Cara Menjadi Notaris PPAT Tahapan Proses Sekolah di Indonesia - Revesery -->

Cara Menjadi Notaris PPAT Tahapan Proses Sekolah di Indonesia

Cara Menjadi Notaris PPAT Tahapan Proses Sekolah di Indonesia  Perkenalan dulu ya buibuk, bapack n kawan2 semua :)

NOTARIS DAN PPAT adalah dua jabatan yang berbeda namun dijalankan oleh satu orang.

Cara Menjadi Notaris PPAT Tahapan Proses Sekolah di Indonesia

Jadi, kita akan bahas proses mejadi Notaris terlebih dahulu.

Oke ya.. okeee ???

Nomor 1. untuk lanjut kuliah profesi Notaris, kalian harus sudah lulus S1- Ilmu Hukum. Trserah klian ngambil konsennya di jur apa, baik perdata, Pidana, HTN, HAN, Hk.Internasional, Humas/ lainnya yang ada FH klian

Mis: aku s1 ngambil jur HAN (Hk. Adm Negara)

jadi ga hrus jur  H. Perdata ya temans

Tp lebih baik sih jur. Perdata biar kalo blajar nyambung dan ga bingung kalo ditny 1338 BW apa, 1320 BW apa dll. karena memang banyak belajar tentang keperdataan, hk. Perusahaan, waris, pajak dll.

Aku nih karena asalnya dr HAN jadi kudu belajar lg alias ngulang2 belajar pdt yang basicnya cuma tau tipis2

Nomor 2. setelah selesai S1 Hukum, kalian kudu nglanjutin s2-Magister Kenotariatan. Umumnya pd slesai 2 taun (bs lbh cepat bs lbih lama, alias trgantung di klian )

Kuliahnya jujur ga capek. kalau dibandingi proses setelah tamat

Tp apapun proses ttp kudu djlnkan demi mnjadi Pejabat Umum

Jadi, Notaris adalah pejabat umum yg berwenang untuk membuat akta autentik dan memiliki kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dlm UU lainnya (kurleb begini isi dr pasal 1 angka 1 UUJN).

Nanti yang berminat jadi Notaris boleh download UUJN trs coba baca2 dan dalami pasal/pasal

Nomor 3. Oke tamat ya kuliah Magister Kenotariatannya dengan gelar M.Kn

Contoh: Dara Ayuwi, S.H., M.Kn

Apakah setelah tamat kalian akan langsung buka kantor ??

Oh tentu tidak sayang..

setelah tamat & dpt ijazah klian itu harus mndaftar & ikut Ujian ALB INI.

Dimana ikutnya ?

Kalian bisa mnunggu pngumuman dr Pengda INI stempat. Biasanya dilaksanakan di bulan Feb, Mei, Agt, & Nov

Apakah ujiannya sulit?

TIDAK! kalo kalian belajar

setelah lulus Ujian ALB apakah kalian sudah bs buka kantor?

Belom jugaa sayang

Kalian harus register dulu di web INI, gimana caranya? 

Panjaaangg ...!!!

Intinya kalian isi biodata diri, byr uang register 2,5jt (pakai billing), naah nnti dapat tuh nomor ALB.

Apa kegunaan No. ALB? 

No ALB sebagai tanda bahwa kita sudah terdaftar sebagai Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia.

No.ALB biasanya digunain untuk magang, magang bersama, Uken dan terkadang juga seminar2.

Siap2 keliling kota mencari poin dan ikut ujian

Nomor 4. setelah jadi ALB INI

Kalian wajib Magang slma 24 bulan brturut2 pd kantor Notaris.

Apakah magang blh bebas dmn saja? Dkantor siapa sj?

Biasanya Notaris pnerima magang adlh notaris yang sudah di tetapkan oleh Pengwil INI stempat. Notaris penerima magang harus yang sudah brkantor min. 5 thn.

FYI!

