Cara Membuat Surat Pernyataan Esai PPKB UI - Revesery -->

Cara Membuat Surat Pernyataan Esai PPKB UI

Cara Membuat Surat Pernyataan Esai PPKB UI- Nah, sekarang kita bahas tentang cara membuat surat pernyataan esai PPKB UI. 

Sebelumnya, ini artikel pertama aku nih, jadi maaf ya kalo ada kata atau kalimat yang kurang pas, dan maaf juga kalo ada yang disingkat biar singkat ehehe. 

Semoga mudah dipahami dan bermanfaat ya ^^

Pas kita nulis esai, kita harus bisa gambarin kepribadian kita, minat kita, nilai-nilai hidup kita, pengalaman kita, dan pandangan kita. 

Jangan takut buat nambahin humor di tulisan kita biar enggak terlalu kaku. 

Kalo kita punya beberapa komunitas, kegiatan sosial, atau ekstrakurikuler, bisa banget ceritain kegiatan kita di komunitas itu dan peran kita di dalamnya.

Jangan lupa juga sebutin kursus atau kegiatan non-akademik lainnya yang nyambung sama program studi yang kita pengen. 

Ini menunjukkan minat kita dalam esai yang relevan. Terus tulis juga alasan kenapa kita milih kampus ini sebagai tempat belajar kita.

Kita bisa gambarin mata kuliah yang kita minati, lingkungan sosial di kampus, lokasi kampus, dosen-dosennya, atau sejarah yang mempengaruhi pilihan kita. 

Kita usahain hindarin kata-kata kasar pas nulis esai kita. 

Dan tentunya, pake tata bahasa yang baik buat nunjukin bahwa kita siap kuliah.

Cara Membuat Surat Pernyataan Essay PPKB UI

Versi 1:

Cara Membuat Surat Pernyataan Essay PPKB UI


Versi 2:

Cara Membuat Surat Pernyataan Esai PPKB UI

Esai PPKB UI

1. Menyiapkan alat tulis

Sebenarnya kalian boleh bebas pakai kertas apa aja, tapi aku saranin dgn kertas folio bergaris ya. Kalian bisa kasih garis jarak 1,5 cm untuk sisi kanan & kiri dgn pensil biar bisa diapus stlhnya. Menulisnya menggunakan pulpen tinta hitam yg jelas warnanya

2. Sebelum nulis harus RESEARCH dulu 

Hal penting yang harus kalian cari tau adalah tentang jurusan yang dipilih dan UI nya sendiri. 

[ Research UI ]

• harus tau hal apa yang buat kamu pengen bgt kuliah di UI?

• pahamin 9 nilai UI

-Kejujuran

- Keadilan

- Kepercayaan

- Kemartabatan

- Tanggung jawab dan Akuntabilitas

- Kebersamaan

- Keterbukaan

-Kebebasan akademik

-Kepatuhan pada aturan

[ Research Jurusan ]

• cari tau nanti akan mempelajari apa?

• cari tau nanti kedepannya jurusan itu akan berguna untuk apa?

• cari tau jurusan itu di UI tuh kayak gmn? (akreditasi/prestasi/dll)

• harus tau nama jurusannya yang benar dan termasuk ke fakultas apa di UI

3. Mencari referensi

Tujuan cari referensi biar kalian tau bagaimana cara menulis dan menyusun sesuai struktur/pola serta bentuk kalimatnya.

Kalian bisa mencari dari berbagai sumber, termasuk artikel ini. Dulu aku coba cari di google ga nemu yang pas dan twitter ga ada.

