Cara Menentukan Judul Skripsi Yang Baik Dan Benar - Revesery -->

Cara Menentukan Judul Skripsi Yang Baik Dan Benar

Cara Menentukan Judul Skripsi Yang Baik Dan Benar - Ngonten lagi lah yak meskipun pendek aja, biar ni akun tetep idup wkwkwk

Aku nulis judul artikel ini How to Judul Skripsi, tapi sebenernya ini bisa juga dikasih judul How to Ide Penelitian. Mikirin judul buat skripsi bagi beberapa orang tu sat set das des muncul gitu aja.

Tapi buat beberapa orang itu adalah hal yang sulit, sulit banget malah. Makin dipikirin makin gadapet. Udah kaya nyari gunting kuku pas lagi mau dipake.

Cara Menentukan Judul Skripsi Yang Baik Dan Benar

Beberapa kali juga ada yang nanya ke dm, ada saran judul nggak? Ada saran objek nggak? Ada saran pake approach apa nggak? dsb. Maap2 ni yak, jujur kitanya juga bingung kalo ditanyain begitu.

Selain amit2 ntar jadi susah di kalian trus kita yang disalahin, kita juga bukan ahlinya ahli yang tau segala hal. Jadii jujur agak susah juga buat jawabnya.

Nah, buat kalian yang masih masa2 bingung mikirin judul atau yang baru mau mikirin judul, di artikel ini aku mau bagi sedikit cara yang aku gunain dan pelajarin soal judul2an ini. Semoga bisa bermanfaat buat kalian meski cuma dikit.

Btw, ini udah pernah aku omongin juga di space pas bahas soal judul skripsi. Tapi udah duuuuluuu banget. Nah, mungkin banyak yang dulu gaikut space dan mungkin yang ikut juga lupa. So, let's start this artikel.

Cara yang paling aku pake adalah "kesukaan". Kalau misalnya kalian bingung mau neliti apa, coba deh tanya ke diri kalian dulu, kalian itu sukanya apa. Nah, dari situ, kalian bisa seenggaknya dapet 1 hal dan itu bisa jadi titik awal.

Misal kalian suka nonton film, dapet tuh objek penelitian. Contoh lain, kalian pas kuliah di suatu makul, kalian semangat banget nih buat diskusi (pas bahas gender misalnya), nah itu bisa dijadiin titik awal buat nentuin pendekatan yang mau kalian pakai di skripsweet kalian.


Ttapi tapi aku masih bingung min apa yang aku suka

Seriusan nggak ada sama sekali? Kalian kalau gabut ngapain? Nggak mungkin cuma diem aja doong.. nggak kan?

Main socmed? Nonton yt? Ngehalu sama artis K-Pop atau waifu/husbando kalian? Nge game? Dengerin lagu? Pasti salah satu dari itu kaaan.... Nggak juga? Kalian ngapain? Bersih2 rumah? Sungguh anak yang berbakti (emote sungkem).

Dari kegiatan gabut kalian, itu bisa jadi titik awal juga buat nentuin judul skripsi. Suka main socmed? Kalian bisa teliti caption orang2 yang kalian fallaw (biasanya harus Inggris).

Suka nonton yt? Kating mimin ada yang neliti video dari channel The Infographicsshow dari perspektif Ludic Linguistics. Demen ngehalu sama artis K-Pop? Socmednya ada yang pake caption Inggris ngga? Bisa tuh kaya yang awal tadi.

Ngehalu waifu/husbando? Cari tau hubungannya sama karakter lain pake pendekatan SFDA. Btw, bisa juga tuh kayaknya SFDA dipake buat neliti omongan doi. Suka nge game? Teliti terjemahan Inggris-Indonesia nya. Suka dengerin lagu? Teliti tuh liriknya (yang ini juga harus Inggris).

Naah gimana? Makin bingung? Wkwkwk. Gapapa, yang penting kalian tau dulu konsep cara "kesukaan" ini. Ntar dipikirin sambil mandi atau pas mau tidur, biasanya muncul tuh. Harusnya nggak susah lah ya mikirin hal yang kalian suka. Apa? Suka makan? Mimin juga suka sih.

Produk yang kalian makan ada iklannya ngga? Bisa juga kan itu diteliti. Suka tidur? Bangun hey anda, kerjain tu skripsi (merasa tertampar diri sendiri)

Sedikit cerita nih yak, dosenku ada yang suka banget anime sama game dan salah satu hal yang bikin aku kagum sama beliau adalah ide tulisan beliau yang menurutku selalu unik. Karena beliau suka anime sama game, diperes deh tuh ide tulisan pake objek anime atau game. Dari cara-

ketawa karakter, duality seorang karakter, baju yang dipake, semuanya. Pokoknya diperes abis2an. Gokil sih itu menurutku.

Kenapa aku klop banget sama cara ini? Alasannya adalah karena menurutku bikin skripsi itu susah. Dengan menyandingkannya sama hal yang aku suka, seenggaknya rasa susah itu sedikit terkurangi, karena yaa aku suka, entah itu objek yang aku teliti, atau pendekatan yang aku pake.

Takut jadi benci sama hal yang kalian suka tersebut? Well, aku suka game dan aku blom sampe di tahap aku benci game yang aku teliti. Kalaupun aku jadi benci, muak, dan nggak suka gamenya lagi, ada ribuan judul game lain yang nunggu buat aku eksplor.

Saran juga, jangan naruh rasa suka kalian sepenuhnya sama satu hal aja (apalagi hal tersebut sifatnya dinamis alias bisa berubah-ubah diluar kehendak kalian) karena sekalinya hal yang kalian suka itu berubah jadi hal yang kalian nggak suka, kalian bakal bingung dan kecewa banget.

Nah, dari titik awal yang udah kalian temuin tadi, kalian bisa lanjut nyari hal yang kurang. Misal nemunya pendekatan yang mau kalian pake, tinggal nyari objek tuh yang sesuai. Begitu juga sebaliknya kalau misal kalian nemunya objek penelitian.

Untuk tahapan selanjutnya (tujuan, rumusan masalah, dsb), itu emang butuh mikir lebih dalem lagi dan aku saranin itu kalian pikirin sendiri atau diskusi sama dospem kalian. Soalnya itu bakal bener2 nentuin penelitian kalian mau dibawa kemana.

Well, kayaknya itu aja buat artikel kali ini. Udah bingung juga aku mau nulis apa. Mungkin artikel ini bukan artikel yang sasing banget karena yaaa yang bikin skripsi kan bukan anak sasing doang. Cuma karena aku anak sasing jadinya contoh yang aku sebutin berkaitan sama sasing.

Sebenernya masih buanyak contoh ide penelitian yang bisa diambil cuma dari contoh kesukaan yang aku sebutin tadi tapi jangan panjang2 lah yak, ntar kalian cape bacanya. Makasih yang udah baca sampe akhir, dan kalau misal kalian punya cara sendiri, boleh dong dishare ke kita2 hehe


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

 Join Discord kita: Disini

Download ==>