Kenapa Programmer Sekarang Memilih Golang? - Revesery -->

Kenapa Programmer Sekarang Memilih Golang?

Kenapa Programmer Sekarang Memilih Golang? Emang apasih kelenihan golang? - Golang adalah bahasa pemrograman open source yang ringan. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson dari Google pada tahun 2007, tetapi tidak dirilis sebagai bahasa pemrograman open source hingga tahun 2009.

 Tahun ini, Golang berada di peringkat ke-13 dalam indeks popularitas, naik dari peringkat ke-65 dalam dua tahun terakhir. Golang banyak digunakan di lingkungan produksi Google dan banyak proyek sumber terbuka. Golang dibuat untuk menyederhanakan proses pengembangan perangkat lunak, terutama untuk arsitektur dan proses yang kompleks.

Itu sebabnya raksasa teknologi seperti Facebook, Apple, Google, dan Docker menggunakannya. 

Kenapa sekarang programmer pindah ke bahasa Golang ya? πŸ€” Apa sih keunggulan dari bahasa buatan Google ini?

Apa itu Golang

Bahasa pemrograman Go atau yang biasa dipanggil Go Language (Golang) ini awalnya didesain oleh Google sebagai bahasa pemrograman bertipe statis dan juga berbasis compiler.

Golang lahir dengan tujuan mempunyai keunggulan dari sisi kecepatan, kehandalan, dan kesederhanaannya.

Tau gak sob? Bahasa Golang didesain sedemikian rupa dari bahasa C lho. Yup, Golang ini berbasis compiler sehingga menghasilkan kode biner yang dapat dikompilasi.

Tidak seperti bahasa pemrograman Java yang memerlukan Java Virtual Machine untuk menjalankan programnya.

Kenapa Memilih Golang

Nah, lalu apa aja sih kelebihan dari bahasa pemrograman buatan Google ini?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempelajari bahasa pemrograman Golang. Bahasa pemrograman ini dirancang oleh Google, yang berarti cocok untuk kode berbasis produksi dan mengelola program besar secara efisien.

1. Sesuai slogan dari webnya, Golang dibangun agar sebuah program dapat dibangun lebih cepat, dapat diandalkan, dan efisien dalam skalabilitas software. Selain itu, bahasa ini juga open source lho sob!

2. Banyak perusahaan besar sekarang menggunakan bahasa Golang, seperti Meta, Netflix, Google, Twitter, dan masih banyak lagi!

3. Memiliki fitur garbage collector. Tidak seperti bahasa C, di Golang kita tidak perlu membersihkan lokasi-lokasi memori yang tidak terpakai.

4. Golang merupakan concurrent programming. Gak banyak lho bahasa pemrograman yang menawarkan kemampuan ini. Dengan kemampuan ini, komputer dapat melakukan aktivitas goroutines, channels untuk sinkronisasi, serta select untuk mengelola banyak jalur bersamaan.

Menarik bukan?


5. Mengatasi traffic yang tinggi. Nah, dengan fitur concurrency tadi, traffic yang tinggi pada web bisa teratasi dengan mudah. Cocok banget nih buat back-end developer yang sering bermasalah ketika user terus bertambah.

Terakhir,

6. Zaman sekarang, cloud computing sudah digunakan dalam berbagai sektor. Nah, dengan Golang kita dapat membuat sistem yang scalable berbasis cloud computing juga lho sob!

Nah sob, itu dia alasan mengapa programmer pindah ke bahasa Golang. Selain kepopulerannya, memang bahasa ini juga cocok untuk pengembangan dari sisi server karena dapat meningkatkan keefisienan sehingga web yang kita kembangkan jadi lebih baik deh!

Semoga bermanfaat yaa!

Sekian Kenapa Programmer Sekarang Memilih Golang?


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

 Join Discord kita: Disini

Download ==>