Terus nonton youtube ada byk bgt video tips nya, tp yang mudah dipahami & ku rasa terpercaya ini (https://youtu.be/B3cc3wZvIlw)

4. Waktunya menulis yang rapih

Contoh Essay Esai PPKB UI

SURAT PERNYATAAN 

Saya yang bertkamu tangan di bawah ini :
Nama : Nama Kamu
Tempat tanggal lahir : Jakarta
Asal sekolah : SMA Negeri X Jakarta 

Dengan ini menyatakan bahwa saya mengikuti proses seleksi penerimaan mahasisua baru di Universitas Indonesia (UI) melalui PPKB S1 Paralel dengan Program Studi (prodi) yang saya pilih yaitu Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 

Alasan saya memilih prodi Fisika karena akan banyak melakukan ekspermen atau praktik di samping teori dasar Fisika yang harus dikuasai. Dalam hal ini, sangat bermanfaat tentunya bagi saya pada masa yang akan datang karena lulusan Fisika mempunyai prospek pekerjaan yang luas, yaitu dapat berkarier baik di akademisi maupun di perusahaan. 

Saat di sekolah, saya menyukai ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KTR) karena dengan mengikuti kegiatan tersebut, saya dapat belajar tentang banyak hal yang berkaitan dengan pelajaran Fisika dan alat-alat teknologi. Pengalaman saya parnah mengikuti perlombaan Roket Air antar KIR SMA / sederajat pada tahum 2018 dengan meraih Juara 3. Salain itu, saya juga pernah berpartisipasi dalam merancang pembuatan Robot Mini di acara KIR antar SMA 

Dengan menyukai kegiatan eksperimen Ilmiah tersebut, saya menjadi termotivasi dan meluangkan waktu lebih banyak untuk memperdalam lagi ilmu Fisika, di mana saya juga suka berpikir kritis dan bersemangat dalam menyelesaikan soal - soal rumit. 

Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya dan keluarga apabila saya mendapatkanan kesempatan untuk kuliah di prodi Fisika FMIPA UI karena termasuk salah satu prodi Fisika terbaik di Indonesia. Saya juga ingin seperti kakak saya yang sedang kuliah di jurusan Kimia FMIPA UI. Semoga cita-cita saya bisa tercapai. Demikian surat permyataan ini saya buat dengan sebenar- benarnya sebagar bahan pertimbangan dalam mengikuti seleksi PPKB S1 Paralel untuk prodi Fisika FMIPA di UI. 

Jakarta, 3 Maret 2021

*NOTE: Jangan Copas Mentah2, Harus di Edit Sesuai Jurusan kalian yaa

Kalau kalian sudah siap tau mau tulis apa aja, perlu diperhatikan beberapa hal :

- Membuat kalimat harus secara efektif (jgn ada pengulangan kata yang berlebihan)

- Penulisan jurusan & fakultas harus benar

- Penulisan harus sesuai kaidah EYD/PUEBI

- Jangan typo (walaupun discan ga keliatan, tp harus perlu hati-hati

- Jangan disingkat (kecuali memang singkatan), contoh "yang" ditulis "yg"

- Pemilihan kata harus yang benar dan baku

- Disarankan subyek nya menggunakan "saya" karena lebih takzim daripada "aku"

Pembukaan 

Tulis judul SURAT PERNYATAAN di tengah. Selanjutnya biodata singkat isinya nama, tempat, tanggal lahir, NISN (optional), dan asal sekolah. Terus kalimat pernyataan kamu ikut jalur PPKB & mau jurusan apa. Kamu boleh tulis secara lengkap dlu yg nnt akan disingkat yaa.

Isi

Boleh diawali dengan latar belakang jurusan/UI atau langsung menjelaskan alasan pemilihan jurusan nya dari hasil research tadi.

Bisa juga menceritakan diri dan pengalamanmu yang berkaitan dengan jurusan yang dipilih.

Tips Isi: 

Sebisa mungkin membuat kalimat yang jelas, efektif, dan menarik perhatian UI. Tunjukkan tekad dan semangat kamu emang pantes diterima dan jadi maba UI. Dari 9 nilai UI, boleh cukup buat kalimat tersirat yang bermakna tersebut.

Penutupan 


Sebelum penutupan, tulis kalimat rasa hormat dan harapan kalian agar diterima UI. Terakhir kalian tulis lagi pernyataan ikut PPKB. 

Terakhir tulis tempat dan tanggal pembuatan surat pernyataan/essay, dilengkapi tkamu tangan dan nama lengkap kalian.