Pengda INI = Pengurus Daerah INI

Pengwil INI = Pengurus Wilayah INI

PP INI = Pengurus Pusat INI

Jadi anak magang check

Nah selama magang kalian ikut turut serta dlm proses/pembuatan akta. Di magang inilah kalian bener2 belajar alias ditempa untuk nntinya siap buka kantor.

Siap mental tentunyaaa ya shaay, biar ga kaget kalo ketemu klien

Nah, apakah selama 24 bulan itu hny magang sj?

TIDAK

selama magang itu di setiap semesternya alias 6 blan skali kita akan ikut yang namanya MABER aka Magang Bersama.

Ada Maber 1

Ada Maber 2

Ada Maber 3  

Ada Maber 4

Smuanya kudu kita hadapi & lewati, tentu dgn senyuman dong

Magang bersama itu apa?

Ibaratnya Evaluasi.

Nah gitulah yaa..

jadi materi setiap semester itu beda2.

Susah ga??

Intinya BELAJAAAARRR !!!

Karena ada ujiannya juga ditiap semester

jadi, jangan malas belajar, rajin2 upgrade ilmu


yang mau tny2 silahkan drop pertanyaan. 


Disini aku cuma mau sharing, bukan mau ngajari atau apalah.

Nomor 5. Oke ya kita close untuk MABER nya.

Selama magang 24 bulan itu kita jg harus mengumpulkan sebanyak 18 poin diseminar2

Terdiri dr seminar poin yang di adakan oleh Pengda, Pengwil dan PP

Fyi,.

Pengda 2 poin

Pengwil 4 poin

PP 6 poin

Siap2 menabuungg shayy


Nti kalian boleh random ikut seminar yang mana aja yang pnting total seluruh 18 poin yang mencankup dr ketiga penyelenggara itu


Mis: aku ini ya temans,

Skrg aku sudah pny 3 sertipikat pengwil yang msing2 4 poin, kalau di jmlh jadi 12 poin

Dan, 1 sertipikat pengda yang  berisi 2 poin.

Kalo di total berarti aku sudah punya 14 poin.

Masi kurang 4 poin kan ?

Nah, kita cek ya:

Pengda

Pengwil

PP ?

Krena seminar PP yang 6 poin aku blm dpt, jadi aku harus mengejar yang 6 poin tsb yang diselenggarakan oleh PP INI.

Doakan aku dpt kuota seminar PP ya guys

Loh poin nya kan uda 14 belas.. kalau ditambah 6 kan jadi 20 poin.

Gpp lebih, kurang yang jangan karena itu merupakan syarat untuk kita ikut UKEN !

UKEN itu apa? Nnti dijelasi yaa

Sabaaaarr

Seminar2 tsb biasanya blh kita ikuti di kota/ kab tmpt kita tinggal. Intinya kalau pengda/pengwilnya memang nylenggarain ya.

Tapi biasanya nyelenggarain kok

jadi tenang aja kalau ada yang ga  pengen seminar klr kota

Mau ikut seminar keluar kota?

Boleeeehh banget.. 

knp boleh? karena kita bs ketemu ama alumni2 MKN lainnya dr berbagai daerah dan kmpus pastinya trs bs sling share2 informasi gitu.

karena temen2 dr sgl penjuru jgbyang bs info ke kita ada seminar apa di pengda/pengwil mereka.

Oke bahas seminar, pasti ada biayanya doong yaaaa

Oh tentu jelaass adaa..

Penasaraaann ????

Kasi tau jangan ?

Biaya seminar itu rate dari 350rb - 800rb / bhkan sejutaan jg ada. Trgantung materinya apadan penyelenggaraannya. 

Apakah smua itu ada paksaan untuk mngikuti?

Tidak!!

Kita tdk dipaksa untuk selalu ikut seminar. 

Smua tergantung dikitanya.

Sdah cukupkah poin/ blm, prl ikut atau tdk

Smua trgantung di kitanya ya temans

kalo lg ada rejeki mgkn bleh ikut, kalau lg seret ya bleh lah tunda dl.

