Apa Itu Node Dalam Jaringan Blockchain - Revesery -->

Apa Itu Node Dalam Jaringan Blockchain

Apa Itu Node Dalam Jaringan Blockchain Kuliah Jumat - [ Node & Validator] Bang apa itu node ? Node itu berupa komputer penghubung di jaringan blockchain dan fungsi nya jadi titik komunikasi. Kumpulan Node ini jadi infrastruktur yang saling tukeran info secara konstan supaya informasi di Block tetep up to date.

Apa Itu Node Dalam Jaringan Blockchain

Bang cara kerja Node kaya gimana ? Dia bakal periksa setiap transaksi yang ada di setiap Block valid atau engga, Node ini bakal broadcast info nya ke Node lain, kalau kalian liat di explorer suka ada tulisan misal 2 of 4 confirmations, itu dia lagi minta konfirmasi ke Node lain

Bang kalau validator apaan ? Ya, dari kata nya aja udah jelas, tugas nya memvalidasi setiap transaksi. Kalau transaksi nya valid, dia bakal nambahin.

Revesery

Lah Bang terus beda nya sama Miners apaan ? Beda, beda nya ada di mekanisme konsensus nya. Validator dia ada di Proof of Stake, kalo Miners ada di Proof of Work.

Untung nya apa Bang jadi validator ? Kalo Miners, dia bakal dapet reward dari Block Reward. Kalo Validator dia dapet reward dari network fees.

Revesery

Bang aku mau jadi Node Validator bisa ga ? Bisa, ada beberapa blockchain yang ngebuka program untuk jalanin Node. Apa yang harus aku siapin Bang ? VPS, Linux based OS.

Revesery

Bang kok pake VPS ? Pake komputer sendiri bisa ? Bisa aja, tapi kalian tega buat nyalain 24 jam dan bisa jamin itu running 24 jam ? Bang kok pake Linux based OS ? Kebanyakan yang aku temukan itu dev rilis package berupa Linux based.

Bang aku ga ngerti programming gimana dong ? Ga mengharuskan kalian untuk ngerti programming tapi kalian harus familiar sama CLI, Command Line Interface.

Revesery

Ok Bang, aku mau sewa VPS dimana ya ? Harganya berapa ? Banyak VPS lokal yang kalian bisa sewa, contoh di Hostinger atau Exabytes dan ada beberapa yang udah siap pakai, OS tinggal pilih mau pakai apa. Harganya ya tergantung spek dari server.


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 Download ==>>