Efek Disavow Kumpulan Backlink Pada Blog - Revesery -->

Efek Disavow Kumpulan Backlink Pada Blog

Efek Disavow Kumpulan Backlink Pada Blog - saya mau coba bagiin studicase tentang efek disavow kumpulan backlink yang menurut saya dulu sangatlah spam dan merugikan blog.

siapa yang masih engga percaya sama disavow nya google? buat yang engga atau masih belum percaya dengan efek disavow ini, mungkin tulisan saya yang ini bisa jadi insight tambahan buat kamu.

semua tulisan nya udah saya pasang di tiap gambar buat mudahin kamu baca. 

Happy Reading!

Fase Pertama

awal mula saya coba disavow backlink ini sekitar pada bulan Agustus 2020 lalu. Waktu itu saya penasaran kenapa trafik blog 4gc saya yang awalnya adem - ayem jadi terjun bebas. 

Efek terjun bebas ini juga secara langsung berdampak pada earning Adsense yang waktu itu masih saya pasang di blog 4gc ini.

4gc + Adsense Emang bisa? Bisa dong hehehe..

Pas di cek pake ahrefs, ternyata blog 4gc saya terkena 4gc lagi dengan blog lain, udah gitu link blog 4gc nya dofollow semua haduh.. 

saya bisa tau karena saya menganalisa perkembangan backlink blog 4gc ini pake ahrefs.

Seperti yang diliat pada screenshoot 2, pada dua bulan aja ada 25.000+ backlink baru yang mengarah ke blog 4gc saya, padahal saya pada bulan itu lagi asik angkring-angkring sama temen di warung kopi, kaga tau sama sekali soal ini.

Setelah tau penyebab kenapa blog saya ini terjun payung, baru lah saya mulai menerapkan teknik bar-bar disavow yang sebelumnya sempat saya baca-baca dari blog orang lain.

Yaa walaupun saya masih kurang tau waktu itu backlink yang WAJIB disavow itu yang kayak gimana..

Pertama, saya export dulu semua backlink yang ditanam pada dua bulan tersebut (Juli – Agustus 2020), kemudian saya filter parameter nya menggunakan ms excel.

Garis besar backlink yang saya filterasi adalah sebagai berikut:

- Yang mempunyai DR / DA dibawah 30

- Semua Blog 4gc (tidak terkecuali)

- Blog yang melanggar pedoman web master (porn, juday, drugs)

Banyak banget pokoknya yang saya filterasi, seinget saya ada 500-700 domain yang saya disavow pada fase pertama ini. 

Sayangnya saya gabisa ngebuktiin karena file disavow domain nya sudah terupdate ke yang versi baru (fase dua).

Setelah saya disavow ke google web master (https://search.google.com/search-console/disavow-links), saya masabodo sama stats blog saya ini. 

Karena kata temen-temen komunitas blogger saya, efek disavow ini biasanya lebih dari seminggu baru kerasa. Yowis lanjut ngopi bareng temen-temen.

Seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan, sampai tahun berikutnya ko saya heran ngga ada perubahan. wah jangan-jangan tools disavow ini cuma gimmick google aja buat bikin blogger-blogger merasa aman sentosa kalo kena backlink spam. Naik engga, yang ada malah makin turun statistik nya huhu..

Waktu itu saya mikir, “ah mungkin emang udah waktunya blog 4gc saya tutup usia..”

Ketika saya mikir kayak itu, saya udah sepenuhnya ngikhlasin blog tersebut. Dan kembali mencari pundi-pundi cuan melalui cara lain seperti jasa up DA 30+ (Waktu pertama kali ada jasa up DA di kalangan blogger Indonesia). 

bahkan salah satu "Manusia" yang saya ajarkan teknik ini malah membuat kelas nya sendiri untuk kepentingan pribadi. Kasihan, Gausah disebut lah yah orangnya. Disindir aja hehe.

Fase Kedua

Tapi saya engga menyerah sampai disitu kawan. berkat warung kopi yang hari itu tutup, saya jadi gabut, dan akhirnya iseng-iseng mau coba revisi backlink disavow yang ada di blog 4gc saya.

Dan berikut ini adalah screenshoot revisi disavow backlink fase kedua (screenshoot).

Dari 500-700an domain yang saya disavow, turun drastis jadi 254 domain aja.

Backlink seperti apa yang ngga perlu di Disavow?

- Domain Blog 4gc (jika backlink yang di kirimkan kurang dari 10) tidak jadi saya disavow

- Domain yang mempunyai DR/DA dibawah 30 tidak jadi saya disavow

- saya cuma men-disavow blog yang melanggar pedoman web master aja, ditambah sama blog 4gc yang ngirim link dofollow ke blog saya lebih dari 10.


Dan setelah menunggu sekitar dua minggu, statistik blog 4gc saya mulai menunjukkan perubahan baik.

Pelajaran yang bisa saya ambil dari studi kasus ini:

jangan sembarangan disavow backlink. gaperlu disavow blog yang punya stats kecil seperti DA / DR 1 – 5. Biarin aja, itu blog-blog yang masih masih dinilai di mata google.

Kebanyakan orang-orang jaman sekarang nganggap blog dengan stats kecil itu sebagai blog spam, padahal belum tentu. Bisa jadi itu blog baru yang masih dalam tahap perkembangan.

Lagian, mana ada sih blog yang baru dibuat stats nya langsung gede? Kecuali yang pake domain aged ya hehe πŸ˜›

Terus juga, gaperlu disavow backlink dari blog 4gc yang link nya mengarah ke blog tidak lebih dari 10, dan semuanya DOFOLLOW. (ini parameter saya, sesuaikan aja sama parameter kamu. Intinya, blog 4gc masih baik jika backlink yang mengarah ke blog kita itu engga over dosis).

Try to focus to disavow some domain with sh*t niche like gambling, drugs, and porn. Cuma itu, ndak ada yang lain.

Dah itu aja dulu, kapan-kapan mungkin saya mau sharing tentang "internal link" penyebab kenapa blog 4gc masih bisa dapet visitor ribuan perhari, padahal semua konten nya generated.

Spoiler blog 4gc saya:

Domain fresh, Engga pernah saya optimasi backlink di awal (saya optimasi ketika visitor rata-rata 1000 / hari), approve Adsense *kalo ini faktor ganteng, Cuma fokus generate konten sampe punya postingan 30.000++. Sisanya cuma mainin SILO agar tetap sederhana dan mudah dipahami google.

See u next time kawan!


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 *Join Discord Disini

Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>