5. Scan essay ppkb yang benar dan lurus 

Kalian bisa scan menggunakan aplikasi Notebloc, CamScanner, Adobe Scan, dll. Sebisa mungkin sehalaman full kelihatan jelas dan lurus.

Setelah itu bisa disatukan juga dengan scan berkas yang lain ke dalam satu pdf, urutannya :

1. Profil awal biodata rapot

2. Rapot smt 1-5 yang sudah dilegalisir (guru BK aku suruh nilai pengetahuan & keterampilan)

3. Surat pernyataan

4. Sertifikat (optional, jika tidak punya gpp)

Kemudian submit filenya sesuai ketentuan di web nya. Dulu aku "DokumenPendaftaran-Nodaftar" 

Selanjutnya selesaikan biaya pendaftarannya ya, dlu aku 850k sekarang jd 750k. Bukti pendaftarannya disimpan aja sendiri karena ga disuruh submit, kalau udh bayar jg ketauan ada tkamunya.

Terakhir kalian tinggal tunggu aja dan berserah diri ke Allah pokoknya sering2 banyakin doa dan ibadah yaa. Saranku kalo udh lengkap dan penutupan pendaftaran semuanya jangan buka webnya yaa.

*update terbaru: 

ini ada contoh dari Esai PPKB UI, yang mungkin bisa menjadi referensi lain: 

Cara Membuat Surat Pernyataan Esai PPKB UI

Tutorial Lain: 

Berikut strukturnya Membuat Surat Pernyataan Esai PPKB UI:

Paragraf 1: perkenalan diri

Paragraf 2: alasan memilih UI

Paragraf 3: alasan memilih jurusan

Paragraf 4: jika diterima

Paragraf 5: penutup

1. Perkenalan Diri

Dalam paragraf ini, kamu perlu menuliskan data diri seperti nama, tempat dan tanggal lahir, asal sekolah, serta alamat. Contohnya adalah sebagai berikut:

2. Alasan Memilih UI

Nah paragraf kedua ini kamu uraikan apa sih alasan kamu memilih UI. Apa yang membuat kamu memantapkan diri untuk mendaftar UI dan bukan PTN lain. Contohnya seperti di bawah ini

3. Alasan Memilih Jurusan

Nah dalam paragraf ini sebisa mungkin kamu tunjukkan keunggulan kamu yang bisa jadi alasan untuk daftar di jurusan tersebut, misalnya kalau daftar akuntansi karena kamu mampu berpikir secara matematik, daftar Ilmu Komputer karena memang sedari kecil biasa mengotak-atik komputer ataupun misalnya daftar rumpun ilmu kesehatan karena ingin meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, atau ruang lingkup kerja yang luas.

4. Yang Akan Dilakukan Jika Diterima

Nah di paragraf keempat ini kamu jelaskan apa kontribusi yang akan kamu kasih ke UI, ke masyarakat, dan ke diri kamu sendiri setelah lolos PPKB. Contohnya untuk jurusan akuntansi bisa dilihat dibawah ini.


5. Penutup

Paragraf ini berisi pernyataan dimana kamu memang menulis essay secara sadar dan tanpa paksaan, misalnya seperti ini

Nah, yang terakhir jangan lupa untuk menulis tempat dan tanggal pembuatan essay lalu ditandatangan ya, Sob.

Catatan: tidak wajib menggunakan materai.

Untuk menjaga-jaga persiapin diri juga buat UTBK okeyy semangat!!!

Aku harap kalian bisa pahamin artikel ini, kalo mau butuh bantuan koreksi bisa tanya guru/ortu. Usahain buat sendiri ya jgn joki. Inget jg kalo nemu referensi yg sama dgn jurusan dipilih jgn dicopas yaa.

kalau ada yg masih ingin ditanyakan bisa comment ya terbuka buat bantu kalian^^

Yuk, kita bantu share artikel ini supaya bisa bantu pejuang PPKB lainnya juga, ya! Semoga sukses buat semua yang mau daftar PPKB UI. Ayo semangat!

Sekian Cara Membuat Surat Pernyataan Essay PPKB UI.


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

1 Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 *Join Discord Disini

Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>