Cara Mengerjakan Soal PU PPU PBM UTBK Skor Tinggi - Revesery -->

Cara Mengerjakan Soal PU PPU PBM UTBK Skor Tinggi

Cara Mendapatkan Skor Tinggi PU PPU PBM UTBK dan Cara Mengerjakan Soal PU PPU PBM UTBK Skor Tinggi - Beberapa dari kamu mungkin pernah mengalami masalah ini, bukan? Soal yang fokus pada materi pemahaman membaca dan menulis merupakan soal persiapan bagi calon mahasiswa untuk lebih mengenal mata kuliah di kampus.

Karena berbeda dengan belajar di sekolah menengah, begitu kamu menjadi mahasiswa, kamu akan menghadapi tugas-tugas yang menguji kemampuan teoritis kamu.

Secara umum, mata kuliah membutuhkan gaya penulisan yang formal, struktur kalimat yang lengkap dengan benar, dan kepatuhan terhadap Tata Tertib Penulisan Bahasa Indonesia (KBBI).

Karena PBM merupakan soal dengan struktur tulisan bahasa Indonesia yang baku, maka penyelenggara UTBK menggunakan soal jenis ini untuk lebih menilai kemampuan calon siswa. Namun perlu diingat meskipun kemampuan bahasa Indonesia yang benar diuji, soal-soal PBM UTBK tidak menyiratkan bahwa jenis soal yang diujikan seperti materi dasar bahasa Indonesia lho.

Jenis soal dan soal dalam ujian tetap tunduk pada jenis soal dalam ujian masuk perguruan tinggi.

okay, disclaimer: aku cuma kasih tips yang berguna di aku!! foto di atas 3 to berturut-turut & i’m glad kalo artikel ini bisa bantu kamu juga!

Cara Mengerjakan PU PPU PBM UTBK Nilai Skor Tinggi

[UNTUK PU, PPU & PBM]

Cara Mendapatkan Skor Tinggi PU PPU PBM UTBK

kemampuan kita buat tahan ngebaca teks panjang-panjang itu penting bgt! kalo kamu suka begah sendiri, aku saranin kamu mulai baca-baca berita/jurnal! 

tips aku: aku biasanya cari sumber belajar tka sejarah di portal berita kayak kompas, tirto, dll!

1. Baca pertanyaannya dulu, baru ke teks!

Waktu tiap subtes itu dikit banget buat teks sepanjang itu, jadi bakal lebih bagus kalo kamu udah tau apa yang mau kamu cari sebelum nyelam ke teksnya.

2. Baca cepet! Sadar atau enggak, banyak orang yang ‘baca terlalu lama’ karena kurang bisa scanning kata-kata.

Baca per kalimat, jangan per kata: fokus ke intinya. 

Contohnya di paragraf ini, banyak kata-kata yang aku coret karena itu bikin bacanya jadi ngadat. Aku fokus ke kata kunci di tiap kalimatnya biar hemat waktu!

Kalau kamu udah bisa eliminasi kata-kata yang nggak perlu, kamu bisa dengan gampang bilang kalo kalimat ini lagi bicara tentang: 

lulusan perguruan tinggi mencari pekerjaan dengan usaha seperti mengirimkan CV, daftar ke bursa kerja, mengiklankan diri & membuat usaha.

Cara Menjawab Soal: 

Untuk soal: Pernyataan yang tepat berdasarkan isi teks di atas adalah…

1.Pahamin tiap inti, pakai cara no. 2 tadi.

2.Teliti karena jawabannya pasti ada di dalam teks!

3.Eliminasi opsi satu-satu dari yang paling nggak masuk akal sampai yang paling masuk akal.

* Untuk soal: Berdasarkan teks di atas, manakah pernyataan yang mungkin benar?

Mungkin benar, pasti salah, ini mengecoh banget! Buat jawab dengan benar, kamu perlu tau masalah di tiap-tiap opsinya itu apa, apakah relevan dengan teks? Apakah solusinya tepat?

Contohnya ini:

‘Malah ada yang putus asa’, dia putus asa karena apa? Di teks, keputusasaan dia mengakibatkan dia belum bisa dapat pekerjaan. Asumsinya sifat pesimis individu ini menghalangi dia buat dapat pekerjaan. Solusinya? Beri pengembangan diri supaya dia tidak putus asa.

* Untuk soal: makna imbuhan yang sama…

1. Kamu harus tau macam-macam makna imbuhan (ada di google)

2. Teliti identifikasinya, contohnya di sini makna ‘kesulitan’ & ‘kesendirian’ itu kondisi.

; kalo kayak di opsi B, kediaman itu lebih ke rumah, dsb.

* Untuk soal: perluasan dari inti kalimat…

Kalau di kalimat ada kata ‘yang’ ‘bahwa’ ‘sangat’ ‘kurang’ langsung coret karena itu udah perluasan, tapi aku lupa apa aja? 

; kakak (yang bergaun putih itu) (sangat) manis

yang bergaun putih merujuk ke kakak, sangat merujuk ke manis

Untuk soal: perbaikan tkamu baca, perbaikan huruf, dll

banyakin review dari puebi!! aku juga baca artikel 

 yang tbh bikin aku ngerti banyak ๐Ÿฅน

Untuk soal: Judul yang tepat untuk teks di atas adalah…

remember kalo judul yang bagus itu merangkum keseluruhan teksnya, bukan cuma 1 bagian. nggak terlalu ringkas, nggak bertele-tele. 



biasanya aku eliminasi dari tiap opsi, misalnya di opsi A kurang nama daerahnya = coret.

Untuk soal: perbaikan kata, kata tidak baku, sinonim, antonim

baca… kbbi… dan review terus tiap kamu lihat ada yang “eh kok ini kurang sreg sih” “eh kok di teks ini dia gini”

btw ini lumayan seru: main kata

kalo bosen mungkin kamu bisa coba kait-kaitin kata & cari artinya di kbbi

kayak: api - sapi - tapi - tapir - tabir - tabur - kabur - kabar - sabar - dst

Untuk soal: kata yang mengalami perubahan makna pada kata di atas adalah… 

ini juga mengecoh banget!! cara paling gampangnya ya ngerti makna kamus dari kata itu…

50/50 tips; kalo nemu soal ini & semua opsinya keliatan bener, coba cari yang paling informal!!

Untuk soal: kalimat fakta & opini

opini itu sifatnya bias!! fakta dibuktikan dengan data

untuk opini: cari kalimat yang bisa kamu pelintir atau punya kata kayak “sepatutnya” “belum cukup” “sudah baik”

untuk fakta: cari yang dapat dibuktikan dengan data & sifatnya mutlak!

i guess that’s it, ya? untuk SPOK aku saranin belajar dari yt kak fauzan karena aku jadi paham nonton di situ ๐Ÿฅฒ kalau ada tambahan bisa rep juga!! semoga nilai kita semua bisa meningkat!

Sekian Cara Mengerjakan Soal PU PPU PBM UTBK Skor Tinggi


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>

• Join Grup Team :
Discord Grup ( 12,832 Anggota )