Hal yang Harus Dilakukan saat Kelas 9 agar Tidak Menyesal - Revesery -->

Hal yang Harus Dilakukan saat Kelas 9 agar Tidak Menyesal

Hal yang Harus Dilakukan saat Kelas 9 agar Tidak Menyesal - Jadi sebenernya artikel ini aku khususkan buat angkatan 25 ke bawah, tapi kayaknya kata2ku di sini bikin ambigu jadi banyak angkatan 24 yang minta tag sksksksk

Sebenernya gapapa sih, ga masalah. Tapi ya aku balik lagi ngasih tau thread ini sebenernya utk yang "belum" merasakan kelas 9, supaya ada bayangan apa2 aja yang harus dilakuin. 

It's okay, buat yang angkatan 24 mungkin isi thread bisa kalian pakai waktu SMA nanti :D

Hai, beberapa hari ini ada menfess yang nanyain apa aja yang harus dilakuin pas kelas 9 biar ga nyesel lewat di timeline twitter aku, ada juga yang nanya ke aku sih. So, aku bikin thread ini. Isi thread ini ada beberapa tips dari aku digabung sama tips dari menfess dsb

• Belajar yang bener di semester 5

Biasanya nilai rapor untuk PPDB jalur prestasi dihitung dari nilai semester 1 sampai 5. Nah artinya, semester 5 adalah harapan terakhir kalian untukk menyelamatkan rata-rata kalian :D

Jujur ini bener-bener nampar aku banget sih, makanya aku yang biasanya cuma belajar pas mau ada UH itu jadi lebih ambis di kelas 9 ini. Kalo kalian pikir aku ambis dan rajin dari dlu, jjur itu salah banget.

I believed that I was genius enough makanya aku pikir buat apa ngejar pelajaran ntar juga ngerti. Oh no makin ke sini makin tertampar kenyataan that I'm not that genius kid yang bisa main HP 24/7 tapi nilai >95 semua ... alias nilai kelas 7 dan 8 ku agak ancur sksksksk

• JANGAN buang catatan kelas 7 dan 8 

Ini bakal berguna banget buat nanti US. Dulu aku males banget kalo suruh nyatet pas masih kelas 7 dan 8, isi pikiran aku kayak "Ngapain sih kan ada di buku, ntar ulangan tinggal baca di buku paket kan bisa?" dan sekarang aku nyesel Loudly crying faceBroken heart


Kalo sekolah kalian swasta dan bukunya beli bukan dipinjemin kayak di negeri, mungkin gapapa jarang nyatet juga. Tapi kalo kalian harus balikin buku paket kayak aku, plis jangan buang catetan kalian.

• Jadi siswa yang aktif

Kalo guru nanya misalnya pas zoom, jawab yaa. Absen juga jangan telat guys. Kalo ada materi yang ga ngerti, gas aja tanya ke gurunya. Jangan takut dicap caper, mulut nyinyir mereka ga akan bantu kamu naikin nilai Thumbs up

• Ikut banyak lomba

Ini apalagi buat yang masih kelas 7, kalian masih punya banyak waktu untuk ikut lomba. Sertifnya bisa dipake untuk PPDB SMA nanti soalnya. Jangan nolep pls aku nyesel banget :(

• "Kenapa sih daritadi ngomongin PPDB mulu?"

Kalo kalian mau masuk sekolah negeri favorit, you need to know something. Dgn adanya zonasi, kesempatan masuk sekolah favorit itu mengecil (klo rumah kalian ga deket sm sekolahnya). Bahkan jalur prestasi cuma dapet kuota sisaan aja.


Jangan percaya kata-kata semua sekolah sama aja. Coba tanya ke orang-orang, pasti semuanya juga nganjurin ke sekolah favorit kok. Karena apa? Pasti ada sesuatu "privilege" yang beda di sekolah favorit, entah itu gurunya, lingkungannya, fasilitasnya, atau ... kuota SNM-nya.

Kalo bisa masuk sekolah favorit, kemungkinan kalian lolos SNMPTN lebih besar, ini rahasia umum banget sih. Itulah kenapa bahkan setelah ada zonasi pun sekolah favorit tetep jadi favorit.

"Tapi berlian kan di lumpur pun tetep jadi berkilau!" Hei, tas gucci yang ori kalo dibawa naik ojek bisa dikira kw tau :) Yaa kecuali tukang ojeknya Marc Marquez wkwk ga deng bercanda.

Intinya di sekolah favorit vibe ambisnya lebih berasa, lebih kompetitif pastinya jadi kalian bisa terpacu utk jadi lebih baik. Inget kata-kata klo temenan sama tukang parfum kamu wangi parfum, kalo temenan sama tukang kambing kamu bau kambing.

Pengen banget gasi ketularan ambis dari lingkungan yang study-able kayak gitu? It will be really cool sksksksk


• Cicil belajar dari sekarang

Bukan nakut2in tapi selama kelas 9 aku full belajar dari Senin sampai Minggu. Libur Desember kemaren pun aku ngejar materi US karena keteteran bgt banyak yang ga ngerti pas kelas 7 dan 8. Keluargaku sampe heran karena aku anaknya aslinya santuy bgt.

• Harus mulai punya bayangan mau kuliah di mana atau kerja di bidang apa

Ini penting supaya kalian ga salah jurusan IPA/IPS/Bahasa nantinya. Kalo kalian bingung nentuin mau jurusan apa di SMA, kalian bisa mulai dgn ngebayangin nantinya mau kuliah di bidang apa, soshum/saintek.

Gapapa kalo kalian belom tau pastinya nanti mau ngincer jurusan apa pas kuliah, aku juga sampe skrg masih gonta-ganti jurusan kuliah yang aku mau (terakhir ganti dari ilkom ke manajemen). At least kalian tau kalian tuh lebih condong ke jurusan-jurusan di rumpun soshum atau saintek.

Jangan berpikir IPA bisa masuk semua jurusan di kuliah nanti. Emang bener, IPA bisa linjur ke soshum, tapi dari semua testimoni kakak-kakak yang linjur aku ga menemukan satu pun yang bilang linjur tuh gampang.

Juga jangan masuk IPS karena ga mau ngitung2an. Ada ekonomi juga guys soalnya, jadi ya ujung-ujungnya ngitung juga.

Jangan dengerin kata orang yang suka nyinyir bilang jurusan IPA lebih "pinter" dari IPS. 2 ilmu ini saling melengkapi kok, IPA dan IPS sama-sama dibutuhkan. Mau masuk IPA atau IPS kalo kamu rajin belajar juga tetep bisa keren dan hebat kok guys.

Last but not least, sebuah reminder buat kita semua. Hidup jangan terlalu banyak denger kata orang, mereka ga peduli nantinya kamu 3 tahun ngerasa salah jurusan, mereka juga ga bakal peduli kalo nilai kamu agak turun karena pasif di kelas.

Orang-orang yang komentarin kita ga akan peduli sama mimpi2 yang kita kubur demi "nurutin" standar sosial orang-orang, mereka ga peduli kesalahan-kesalahan kita yang disebabkan karena terlalu mikirin omongan mereka. Be yourself, listen to yourself.

by lalalareveuse

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Stay terus di Revesery.com karna akan ada update lainnya
Download ==>