Pilih SNMPTN Mending Idealis Atau Realistis - Revesery -->

Pilih SNMPTN Mending Idealis Atau Realistis

Pilih SNMPTN Mending Idealis Atau Realistis - Sebelumnya mau bilang selamat sama anak-anak snm karena berhasil katrol nilai rapot sampe akhirnya punya kesempatan buat masuk ptn tanpa jalur tes

SNMPTN Idealis Atau Realistis

tapi yang jadi masalah sekarang, kita harus masukin jurusan sesuai mimpi awal kita atau gimana? kalopun nekat dan ternyata gagal gimana? apa harus masukin jurusan yang kurang diminati tapi kita ngerasa lebih aman atau gimana? abis takut banget buat ngadepin utbk ya gaksie?

aku gatau apa yang bener-bener lagi kalian rasain.. tapi kalo boleh aku simpulin, perasaan dominan di diri kalian saat itu tuh TAKUT, PANIK, BINGUNG, DEG-DEGAN, dan PASRAH😩😩

mungkin sekarang lagi bercabang di otak kalian mikirin jarak, biaya, peluang, dan banyak faktor lainnya.. tapi kalian tau gaksie? perasaan kaya gini tuh cuma bisa dirasain sama orang-orang yang udah siap beranjak dewasa aja🙆🏻‍♀️🙆🏻‍♀️💫

artinya apa? artinya kalian udah bukan anak kecil lagi‼️🧏🏻‍♀️kalian ini udah dewasa, udah mulai tertuntut buat lebih bijak ngambil keputusan, bijak buat nentuin langkah kalian selanjutnya, bijak dalam segala hal yang menyangkut masa depan kalian🙆🏻‍♀️💫

kok ribet banget sih harus tertuntut kaya gitu? lho inget nggak dulu waktu masih kecil pernah punya mimpi mau jadi orang dewasa yang sukses? yauda toh ini salah satu proses pendewasaan tersebut, nikmatin aja ya setiap prosesnya🥰💫🤍

dan kalo ditanya tentang milih jurusan snm mungkin aku mau cerita berdasarkan pengalaman pribadi aku! aku ini dari dulu mau banget jadi dokter gigi😬tapi peluang aku ambil fkg di snm kecil banget. apakah aku ada pikiran buat ambil jurusan yang aku kurang minati tapi merasa aman?

 ada banget! lagian kalo ditanya siap apa ngga ngadepin utbk aku yakin mayoritas sepakat jawab “belum siap”. karna aku belum siap dan ngga akan pernah siap utbk, aku sempet kepikiran buat milih jurusan yang aku kurang minati, jadi intinya dapet kampus aja gt biar ga pusing😣

berhubung waktu jaman aku kalo udah keterima snm ngga bisa coba sbm di tahun-tahun berikutnya.. yang artinya kalo aku udah keterima jurusan yang kurang aku minati aku gakan pernah bisa perjuangin fkg aku di jalur sbm lagi…

mungkin masih ada jalur mandiri, tapi apakah aku akan siap secara mental dan finansial? aku bukan anak yang telahir dari keluarga yang tajir melintir, walaupun papah aku nyanggupin mandiri atau bahkan swasta, tapi aku ngga akan tega ngeliat beliau susah payah ngehidupin keluarga

 Alhamdulillahnya aku berada di lingkungan yang selalu support kemauan aku, tapi di sisi lain ekspetasi mereka ini jadi pressure tersendiri buat aku. atas dasar ini aku jadi bimbang mau pilih jurusan apa di snm😩

karna bingung, aku coba buat solat istikharah😇🙏🏼dan pada saat itu aku ngga tau jawaban dari doa aku itu kaya gimana? apa dijawab apa ngga? karena rasanya masih bingung banget sama semua hal😖

tapi aku rasa dengan aku memberanikan diri buat masukin fkg-ub di snm, itu udah jadi suatu bentuk jawaban tersendiri atas doa aku.

