cari Tempat Sepi dan Suasana Tenang

Waktu aku stuck banget ga tau mau lanjutin tulisan aku kaya gimana, biasanya aku cari tempat sepi yang suasananya tenang dimana cuma ada aku sendiri (contohnya kamar tidur).

Ini ngaruh, soalnya dengan gini otak aku bisa fokus buat lanjut tulisan, apalagi kalo nulis narasi. Tapi bisa juga semisal ada gitu tempat yang istilahnya sudut pw kalian buat nulis (di rumah ya), nah bisa juga kalian nulis di sana.

2. Nulis Sambil Denger Lagu

Biasanya abis cari tempat pw gitu aku pake earphone terus setel lagu lewat spotify atau youtube. Cuma aku lebih sering pake youtube sih soalnya kali pake spotify ngacak gitu jsjs (re: ga premium).

Sedangkan kalo youtube, biasanya di laptop aku sambungin ke earphone terus cari playlist. Playlistnya tergantung yang lagi aku tulis. Misal mau nulis narasi yang fluff, aku denger lagu yang emang kaya ceria gitu.

Cara ini di aku berhasil, pas nulis narasi auto lancar kaya jalan tol. Eh tapi ini tergantung ya, karena ada tipe orang yang kalo denger lagu justru malah ga fokus. Jadi tergantung diri masing-masing.

Ini contoh keyword yang bisa kalian cari di youtube :

Cara Mengatasi Writer's Block Ampuh Untuk Penulis

— Soft korean study playlist buat tulis au atau part fluff.

— Sad korean study playlist buat tulis au atau part yang sedih gitu, bisa nih buat kalian yang nulis angst.

Selain di atas, kalian bisa juga ko cari playlist-playlist lagu indo, full ost kdrama atau lagu khusus satu group gitu. Misal mau denger lagu nya nct sambil nulis, tinggal kalian cari aja.

3. Nonton Web Drama

Kalo kedua cara di atas tetep ga berhasil alias masih tetep stuck, aku biasa nonton web drama buat dapet feel nya atau sekedar buat inspirasi. "Ko web drama sih?" Jawabannya adalah karena kalo nonton drama biasa yang satu episode durasinya 1 jam-an tuh—

malah bakal mantengin dramanya dan berujung ga jadi nulis, aku pernah soalnya yang berakhir ga nulis apapun gara-gara keasikan. Jadi aku lebih prefer buat nonton web drama sih, satu episode nya ga sampe 30 menit (biasanya) kalian bisa cari di youtube, ada banyak.

4. Coba Masuk Ke Dalam Tulisan

"Hah? Emang bisa? Gimana maksudnya?" 

Yang ini sih jarang aku lakuin, tapi pernah waktu bener-bener stuck. Jadi maksud dari point nomor 4 tuh aku sebagai author memposisikan diri sebagai karakter yang ada di tulisan aku.

Rada susah sih jelasin yang ini. Tapi intinya, aku coba buat jadi si karakter utama dalam cerita, kaya ngerasain, istilah gampangnya adalah ngehalu jadi karakter di au sendiri. Semoga kalian nangkep maksud aku ya huhuu.

5. Dibarengi Doa

Nah ini terakhir dan dilakuin di setiap point dari 1-4. Ini ga boleh dilupain. Sebelum kalian nulis, ada baiknya berdoa dulu (menurut kepercayaan masing-masing).

So itu hal-hal yang biasa aku lakuin kalo lagi kena writer's block. Bisa dicoba buat kalian yang lagi kena writer's block. Tapi kaya yang udah aku kasih tau di awal, aku ga jamin bisa 100% berhasil ya. Karena ini cara aku, gaya aku nulis.

Kalo kalian udah coba pake cara aku tapi masih stuck juga, coba cari cara atau gaya nulis kalian sendiri, jadi tergantung diri masing-masing.

Semoga paham ya sama apa yang udah aku jelasin. Kalo ada yang kurang paham sok aja ketuk komentar buat tanya, jangan sungkan atau mau diskusi, ngobrol ringan juga boleh ko. Maaf kalau ada kesalahan kata dan kalimat ya.

Makasih udah mau baca artikel dari penulis amatir kaya aku jsjsjs. Semangat berkarya yaa, jangan putus asa. Kalau cape istirahat dulu, abis itu bangkit lagi, ga boleh nyerah oke? Semangat! Stay safe, stay healthy, and be happy!


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Join Grup Facebook: Disini
                   Discord: Disini
                Instagram: Disini

Kunjungi terus Revesery.com karna akan ada update selanjutnya.

Download ==>