Jurusan Matematika Murni Belajar Apa Saja - Revesery -->

Jurusan Matematika Murni Belajar Apa Saja

Jurusan Matematika Murni Belajar Apa Saja - Review semester awal jurusan matematika murni, Haii semuanyaa, aku angkatan 21 jurusan matematika murni, jadi disini aku mau ngasii gambaran ajaa berdasarkan pengalaman aku, ada apa aja sii di jurusan matematika murni, susah gaa? pelajarannya kaya gimanaa? tugasnya kaya gimanaa?

Jurusan Matematika Murni Belajar Apa Saja

Ada matkul apa aja si di jurusan matematika murni? oke, ak bakal jelasin mata kuliah di semester satu beserta tugas2nya.

1. Kalkulus 1

Kalkulus 1 itu pelajarannya hampir mirip kaya di sma ada limit, turunann, fungsi, nah tapi di kuliah kita tu juga mempelajari gimana si rumus turunan kok bisa gitu, asalnya dari manaa kok bisa kaya gitu. Nah klo untuk tugasnya itu kita dikasi soal kaya matematika

pd umumnya dan bentuknya esai biasanya, usahain ngerjainnya pke cara yang detail gitu karna prosesnya kan juga dinilai. 

2. Pemrograman

Jujur ak kesusahan bgtt di matkul ini karena ini bner2 baru buat akuu, ak ga pernah belajar coding sebelumnya, oiya di univku di smt 1 ini pkenya c++. Ini lebih ke teori, nanti kita mempelajari dasar2nya kok kaya array, if-else, dsb (tp tetep susah buat aku😭).

Tugasnya kaya buat program gituu nanti codingannya di copy trus di apk univku tuh udh ada tempatnya gitu (ak gatau gmn jelasinnya😭) pokoknya dikumpulin di apk univ. Terus ada tugas akhir, dibuat kelompok gitu trus bikin suatu program nanti di presentasiin.

3. Praktikum Pemrograman

Nah klo ini lebih ke praktik jd banyak gitu praktiknya tp praktiknya tu di tugasnya, pas kelas biasanya bahas jwbn tugas, pelajarannya sama kaya pemrograman teori.

Tugasnya buat program jugaa, codingannya di copy trus jdiin pdf (menurutku tugasnya lebih banyak ini dripada pemrograman teori). Oiya di matkul ini juga ada tugas akhir, hampir sama juga kaya yang teori, buat kelompok trus buat program nanti di presentasiin.

4. Fisika Dasar 1

Pelajarannya hampir sama kaya fisika di sma, ada gaya, gelombang, glb-glbb, dsb tapi kita juga mempelajarinya lebih detail kek rumus gitu tu dapet dari manaa bakal dijelasin. Tugasnya kaya soal fisika pada umumnya dan biasanya bentuknya esai.

5. Kimia Dasar 1

Ini juga pelajarannya hampir sama kaya di sma, ada asam basa, polar-non polar, dsb. Disini juga bakal dijelasin lebih detail gitu kaya konsep2nya dan kaya ada sedikit materi2 baru yang ga ak tau di sma (kayak Molecular Orbital diagrams, dll).

Tugasnya kaya soal kimia pada umumnya jugaa dan bentuknya esai.

6. Statistika

Ini pelajarannya ada yang sama kayak di sma dan ada juga yang engga. Pelajarannya tu ada analisis regresi, anova satu arah, uji hipotesis, dll. Di matkul ini banyak bgtt rumusnyaa.

Di statistika ini dibagi jd teori sama praktikum jd kelasnya ada dua gitu tp ttep dihitung satu matkul. Di teori seperti biasanya bakal dijelasin rumus2nya trus contoh soal gituu.

Di teori seperti biasanya bakal dijelasin rumus2nya trus contoh soal gituu. Dlm praktikum kita tu disuruh buat download apk minitab sama spss nantinya kita akan praktikum disituu dan rada lumayan pusing si karna kita harus tau step2nya gmn.

Tugasnya klo yang teori biasanya ngerjain soal, disuru nyari soal dan pembahasannya dan ada yang suru buat infografis. Kalo yang praktikum itu tugasnya ada laprak (laporan praktikum) jadi nanti kita dikasi soal trus ngerjain soalnya di apk nah nanti hasilnya di ss masukin word gituu,

tp ga cuma itu aja, di laporan juga dicantumin interpretasi sama penjelasan2nya, dsb.

