Cara Pendidikan Khusus Profesi Advokat PKPA - Revesery -->

Cara Pendidikan Khusus Profesi Advokat PKPA

Cara Pendidikan Khusus Profesi Advokat PKPA - Pendidikan Khusus Profesi Advokat berapa lama? Pengen jadi seorang advokat tapi gatau apa itu Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)? 

artikel ini cocok banget buat kamu!

Haloo,gimana kabarnya revesery team? jumpa lagi nih kali ini akan membahas tentang Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Nah, sebelum kita mengenal lebih jauh terkait PKPA, kita perlu tau dulu nih apa itu PKPA?PKPA adalah singkatan dari Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang menjadi salah satu syarat sarjana hukum yang akan menjadi advokat atau beracara di pengadilan.PKPA ini berupa pendidikan khusus yang isinya materi-materi untuk calon advokat dalam beracara di pengadilan.

Penjelasan PKPA Pendidikan Khusus Profesi Advokat Lengkap

Materi-materi tersebut, yaitu hukum acara perdata, hukum acara pidana, hukum acara konstitusi, hukum acara tata usaha negara, hingga kode etik advokat yang harus dipelajari sebelum mengikuti ujian advokat. Waah sepertinya menarik banget yah

Bagaimana sih awal mula adanya PKPA?

Awal mula adanya PKPA, yakni pd tgl 30 Agustus 1964 berdirilah organisasi advokat. Pada era orde baru, seorang advokat diangkat oleh Menteri Kehakiman dgn menerbitkan surat keputusan (SK) sbg pengangkatan seseorang menjadi advokat.

Kemudian, organisasi advokat tersebut berkomitmen untuk melahirkan advokat yang cerdas, berkualitas, dan memiliki pengetahuan hukum yang baik. Oleh karena itu, perlu mengikuti pendidikan khusus sebelum menjalankan profesinya.

Dengan demikian, terdapat standar ilmu hukum yang jelas sebelum mengikuti ujian advokat dan dilantik menjadi advokat di pengadilan tinggi.

Tau nggak apa saja syarat dan tata cara untuk mengikuti PKPA?

Syarat dan tata cara untuk mengikuti PKPA adalah memilih institusi maupun universitas yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), yakni dengan memenuhi syarat administrasi, yaitu lulusan minimal S1 Ilmu Hukum dari seluruh universitas di Indonesia;

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melampirkan ijazah atau surat tanda kelulusan sebagai tanda telah menyelesaikan pendidikannya;

Melakukan pembayaran administrasi dan biaya program pendidikan Advokat yang telah ditentukan dan bersedia hadir dan mengikuti PKPA sampai akhir sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat.

Gimana nih Inspirazen, makin kebayang ya apa yang harus kamu lakukan jika ingin mengikuti PKPA 

Berapa lama waktu untuk menjalani PKPA?

Perjalanan menjadi seorang advokat memang cukup panjang ya Inspirazen, terlebih lagi harus mengikuti PKPA agar benar-benar menjadi seorang advokat yang mumpuni. Lama waktu pelaksanaan PKPA ini sangat bervariasi.

Pada Umumnya, universitas menyediakan pelatihan PKPA selama penuh waktu, tetapi terdapat juga beberapa sekolah tertentu yang menyediakan pelatihan dengan paruh waktu selama dua tahun.

Selain itu, terdapat opsi pilihan lain yaitu pelatihan selama satu tahun dengan mengikuti kelas selama 10—16 jam per minggu.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti PKPA ini?

Untuk biaya PKPA itu sendiri, sangat bervariasi dan bergantung pada pihak penyelenggara. Namun, dapat dikisarkan biaya untuk PKPA, yaitu antara Rp4.000.000 hingga Rp6. 500.000.

Dalam Pasal 5 huruf g Peraturan Perhimpunan Advokat Indonesia No. 3 Tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat disebutkan bahwa biaya PKPA paling sedikit  sebesar Rp3.000.000 dan paling banyak sebesar Rp5.000.000.

Namun, pada Pasal 5 ayat (2) peraturan yang sama, besaran biaya tersebut Peradi dapat menggantinya sesuai kesepakatan dengan mitra pelaksana PKPA dengan mempertimbangkan tujuan dan kondisi ekonomi tempat pelaksanaan PKPA.

Tau nggak di mana tempat pelaksanaan PKPA? 

PKPA pada dasarnya diselenggarakan oleh Peradi, tetapi Peradi berhak melakukan kerja sama dengan pihak lain sebagai mitra pelaksanaan PKPA seperti dengan universitas, lembaga, dan institusi yang lain.

Terdapat beberapa universitas di Indonesia yang menjadi mitra untuk pelaksanaan PKPA di antaranya, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Selain itu, terdapat lembaga atau institusi lain yang menjadi tempat atau mitra penyelenggara PKPA seperti Smart Legal Academy di Malang dan FHP EDULAW di Jakarta.

Sekian Penjelasan PKPA Pendidikan Khusus Profesi Advokat Lengkap


Serta lebih lanjut mengenai tempat pelaksanaan PKPA dapat diakses langsung melalui laman resmi Peradi di https://peradi.or.id.


Terima kasih Inspirazen sudah membaca sampai akhir, sampai jumpa lagi di konten lainnya.

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>