Kan ngejar poin ini slma magang 24 bln, jadi bs selo2 sikitlah


Pengen ikut yang dlm kota aja ga yang luar kota? Boleh. Bebas.


yang pntg 18 poin trpenuhi sebagai syarat untuk ikut UKEN.

350rb yang ak bilang itu karena aku baru ikut seminar yang di adakan oleh pengda dgn nilai 2 poin

untuk yang pengwil biasanya rate 500an rb

Kalo PP mgkn bs sejutaan

So, slain magang kita jg kudu nabung y temans. 

Diseminar kita ngapain?

BELAJAR!

Ilmu kudu trs di upgrade dong sayang !

"Ada hasil yang luar biasa dibalik proses yang panjang"

Itu yang selalu aku tanam dlm hati dan pikiran.

jadi, ya dinikmati aja prosesnya. 

InsyaAllah akan buka kantor pada waktunya

Aamiin

Nomor 6. Uda magang 24 bln, uda maber, uda kumpul 18 poin

Trs apalagi ???

UKEN !

Ujian Kode Etik Notaris

Gimana ujiannya?

Susah ga?

Jelas tidak!!

Kalo kalian Belajar !!

Baca, pelajari & pahami

KODE ETIK NOTARIS 

karena apa? Itu pedoman kita selama mnjabat sebagai Notaris❣

Sedikit info dr senior2 yang uda dluan UKEN.

Kudu hafal:

Hymne INI dan naskah sumpah jabatan

Kalo yang rajin ikut seminar pasti hapal hymne

Yang lainnya? Tetap dipelajari dan dipahami ya guys.

BELAJAR, pahami setiap pasal/ pasal UUJN dan kode etik

Dan semangaaatt !!

Kelar UKEN apa uda bs buka kantor?

Belom..

Sabar..

Dikit lagii...

jadi apalagi prosesnya??

Wait yaa...

Ntr disambung lagi

Nomor 7. UKEN uda yaa..

Uda paham kan?

Nah.. kelar UKEN kita akan ketemu lagi ama yang namanya PPKJN

Apatuhh??

Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris

Wajib gak?

Ya wajiiiblah..

Ini itu proses terakhir sebelom  pengangkatan menjadi Notaris alias Sumpah Jabatan Notaris.

PPKJN ini diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Kpn di adakan?

Tunggu ajaa,

Rajin2 cek web yang pastinya dan sering2 jg sharing ama temen2 ALB INI selindo

Kuota ini kuota rebutan selindo ya guys..

jadi siapa cepat dia dapat

Terus apa lagi?

Ambil semua berkas persyaratan lalu ajukan permohonan pengangkatan Notaris ke Kemenkumham

Tunggu SK, lalu Pelantikan dan Pengangkatan Sumpah

Buka kantor deeehhh

Apakah dgn Buka kantor uda beres ???

Belom shaaayyy

Ada syarat lg yang harus dipenuhi demi kelancaran administrasi perkantoran kita nantinya\

Apa aja ituuu???

Bentar

otw jalan k rumah dlu

Uda kenyang jajan gorengan nih

Kelar pengangkatan & sumpah, Notaris wajib mlaksanakn tugasnya secara nyata

Trs wajib ngasi berita acara sumpah,  contoh tanda tangan, paraf, cap Notaris, alamat kantor ke walikota/ Bupati, PN, majelis organisasi, menteri, dan mpd

Detailnya coba buka UUJN pasal 7

Itu baru Proses NOTARIS

BELOM PPAT

Proses PPAT berbeda dgn Notaris.

Kok beda???

Ya bedalaahh

Kementeriannya saja uda bedaa

Notaris = Kementerian Hukum dan HAM

PPAT = Kementerian ATR/ BPN

Sekian Cara Menjadi Notaris Proses Sekolah di Indonesia

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Revesery.com

Revesery.com

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi terus Revesery.com karna ada update setiap hari.

Download ==>