Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley - Revesery -->

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley dan Cara Mudah Bikin Rujukan & Daftar Pustaka Pakai Mendeley.

Dr yang ku tau, msih bnyak pengguna mendeley taunya yang pake pdf aja. Lah, kalo pdf nya g ada gmn? Disini aku bakal bagi2 tips yang ku tau, buat bantu temen2 bikin rujukan & dapus lebih mudah & efisien dg mendeley!!

Sebenernya banyak cara u/ mbantu kita bikin rujukan & dapus yang lebih cepat (g cuman mendeley). Tapi, tetep penting juga u/kita buat “TAU CARA BIKIN KUTIPAN, RUJUKAN & DAPUS YANG BENAR” dulu.

Kalo gasalah sekarang udah gabisa mendeley desktop ga si? Cmiiw. Oya kalo mendeley desktop sama mendeley yg baru bedanya apa aja ada referensi ga kak?

Kalau laptopnya nggak kuat/nggak bisa install mendeley tapi bisa pake ms word, bisa pakai fitur bawaan ms word. Bedanya ya harus masukin manual kayak masukin entry yang ngga ada filenya

D sini mendeley hanya mbantu kita biar nulisnya lbh cepet aja

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley

Mungkin sebagian dri kalian uda familiar pakai Mendeley!! Gak ada salah baca artikel ini, krna mungkin ada tips baru buat kalian atau justru kalian bisa bantu tambahin tips lain yang g ada di artikel ini.

Di sini aku jelasin tips2 ajah, oke??

ATTENTION!! mau bilang klo artikel ini bakal panjang. Untuk pemula, awal adaptasi pake mendeley mungkin bikin lelah. Tapi ntar kalo uda paham cara kerjanya, bakal sat set sat set..

Lbih baik, baca artikel ini sambil praktik

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley

So, kita bakal lgsg ke cara2 nya aja yaa. Tp sebelum itu:

Download: Disini

1. Pastikan mendeley uda terinstall d pc kalian & muncul d MsWord kalian. Gmn caranya? Kalian bisa liat tutorial d yutub, buanyak banget d sana. Akan lebih mudah buat kalian liat d yutub drdp harus ku jelasin di sini.

2. pastikan halaman rujukan kutipan dan dapus ada dalam 1 file/MsWord

Ada banyak tips, kita bahas satu2  langkahnya yaa 😇😇

1. Tentukan dulu style rujukan yang mau dipakai

D word kalian, d bagian References ~ Mendeley Cite-O-Matic ~ Style, kalian bs pilih yang kalian butuhkan. Klo g ada, bisa klik ‘More Style…’ yang paling bawah ato klik ‘Open Mendeley’, biasanya ada pilihannya muncul langsung, klik style yang kalian pilih terus klik 'use this style'

Style yang dimau g ada? Pilih d kolom ‘get more styles’ (spt gmbr), kalian bisa masukkan key word style yang mau kalian pake, klo ketemu klik dan install, tggu, lalu ‘done’. Lihat lg d bagian fitur ‘style’, kalo uda berubah sesuai yang kalian butuhkan, berarti langkah 1 selesai. Next



2. Sediakan file/laman untuk rujukan.

So, biasanya kalian kalau mau kutip pasti ada sumbernya dong? Entah dari artikel jurnal, buku, Koran, majalah, skripsi/tesis/disertasi org lain, website, dsb. Kita kulik satu2 😉

a. File pdf

Kalian bs siapin artikel yang mau d rujuk dg format '.pdf'. Trs kita k aplikasi mendeley kalian, klik add yang ada d pojok kiri atas (bawah file). Langsung pilih filenya, klik open. Ato temen2 bs lgsg drag filenya k mendeley. Tggu mendeley ngimport file, lalu muncul.

Klik filenya, cek lgi dkotak paling kanan. Liat apakah judul, taun, penulis, dll sudah sesuai sama artikelnya. U/ mempermudah ceknya, klik filenya yang di kotak dialog tengah itu 2x bakal muncul seluruh halamannya, tinggal cocokin sama kolom paling kanan deh.

Kalo sesuai berarti aman, kalo gak sesuai gimana? Santai, itu bisa d edit kok. Edit aja sampe sesuai yang seharusnya.

Ada kalanya mendeley g bsa baca pdf yang dimasukkan krna banyak alasan. Itu g penting, yang penting itu bisa d edit. Jgn lupa sesuaikan type artikel yang sdh kalian unggah itu, ini penting karna pengaruh ke tampilan style daftar pustakanya ntar.



Kalo udah, kita balik ke MsWord. Anggap sudah ada 1 paragraf yang udah ada kutipannya, & aku mau kutip di bagian akhir kalimat. Pastikan kursor typingnya terletak di bagian rujukannya nanti.

Lalu klik insert citation, klo kalian hafal judul/penulisnya bs lgsg d search lalu oke, klo nggak, klik ‘Go To Mendeley’, 


setelah muncul aplikasinya, klik file yang mau drujuk, klo yang kalian rujuk ada lbh dri 1 sitasi, tinggal blok semua artikel yang mau di sitasi, baru klik “cite.

Well rujukan bakal muncul langsung sesuai style yang kalian pilih d awal tadi (ini aku contohin pake APA 6th).