dengan bermodal doa dan kepasrahan yauda aku coba idealis karena aku ngga akan sanggup liat temen-temen aku keterima jurusan impiannya masing-masing sedangkan aku stuck di jurusan yang aku kurang minati

sebenernya ngga perlu kaget lagi waktu buka pengumuman snm karna udah ketebak hasilnya, tapi karna ngga siap utbk aku selalu punya sebercak harapan buat liat warna merah berubah jadi warna biru

aku sengaja jadiin satu hari penolakan itu jadi hari sedih-sedihnya aku sampe mata aku bengkak, karna aku gamau nyisain sedihnya buat besok. pokoknya mulai besok harus ngejar mimpi lagi. karna buat apa toh ditangisin ngga akan ngerubah apapun, cuma bikin lega ajasih ehehe🙆🏻‍♀️💫

pelan-pelan aku yakinin diri lagi buat ngejar sbm, dan Alhamdulillahnya lagi aku dikelilingin sama orang-orang yang super duper baik😩🤍emang kadang kesel kalo lagi capek solusinya cuma disuruh doa, tapi emang tenangnya dari situu cuii

tapi apakah orang-orang yang belum rejeki di sbm itu adalah mereka yang ngga ada usaha dan doa? NGGA GITU DONG KONSEPNYAA!! bisa jadi usaha dan doa mereka malah justru lebih kenceng, Tuhan itu Maha Melihat ya jadi buat yang udah usaha dan doa sungguh-sungguh ngga perlu takut!

banyak kok temen aku yang emang belum rejeki di ptn tapi bisa jauh lebih berkembang ketimbang yang udah keterima di ptn. berkembang apa ngga nya itu tergantung gimana kita bawa diri kita, bukan di mana kita, bukan dari siapa kita.

 kalo ibaratnya kita minta uang 5.000 dan gak dikasih cash tapi malah dikasih celengan, kan pada waktu tertentu celengan itu bisa dibuka dan isinya bisa lebih dari apa yang kita minta di awall🙆🏻‍♀️💫

sekarang gimana caranya kita mandang sisi celengan itu biar bisa kita tuai hasilnya? itu balik lagi ke diri kita, mau terusin usaha buat manfaatin celengan itu dengan usaha buat nabung sedikit demi sedikit atau yaudah terima jadi aja tanpa usaha sedikit pun.

bener-bener klise tapi emang kata-kata “high risk high return” itu bener adanya. kalo kata coboy junior kita harus berani kaya singa buat jadi yang terhebat. dan aku rasa orang dewasa cukup berani buat jadi yang terhebat menurut versinya sendiri🙆🏻‍♀️✨

sukses itu gada patokannya ya! banyak jalur buat mencapai kata sukses. intinya sukses itu berdasarkan usaha, doa, dan ridho orang tua. gausa berpatokan sama satu pola sukses orang. ciptain aja pola kamu sndirii

aku doain yang terbaik buat kalian semua, baik yang eligible maupun ngga eligible. semua orang bisa sukses  dengan caranya sendiri!

Disini aku bakal bahas 2 hal yaitu persiapan aku daftar SNMPTN dan beasiswa yang aku dapet. Kita mulai dari SNMPTN nya dulu lesgooo

Sekilas tentang SNMPTN jadi di seleksi ini para siswa eligible bakal di daftarin sama sekolah buat ikut SNMPTN nah tugas kita tinggal bikin akun ltmpt, masukin sertif dan pilihan kalian. Buat nilainya itu sekolah yang input

Aku bukan ahlinya tapi mau sharing aja hal hal yang menurut aku bisa memperbesar peluang buat lolos, aku bahas 1 1 ya

1. Nilai rapor 

Aku sering liat di base "nilai segini bisa masuk jurusan A ga ya?" Nah sebenernya yang kaya gitu ga bisa jadi pertimbangan, setiap sekolah punya nilai yang beda beda. Di sekolah A mungkin nilai 90 itu ranking bawah sedangkan di sekolah lain bisa rank 1

Gimana dong liatnya? Nah menurut aku kalian bisa liat dari ranking paralel, apakah nilai kalian termasuk tinggi dibanding temen sekolah atau ngga. Jangan bandingin nilai kalian dengan nilai sekolah lain toh beda sekolah pasti beda cara  penilaiannya

Untuk informasi rata rata rapor ku 91,4 dan aku paralel 1, saat aku liat sekolah lain yang nilainya jauh lebih tinggi dari itu, aku ga mikir gimana gimana karna memang beda sekolah jadi ngga bisa dibandingin