7. Pengantar logika matematika dan himpunan

Sesuai dengan namanya matkul ini penuh dgn logika. Aku kesusahan juga di matkul ini. Matkul ini tu hampir gaada angka, adanya kayak simbol2 gituu.

Pelajarannya ada kalimat deklaratif, tautologi, kuantor, himpunan dll. Contoh : "terdapat dengan tunggal x yang mempunyai sifat p" ini nanti suru nulis dengan simbol logika ya kayak gitu2 pokoknya. Ini termasuk matkul yang susah menurut aku.

Tugasnya dikasi soal nanti dikerjain kayak pd umumnya aja gitu.

8. Agama

Ini sesuai agama masing2 ya. Kalo di aku jarang ada tugas si di matkul agamanya.

Nah td kan udah di semester 1, nah ini juga ak mau nambahin sedikit gambaran tentang matkul di semester 2. 

Di semester 2 ini ada matkul wajib sama matkul pilihan. Matkul pilihan tu pilihannya ada banyak jd bisa milih mau ambil yang mana gitu klo wajib matkulnya harus diambil.


1. Aljabar linear elementer

Sejauh ini kita masi mempelajari sistem persamaan linear tapi dikaitkan dgn matriks gitu.

2. Matematika diskrit

Disini kita bakal mempelajari induksi matematika, inklusi dan eksklusi (ini lebih ke himpunan) dan masi banyak lagi,tapi ini ak baru sampe di inklusi dan eksklusi.

3. Geometri Analitik

Sesuai yang udah ak pelajari si ada vektor, garis, gradien gituu.

4. Kalkulus 2 

Ini lanjutan dari kalkulus satu, klo di smt 2 mempelajari integral dan juga kaya dijelasin asal usul rumusnya darimana gituu.

5. Pengantar struktur aljabar 1

Ak kesusahan bgtt di matkul ini kek ngang ngong gituu😭. Ini tu kayak lanjutan dari logika matematika gitu hampir gaada angka.

6. Pancasila

Ini ak blum mulai pembelajaran, kemaren masi perkenalan dan bahas kontrak kuliah

 7. Pengantar teori permainan (matkul pilihan)

Sebenernya masi ada matkul pilihan lain tapi karna ak ambil matkul ini jd ak bakal jelasin matkul ini aja. Sejauh ini seru si gaiss matkulnyaa tp rada pusing juga hehe. Ada strategi2 gituu.

 Ini tu bisa diterapin juga di kehidupan sehari hari kayak misal kalian pgn beli es krim nah tapi tu di deket kalian banyak penjual es krim misalkan es krimnya tu sama gitu nah kalian bisa nentuin nih mau penjual yang mana pke teori permainan pokoknya gitu deh.

Susah ga kuliah di jurusan matematika murni?

klo dibilang susah si iya susahhh, disini juga rata2 kuisnya tu soal sedikit dan waktunya juga sedikit tp soalnya susahhh, tapii disini tu ak ga sendirii, biasanya temen2 sejurusan pd saling bantu gitu ngajarin ada yang jd tutor bahkan dari kating pun ada tutor, dari fakultas juga ada tutor di smt 1 klo menjelang uts/uas biasanya bahas soal2 uts/uas tahun lalu jd terbantu. 

Oiya di smt 2 juga ada tutor dari kating di matkul2 tertentu.

Oke sekian dulu artikel dari akuu, semoga bermanfaat bagi kalian semuaa. Maaf klo ada kata2 yang salah, maaf juga klo artikelnya berantakan karna ini ak baru pertama kali bikin artikel.

Kalo ada yang mau tanyaa2 lebih lanjut ttg jurusan matematika murni bolehh yaaa komen ajaa


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com



Revesery Store

⭐️ Rating Review Google: Rp3.800/satuan

⭐️ Netflix: Rp39.000/bulan

Keunggulan:

✅Buzzer 100% Asli Orang Indo

✅Gratis Quality Control

✅Dapet report / laporan dari awal sampe akhir

✅Garansi 14 hari, isi ulang sampe full

udah paket lengkap bintang + review, terima bersih tinggal kirim link aja😊🙏

📲 Order via WA (fast respon)


Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>