Klo nulisnya d awal gmn? Sm aja kok cra nya kyk sblmnya, trs ntr klian bs edit sesuai gaya tulis yang d anut. Makanya di awal ku blg, penting buat kita tau cra bikin kutipan, rujukan & dapus yang bener. Stlh d edit bakal muncul kotak dialog lg, klik ‘keep manual edit’, selesai deh.

Terus dapusnya gmn kk?

Masih di MsWord yang sama, kita ke bagian/bab daftar pustaka. Sama, pastikan kursor typingnya di posisinya, terus klik ‘Insert Bibliography’, ntar langsung muncul deh.

Kalo file pdf nya g ada gimana?

Well, ada cara selanjutnya..

b. Masukkan manual

D aplikasi mendeleynya, ada kotak ‘add’ di bawah kolom file, ada panah ke bawah, klik ‘Add Entry Manually’. 

Bakal muncul kotak dialog, isi sesuai sitasi yang akan kalian rujuk dri type, judul, dll, lalu save. Kalo sudah bisa d rujuk seperti  cara sebelumnya.

c. Pakai file citation yang disediakan

Well, kadang ada aja artikel yang g bisa kita unduh secara gratis artikelnya. Kalo mau artikelnya ya kudu bayar dulu, sedangkan kita kutip cuman jdi 1 kalimat aja. Terus gimana?

Kalian bisa ke google scholar, masukkan judulnya, search, cari artikel yang sm dg artikel yang kalian akan kutip. Klik tanda petik (“cite) yang di bawah, nanti muncul macam2 style dapus. D bagian paling bawah klik yang ‘RefMan’, klo uda kedonlot tinggal import file itu k mendeley aja.

Biasanya klo yang cara ini, kita g perlu cek yang di kolom paling kanan lagi. Soalnya pasti sesuai, tpi kalo kalian pengen nambahin sesuatu, boleh2 aja. Tapi inget, jgn bikin aturan sendiri, tetep sesuai aturan yaa.

Selain scholar, ada lagi nih di PubMed. Setelah kalian pilih artikel yang kalian mau kutip, di bagian paling kanan ada (“cite), klik lalu download. Step selanjutnya sama seperti sebelumnya.

d. Pakai Mendeley Web Importer

Cara ini lbh cepet lg, tutorialnya banyak d yutub. Pastikan mendeley web importernya uda terinstall di firefox/chrome/dll & log in pakai akun yang sama dgn yang ada d aplikasi pc kalian (cari aja tutorial d yutub)

Step selanjutnya gampang, tinggal buka laman yang mau d rujuk, klik logo mendeley yang ada d pojok kanan atas, centang rujukan yang mau d pakai.

D sebelah 'add' itu ada kolom pilihan lokasi penyimpanan rujukannya d mendeley nya, kalian pilih aja mau d simpan d mana. Klo uda, klik 'add'


Setelah di 'add', bisa d klik 'view library'. Kalo uda muncul, kita ke app mendeley d pc kita, klik 'Sync' & tunggu sampe tujukannya muncul.

Bisa lihat di 'recently added', buat lihat file terakhir yang d maskukkan. Klo muncul, berarti sukses.


Itulah beberapa tips yang bisa aku share!!

Tips yang aku sampaikan di atas bisa berguna di berbagai situasi, sesuai kebutuhan dan kondisi.

Misalkan, kita punya buku, sedangkan di laman internet g ada tuh sitasinya. Nah, kita bisa masukkan manual ke mendeleynya, dsb.

U/ cara ngerujuknya ke word semua sama ya, cuman bikin rujukan yang bisa d masukkan ke mendeley nya yang agak variatif..

“Wah, aku salah masukin tahun/penulisnya kurang/dsb nih”. Kita g perlu hapus rujukan yang uda kita tulis d word, kita bisa langsung edit di aplikasi mendeleynya yang di kotak sebelah kanan itu. Klo dah bener, balik ke wordnya tinggal klik fitur refresh, langsung kerubah otomatis deh.

Kelebihan pakai mendeley ini, kita udah g perlu mikir kelengkapan dapus. Selama rujukan yang kita buat semua pakai mendeley, setelah kita refresh maka semua akan muncul dengan rapih.

Kelebihan lainnya, kalo kita ada tugas kelompok buat makalah. Biasanya kan masing2 anggota kelompok  punya bagian sendiri, kalau semua bikin rujukannya pakali mendeley, kita cuman perlu copas bagian bab/paragraph nya aja g perlu copas dapus.

Nanti klo di refresh bakal otomatis muncul semua dapusnya. Meski filenya g ada di pc kita. So yang bagian editor cuman tinggal rapihin font sama estetika nya aja.

Makanya, ajarin temen2 kalian cara pakai mendeley demi mengurangi pening sesama pejuang kampus 😄

Thanks to mendeley sdh membantuku membuat daftar rujukan yg sangat mudahhhh n praktis dr maba 🫶

OPEN DISCUSSION

Sapa tau dari temen2 ada yang mau berbagi tips mendeley lain yang lebih oke lagi, ato ada kesulitan pakai mendeley, ato yang lainnya, kita belajar bareng.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley.


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>

• Join Grup Team :
Discord Grup ( 12,832 Anggota )