Gambaran Mata Kuliah Psikologi Semester 1 - Revesery -->

Gambaran Mata Kuliah Psikologi Semester 1

Gambaran Mata Kuliah Psikologi Semester 1 - Mata Kuliah Psikologi Semester 1 - Hallo semuanya, makasih banget sama antusias kalian di artikel ku sebelumnya. gak nyangka bakal serame itu huhu. sebelum ke artikel-nya aku mau disclaimer dulu kalau artikel ini berdasarkan pengalaman aku sebagai mahasiswa baru Psikologi angkatan 2021 di mana psikologinya SAINTEK ya.

Aku harap jg gk ada ekspektasi berlebih dari artikel ini, krn tujuanku untuk ngasih gambaran awal aja bagi kalian yg mau ambil jurusan psikologi berdasarkan pengalamanku. Sorry bgt kalau artikel-nya masih byk kekurangan. 

SOSHUM ATAU SAINTEK?

Sama aja, gak bedanya karena mahasiswa masih diajarin hal-hal dasar dan masih umum. Jadi yang ngebedain cuman jalur masuknya aja. Yang masuk jalur saintek belajar materi soshum. Contohnya aku sendiri dapet mata kuliah Sosiologi dan Antropologi di semester 2.

Sebaliknya yang masuk dengan jalur soshum belajar yang berkaitan dengan saintek. Contohnya mata kuliah biopsikologi kampusku ada di semester 4, beberapa kampus udah ada di semester-semester awal.

Gambaran Mata Kuliah Psikologi Semester Awal

BELAJAR APA AJA?

Di semester awal belajar Psikologi Umum/Dasar, Filfasat ini yang pasti ada disetiap kampus (correct me if I’m wrong). Sisanya beda-beda tergantung kurikulum kampus. Kalau kampusku sendiri, udah ada statistika.

Mata Kuliah Psikologi Semester 1

Tapi, beberapa kampus, statistika ditaro di semester 2 atau 3. Jadi yang bilang psikologi gak ada hitung-hitungan itu salah besar ya. 

•Emang untuk apa Statistika di Psikologi? 

ini jadi dasar untuk mata kuliah selanjutnya yaitu Psikometri dan konstruksi alat tes.

Terus, karena nanti akan banyak praktik untuk pengambilan data kaya asesmen, kuisioner, dll makanya dasar-dasar statistika diperluin. 

• PsiU atau Psidas

Psikologi umum atau biasa juga disebut psikologi dasar ini cenderung belajar sejarah, tokoh-tokoh, pengertian dan mahzab2 psikologi. Intinya matkul ini tuh jadi pengantar kita buat memahami perilaku manusia nantinya. Untuk contohnya sendiri yang terkenal adalah Sigmund Freud dengan teori psikoanalisisnya. Atau yang gak asing ada teori humanism dari Abraham Maslow dengan hierarki kebutuhan.

Di PU ini juga belajar tentang sistem otak, persepsi, atensi, sensasi, dan memori. Tapi, pembahasannya gak mendalam karena akan dibahas dimata kuliah yang lebih spesifik lagi kaya biopsikologi, psikologi perkembangan, psikologi kepribadian, dll

• Filsafat

Kalau aku sendiri dapet filsafat eksistensi manusia di semester 1 dan filsafat ilmu di semester 2. FEM sendiri ngebahas bagaimana manusia bereksistensi sesuai dengan latar belakang dan sudut pandang yang berbeda.

Misalnya manusia dilihat dr segi biologis atau antropologi-nya. Yg seru di matkul ini tuh tugasnya gak terlalu berat (menurutku) dan metodenya seru. Kalau filsafat ilmu sendiri dari yg dipaparin sama dosenku kita bakal belajar sejarah, ciri, sampe nantinya apa yg ngebedain ilmu psikologi dengan ilmu lainnya. 

• Statistika

Hmmmm mata kuliah yang menurutku berat sih. tapi tetep bisa dicerna kok, karena belajar dari awal lagi dan mengulang materi statistika SMA. Kaya mean, median, modus, dll.

Cuman bedanya pastinya lebih mendalam, kaya belajar sampel & populasi, parametrik dan no parametrik, T-test, dll. Dan matkul ini pakenya excel dan SPSS jadi gak manual kaya di SMA ya hehe tinggal klik2 nanti keluar datanya. Tp tak semudah itu ferguso, musingin jg kalau gk paham.

