Cara Menghasilkan Uang dari Catatan Sekolah dan Kuliah - Revesery -->

Cara Menghasilkan Uang dari Catatan Sekolah dan Kuliah

Cara Menghasilkan Uang dari Catatan Sekolah dan Kuliah - Penghasilan Tambahan Buat Pelajar & Mahasiswa, Kamu tau gak sih catatan / rangkuman sekolah atau catatan kuliah kamu itu bisa jadi duit? Its sounds good right? Daripada catatan kamu dianggurin atau cuma dibuka lagi tiap ada ujian mending dijadiin penghasilan tambahan, kan lumayan buat jajan atau buat nabung.

Jadi awalnya aku iseng search di google "How do I get paid just by selling my study notes" dan nemu beberapa website buat jual catatan sekolah/ kuliah. aku emang kalo lagi gabut sering search di google dan kadang nemu hal-hal yang menurut aku interesting,

tapi selama ini cuma aku keep sendiri atau aku cuma ngasih tau temen deket aku aja. But I think it might be useful for many people if I share it on Twitter. Okay, kayaknya udah cukup muqadimahnya, mari kita lanjut ke inti dari pembahasan thread ini.

Pertama-tama, kalo ada yang nanya emang ada yang mau beli catatan sekolah/kuliah?

Ya, ada, dan banyak.

Biasanya mereka yang beli catatan termasuk kedalam salah satu dari 3 tipe berikut:

1. Orang yang males nyatet,

2. Pelajar/mahasiswa ambis yang nyari tambahan materi buat Bahan belajar, atau

3. Pelajar/mahasiswa di musim ujian.

Oke langsung aja aku akan ngerekomendasiin beberapa website yang bisa buat jual study notes.

Cara Menghasilkan Uang dari Catatan Sekolah dan Kuliah

1. Stuvia

Selain catatan, website Stuvia ini kamu juga bisa jual ringkasan materi, essay, paper bahkan study guide juga. Di Stuvia kamu bisa tentuin berapa harga yang  mau kamu pasang per dokumennya.

Website stuvia membayar catatan atau dokumen per download. Rata-rata uang yang bisa kamu dapet per dokumen itu $8.90, dan rata-rata earnings per month nya $103.

Link website Stuvia:

https://stuvia.com/en-us/upload

2. Nexus Notes

Beda dengan Stuvia yang pembayarannya per dokumen yang terjual, di website Nexus Notes ini sistemnya subscription jadi penghasilannya tergantung seberapa banyak orang liat catatan lo. Di Nexus Notes kamu bisa upload catatan, tips belajar, ringkasan materi, dll

Sebenarnya ada dua opsi gimana catatan kamu dibayar di Nexus Notes:

1. kamu dibayar pake uang tergantung banyaknya orang yg liat dokumen yang lu upload, atau

2. kamu bisa access catatan dan dokumen milik orang lain.

Link website Nexus Notes:

nexusnotes.com

3. Docmerit

Di website Docmerit ini kamu bisa atur sendiri harga jualnya dan kamu dapat 85% dari harga jual tersebut. Docmerit ngerekomendasiin waktu yang tepat buat jual catatan kamu yaitu saat musim ujian, soalnya banyak pelajar dan mahasiswa

yang nyari tambahan materi buat nyiapin ujian mereka, kamu juga bisa share catatan atau dokumen yang kamu jual di Docmerit ke sosial media supaya makin banyak yang liat atau yang tertarik buat beli catatan kamu .

Link website Docmerit:

https://docmerit.com/sell-study-notes

4. Studypool

Website Studypool sendiri nyatain bahwa kamu bisa dapet $5.000 per month dari jual catatan, study guide, study tips, exam material dan dokumen-dokumen lainnya. Beda dengan beberapa website sebelumnya, kamu gak bisa set harga notes yang mau kamu jual.

Studypool jual setiap notes seharga $10 dan akan dibayar per download, jadi makin banyak orang yg download makin banyak juga penghasilan kamu . Yang bikin Studypool beda dari website jual-beli catatan lainnya adalah kamu  juga bisa jadi tutor dan bisa dapat uang lebih banyak lagi.

Biasanya kerjaan tutor di studypool itu bantuin jawab soal (kurang lebih kaya brainly) tapi jawabannya harus bener dan gak ngasal. Buat apply jadi tutor juga kamu  harus ikut tes untuk nentuin apakah kamu eglible apa enggak.

Link website Studypool:

https://studypool.com/sell_docs

kamu bisa upload catatan kamu meski dalam bahasa Indonesia, walaupun rata-rata di web yang aku sebutin di atas kebanyakannya orang-orang upload dalam bahasa Inggris. Sistem pembayarannya lewat paypal ya, jadi make sure kamu punya akun paypal.

Bikin akun paypal itu gampang banget, kamu cuma butuh email sama no ktp. 

Walaupun websitenya sendiri bilang bisa dapet duit ratusan hingga ribuan dollar, kembali lagi seberapa banyak catatan kamu  yang terjual, kalo dikit ya jelas gak mungkin dapat ratusan dollar.

Sama kaya shopee affiliate gak akan dapet banyak kalo yang beli cuma dikit😌 Jadi ingat, jual catatan bisa jadi penghasilan tambahan, tapi gak bisa dijadiin penghasilan utama apalagi bikin lo kaya.

Sebenarnya ada banyak web jual-beli notes tapi cuma 4 itu doang yang pernah aku coba.

Sedikit tips buat yang tertarik jual catatannya:

1. Catatan yang biasanya cepet laku itu catatan biokimia, mikrobiologi, keperawatan, manajemen, bisnis, dan teknik.

2. Catatan dalam bentuk digital lebih cepet laku daripada catatan konvensional (tulis tangan).

3. Usahain catatan kamu  rapi jadi selain gak bikin pusing juga keliatan lebih menarik.

4. Bikin deskripsi yang menarik dan persuaif tentang catatan kamu ,

biasanya di beberapa web kamu harus isi deskripsi saat kamu mau upload catatan atau dokumen. kamu jelasin apa aja yang di bahas di catatan atau dokumen kamu se kreatif mungkin untuk menarik orang-orang buat download/beli catatan kamu .

Terima kasih, semoga bermanfaat yaa

Sesi Pertanyaan: 

1. itu nyatetnya di apk apa ya kak?

JawabL 

Bisa dijadiin doc atau pdf, di ms word atau wps office juga bisa asal notesnya rapih pasti seenggaknya banyak yg liat, kalo notesnya aja berantakan jangankan download orang liatnya aja kadang males. 

Kalo mau di laptop bisa pake notion atau aplikasi buat bikin catatan lainnya

Kalo bisa dihias sedikit, tapi hiasanya jangan terlalu mengganggu juga supaya gak keramean. Kalo mau kuga bisa kasih gambar yang ada hubungannya dengan materi, misalnya notes biologi tentang jamur bisa dicantumin gambar jamurnya juga.

Sekian Cara Menghasilkan Uang dari Catatan Sekolah dan Kuliah.


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

 Join Discord kita: Disini

Download ==>