8 Kesalahan Selama Persiapan UTBK dan Ujian Mandiri - Revesery -->

8 Kesalahan Selama Persiapan UTBK dan Ujian Mandiri

8 Kesalahan Selama Persiapan UTBK dan Ujian Mandiri - kalau aku buat thread ttg kesalahan" aku selama persiapan ber-UTBK, ada yang mau ngga? 

apakah kamu tahu? Saat ini, ada tiga jalur masuk perguruan tinggi, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) atau sekarang UTBK melalui Tes Tulis Komputer dan Jalur Masuk Mandiri. Bagi calon mahasiswa baru, penting untuk mengetahui jalur masuknya.

8 Kesalahan Selama Persiapan UTBK dan Ujian Mandiri


Meskipun ada berbagai cara untuk masuk ke perguruan tinggi, sebagai calon mahasiswa, kamu harus siap dan mampu mempersiapkan diri dengan baik. Dengan melakukan persiapan sebaik mungkin, kamu akan lebih siap dan percaya diri saat memasuki perguruan tinggi.

kamu harus belajar lebih banyak dengan melakukan latihan. Semakin banyak soal latihan yang kamu lakukan, semakin dalam materi yang kamu pelajari.

Agar kamu lebih siap untuk kuliah, kamu harus menghindari 8 hal ini. Jangan sampai kamu melakukan hal ini dan gagal masuk ke universitas impian kamu.

Kesalahan waktu mempersiapkan UTBK dan ujian mandiri

1. cuma terpaku sama SATU kampus dan SATU jurusan yang aku kepengen bgt dari dulu.

karena hal ini, aku jadi kurang research tentang kampus dan jurusan lain karena aku bersikap “bodo amat” I just

to accept at PTN X jurusan Y yang di mana menurut aku ini salah banget because it will ngebuat lu jadi ngga punya plan yang lebih jelas gmn nanti kedepannya.

2. nyatet materi yang NGGA PENTING atau nyatet materi yang udah paham

I THINK that doing this thing is the dumbest thing that

I’ve ever did karena sangat amat membuang-buang waktu. for instance, aku nyatet materi ttg pelajaran kelas 7 SMP (contoh materi kelas 7 SMP yang relevan sama UTBK tuh kyk diskon, besar sudut, luas dan keliling bangun datar, dsb) padahal aku tuh udah “khatam” gitu di situ tapi dgn

bodohnya ttp aja aku catet dgn alasan biar runtut belajar UTBK-nya:) dan karena hal ini buang” waktu, jadi aku bknnya FOKUS ke materi yang aku ngga bisa tapi malah NGULANG materi yang aku emg udah bisa.

3. “ngga jujur” 

menurut aku ini adalah salah satu hal penting yang kamu perlu

lakuin. jadi, dulu ada org (ya skrg masih ada sih orgnya) dan skrg dia udah jadi maba yujiem. nah, aku satu grup belajar sama dia dan di grup itu tuh byk yang nge-share kyk e-books gitu kan and then dia tuh nanya gini “ini ebooks legal or not ya?” dan aku di situ kyk “apaan dah??

takut ditangkep polisi kali kalau e-books-nya ilegal” and now I feel guilty because aku rasa KEJUJURAN dia dlm memakai buku” yang legal itu scra tidak langsung menghantarkan dia ke gerbang yujiem. moreover, PENTING utk lu ngga nyontek atau nyari bocoran UTBK. bcs I did that and now

aku ngga lulus sedangkan si “org itu” dpt krna kemungkinan besar dia tidak berusaha mencari bocoran” soal UTBK.

4. beli BUKU mahal” tapi NGGA DIPAKE

aku hrsnya bersyukur karena aku dpt resources buat belajar UTBK yang mungkin org” aja susah gitu mau beli buku buat persiapan UTBK.

so, kamu bnr” harus manfaatin semua resources yang kamu punya semaksimal mungkin. kalau kamu  (cuma) punya buku wangs1t ya kamu hrs maksimalin pemakaian buku itu.

5. NGASAL MILIH PTN DAN JURUSAN BUAT PILIHAN 2

itu aku capslock semua karena emg bodoh bgt”an dan ini juga berkaitan sama poin

nomor satu. karena aku udah jelasin di poin pertama kalau aku kurang research ya jadinya pas daftar UTBK bagian miliih PTN dan jurusan, aku ngasal aja gitu karena SAKING GATAU apa” tentang jurusan lain. pil 1 dan pil 2 aku dua”nya ketat dan pada waktu itu aku mikir “ah org pil 2

daya tampungnya byk” iya sih banyak tapi peminatnya bejibun dan ketat:). kalau kata aku mah mending kamu research sebyk-byknya biar hari-h pas pemilihan PTN dan jurusan kamu ngga kelabakan sendiri.

6. “MENDEKATKAN” diri sama Tuhan karena ada maunya

jelas maunya itu ya pengen

keterima di PTN dan jurusan yang aku pengen. jgn pernah lupa kalau Tuhan itu mengetahui apa yang ada di pikiran dan hati manusia. jadi maksud aku tuh Tuhan tahu mana hambanya yang emg pengen lebih dekat sama dia atau karena ada maunya. coba kamu “mendekatkan” diri sama Tuhan tuh karena

emg kamu bnr” pengen dekat gitu (terlepas nantinya keterima atau ngga) karena kalau ngga kyk gini, ketika AMIT” kamu tidak diterima maka kamu akan kecewa bgt”an dan mungkin kamu  akan menyalahkan Tuhan nantinya apabila kamu gagal.

7. ngga coba ikut ujian mandiri karena alasan yang aku buat” sendiri

what’s that mean? JELAS aku ikut ujian mandiri tapi aku tidak memaksimalkan kesempatan yang aku punya dgn maksimal. long short story, aku tidak ikut UM dari PTN X karena udah ketakutan duluan sama pergaulan di sana

padahal kalau dipikir-pikir kyknya not too bad deh siapa tau aku ttp bisa survive gitu di sana dan satu cerita lagi, aku ngga daftar di PTN Y karena aku meragukan potensi diri aku sendiri. jadi ujian mandirinya itu bikin essay kan sedangkan aku ga pernah buat essay jadinya aku

mikir ngga bakal lolos duluan or in other words “kalah sebelum berperang”. PADAHAL kalau aku nyoba siapa tau gitu aku keterima:’).

8. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN
Siapa yang masih santai dan menantikan SNMPTN? Terlalu percaya diri dengan hasil SNMPTN akan membuat kamu mengabaikan dan tidak mempelajari materi UTBK. Mulai belajar setelah SNMPTN diumumkan akan mengurangi persiapan kamu untuk lulus UTBK.

Padahal, kuota kapasitas untuk setiap proyek di jalur SNMPTN telah ditetapkan, hanya  20% ​​dari total kapasita. Oleh karena itu, jangan hanya mengkamulkan SNMPTN saja. Walaupun transkrip kamu bagus, kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk UTBK.

Di antara beberapa kesalahan dalam mempersiapkan UTBK SBMPTN di atas, apa yang sedang kamu lakukan saat ini?  kamu bisa mulai mengembangkan kebiasaan baru dengan belajar secara mandiri ya

ok sekian dan terima kasih yang udah mau baca. aku harap kesalahan" aku bisa jadi pembelajaran buat kita semua


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>