• Meta Competence

Nah ini matkul ter ter fav deh pokoknya! mata kuliah kekhasan dari kampusku. Mungkin beberapa kampus penyebutannya berbeda. Belajar apa aja? Ini sebenernya kebagi jadi 6 matkul yang disebar ke enam semester.

Semester pertama itu ada Andragogi. Ya, pembelajaran orang dewasa. Di sini aku belajar banyak banget banget, kalau dibilang ini matkul isinya daging semua alias insightful banget terus suasana kelas yang dibangun juga tuh ceria gak serius dan santai seru banget deh.

Intinya matkul ini ngajarin aku buat mengenal diri lebih jauh dan ngajarin aku buat mengandalkan diri aku sendiri. 

Isinya materi tentang skill-skill yang dibutuhin sama mahasiswa kaya time management, pembelajar mandiri, bahkan ada skill relaksasii.

Iya gimana cara kita mengistirahatkan diri kita mulai dari anggota tubuh sampe pikiran. Kalau di semester 2 tuh dilanjut dengan mental health aku gk bisa cerita banyak sih karena baru.

TUGAS

Ahahaha susah senang campur aduk. 

-refleksi- 

yak ini tugas yang jadi artis di psiko unhas. Tugasnya ya kaya bikin resume tapii mendalam. Isinya ada what happened, what happened with me, insight, dan what next.

Aku gak tau kampus lain ada tugas begini atau enggak tapi temen-temen ku yang di psikologi lain gak sih (CMIIW).

Sesuai Namanya berefleksi, ngeliat ke dalam diri apa aja yang dirasakan dan insight apa yang diambil. Tujuannya biar mahasiswa bisa menerima segala emosi dan mencari solusi dari apa yang telah terjadi dan apa yang telah rasakan.

Sejauh ini tugas ini ngebantu aku untuk berproses. Tapii nihhh tugasnya tiap matkul dan dikumpul tiap pertemuan. Jadi kalau sekarang aku ada 9 matkul khusus, yaaa berarti harus buat 9 refleksi ehe. Baru tugas refleksi aja lho belum yang lain

Contoh tugas yang umum

-Presentasi kelompok :) ini pasti banyak banget yang pake kelompok dalam penugasan

-Essay, paper, makalah, dan laporan (kalau udah ada  praktikum)

-Review jurnal (aku belum dapet ini sih)

Penugasan lain

- Nonton & analisis film. Kalau di semester 2 ini ada dimatkul kaya psikologi perkembangan, psi kepribadian, & psikologi umum II.

- Baca Novel. Tugas mata kuliah Filsafat Eksistensi ku di semester 1 baca novel Dunia Shopie, terus nanti bakal quiz dari novel 

Segitu dulu, kalau masih ada yang penasaran tanyain aja ya. Jadi kalau dibilang seru ya seru, tapi ada perjuangan juga yang kadang bikin nangis :) Aku gak bahas peminatan dan profesi karena tujuanku bukan untuk itu, dan hal tersebut bukan lagi ranahku untuk menjelaskan Makasih <3

anw sorry juga kalau kepanjang I try my best OHHHH IYAAA JANGAN LUPA BAHASA INGGRIS YAAAA REFERENSI PSIKOLOGI ALMOST SEMUANYA INGGRIS

bonus :

jadi semangat buat yang mau ambil jurusan psikologi.

Sesi Diskusi: 

1. Kereenn! Bikin aku nambah tertarik sama psikolog tapi aku mau tanya dong, kan ktanya psi bisa jdi HRD ya nah itu pas kita kuliah ada gk sih matkul yg bkln kepake pas di dunia kerja(yg related gitu) jdi pas udh terjun lapangan gk kaget krna udh pernah belajar itu..

jawab: 

ada kok, dikampus aku psikologi dibagi jadi 3 peminatan

1. pendidikan

2. klinis

3. psikologi industri dan organisasi (pio)

untuk yang mau jadi hrd biasanya ambil peminatan pio kaya aku wkwk

tapi lagi ada matkul baru namanya psikologi forensik jadi pada lari ke klinis


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

 Join Discord kita: Disini

Download ==>