Cara Running Bot 24 Jam Dengan STB - Revesery -->

Cara Running Bot 24 Jam Dengan STB

Cara Running Bot 24 Jam Dengan STB - Hai teman-teman! Hari ini aku punya tutorial nih tentang cara running bot 24 jam dengan STB HG680P. 

Jadi, ceritanya begini, aku punya STB HG680P bekas Indihome yang aku install Ubuntu Armbian untuk bisa running bot 24/7. 

Nah, STB ini sebenarnya mirip seperti VPS, tapi versi yang lebih murah dan hemat daya loh, cuma 12W aja! Speknya juga nggak main-main, dengan 4 cores Amlogic S905X 28nm, 2GB RAM, 8GB eMMC, Fast Ethernet, WiFi, USB 2.0, dan daya 12V 1A = 12W. 

Aku udah mencoba menjalankan bot selama 12 hari nonstop untuk berbagai aplikasi seperti Hamsterkombat, Blum, Nubitnode, Nillion, dan Memefi. 

Hasilnya, CPU yang terpakai cuma sekitar 20% dan RAM hanya sekitar 800MB. Jadi, asal tau diri aja ya, jangan dipakai untuk node yang butuh spek tinggi. 

Lebih baik beli STB ini daripada VPS murah yang speknya cuma 1 atau 2 vCPU, karena STB ini punya 4 cores dedicated dan bukan KVM, jadi bisa jalan terus sampai STB-nya 'mokad'!

Cara Running Bot 24 Jam Dengan STB

Spek HG680P 4 cores amlogic S905X 28nm, 2GB RAM, 8GB emmc, Fast ethernet, wifi, usb 2.0, 12v 1A = 12W

Tested running 12 hari nonstop untuk bot hamsterkombat, blum, nubitnode, nillion, memefi cpu cuman kepake 20%, gak konstan, ram ±800mb

Kalian bisa pake stb apa aja asal support armbian, tapi saran gw sih pke HG680P indihomo atau Advan AT01/Akari ax810 bekas XL Home, spek hampir sama cuman dia pakai amlogic S905X4 12nm, 16GB emmc, USB 3.0, cocok buat yg mau install ke emmc

1. Untuk firmware bisa cek disini 

2. wajib sudah unlock, klo belum silahkan cari tutor di yt buanyak untuk hg680p

3. Burn ke flashdisk atau sdcard, bisa pakai app BalenaEtcher atau rufus, untuk hg680p prefer sdcard saja karena r/w lebih kenceng, soalnya usb masih 2.0, bebas mau brp gb yg penting kenceng, klo lemot nanti pas pke stbnya jg lemot

Cara Running Bot 24 Jam Dengan STB

3. Klo mau lebih kenceng bisa install ke emmc, cuman umur emmc bakalan lebih rendah karena r/w terus menerus ke emmc, klo boot via sdcard saja emmc lebih awet karena cuma kepake untuk load bootloader, selanjutnya r/w diteruskan ke sdcard.

soalnya klo emmc sudah EOL/mati ya otomatis stbnya mati total

boot bisa lewat terminal emulator, ketik reboot update, otomatis boot sdcard/usb

4. Setelah berhasil boot kalian bisa login langsung via SSH menggunakan putty atau mobaxterm, bisa jg konek ke monitor via hdmi, cuman nanti butuh keyboard ke stb, jadi lebih baik via SSH saja, konek monitor cuman untuk lihat verbose log boot.

Untuk koneksi internet kalian bisa pake ethernet saja pakai kabel LAN, soalnya koneksi wifi dari hg680p ini lemot, klo pke LAN up to 100Mbps, blm gigabit.

Minusnya stb gak bisa diakses dari jaringan luar klo kalian pake ip private, klo punya ip public dedicated bisa akses dari jaringan luar.

Klo kalian mau pake vpn di stbnya bisa pakai wgcf, misalnya stb konek wifi rumah, terus kalian akses bot akun utama pakai ip asli dari isp wifi, tapi pas run bot di stb gak mau ip sama kayak akun utama, meminimalisir banned atau detect ip. wgcf

Jadi, itulah tutorial tentang cara running bot 24 jam dengan STB HG680P. Dengan spek yang mumpuni dan hemat daya, STB ini memang cocok banget untuk dijadikan alternatif VPS murah. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! Terima kasih sudah membaca.


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 Download ==>>