2. Alumni 

Menurutku ini faktor paling penting si track record alumni sangat ngaruh buat kita, itu bisa dibilang tingkat kepercayaan PTN ke sekolah kita. Jadi kalau ada alumni di PTN itu, peluang kalian lolos lebih besar

Alumni sekolahku yang masuk ITB ada 1 setiap taun dari 2016, alhamdulillah buat taun ini ada 2 orang yang lolos. Alumninya ngga harus jalur snm ya gais, jalur lain juga berpengaruh selama perkuliahan alumni itu bagus

3. Sertifikat 

Aku nyantumin 3 sertifikat yaitu Juara 3 ISC presuniv, perempat final oktan ITB dan medali perunggu CSO MTK (olimpiade dari Instagram) sertifikat ini bisa jadi penunjang walaupun ga wajib. Sebisa mungkin ada relasi antara sertif dan jurusan yang diambil

Jadi aku realistis atau idealis ? 

Sebenernya aku ada diantara keduanya. Dari dulu aku ingin masuk FMIPA ITB, dulu kepikiran ambil matematika. Alhamdulillah aku bisa jadi rank 1 paralel jadi kemungkinan masuknya lebih besar karna sekolahku bukan sekolah top ...

.. jadi kemungkinan slot buat yang lolos ke ITB tuh cuma 1 siswa, akhirnya aku yakin buat ngejar ITB. Mendekati pendaftaran, waktu Konsul ke BK guru BK ragu kalau aku bisa masuk ke ITB dengan nilai yang segitu, tapi aku yakinin diri sendiri dan tanya tanya ke alumni ttg pilihanku

Kejutan datang dari ITB ternyata FMIPA dipisah jadi 2 FMIPA IPA (astronomi, kimia, fisika) dan FMIPA Mat (Matematika Aktuaria) disini aku mulai bimbang karna alumni ku cuma ada dari FMIPA IPA sedangkan aku mau ke FMIPA Mat. Setelah beberapa pertimbangan akhirnya aku milih

buat oleng ke kimia, selain ada alumni disana, ITB juga nawarin peminatan buat prodi kimia. Jadi di ITB tuh taun pertama kita ga langsung masuk jurusan tapi TPB dulu di fakultasnya nah dengan peminatan ini di taun kedua nanti aku udah pasti masuk prodi kimia.

Respon Lainnya: 
- jujur aku sekarang lagi di titik mau ambil jurusan realistis atau idealis, nilai aku ga begitu besar kak tapi ga kecil juga buat ambil jurusan yang aku mau tapi masalahnya rank 1 eligible mau ambil di jurusan + univ yang  sama kaya aku, takut banget. Aku gamau berharap ke snm tapi disisi lain hampir 75% berharap banget karena takut utbk, aku ngadepin snm sama persiapan utbk itu optimis semi pesismis

- ahhh thanks dah berbagi pengalaman dan jujur ini relate bgt sama yang aku hadapin sekarang🥺 pengen ambil jurusan impian di snm padahal udh tau peluang buat lolosnya makin kecil krna udah ada teman yang rank nya di atas aku yang ambil😭 tapi disisi lain

-  sekarang aku lagi ngalamin hal yang sama, tapi bismillah aku memilih untuk idealis di jurusan yang aku mauu, ngga dapet snm yaudah coba utebekaa, temenin aku sampe utebekaa yaaa belajar kimianyaa

- Jujur sekarang aku di titik terpasrah, dan bahkan aku bermodalkan nekat, karena aku sadar diri nilaiku ga begitu besar untuk ambil jurusan impian, dan rank 1 paralel juga mau ambil jurusan yang sama:

Dan aku cuma berdoa semoga rank paralel sekolah ku engga ambil univ yang udh aku incer hehe:) Definisi pasrah sama SNM tapi belum siap UTBK

- jujur sekarang aku lagi di fase ini dan aku takut bgt soalnya temenku yang rank nya diatasku ngambil prodi dan ptn yang sama kek aku tapi bismillah aku beraniin diri aja dan aku serahin hasilnya ke Allah

- Kita nggak kenal, tapi aku mau ngucapin terima kasih banyak udah sharing ini. Jujur adem banget aku baca ini sampe habis, jadi termotivasi. Semoga segala urusanmu dilancarin sama Allah ya


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>

• Join Grup Team :
Discord Grup ( 12,832 Anggota )