Risalah Lelang Adalah Kunci Utama dalam Transaksi Lelang - Revesery -->

Risalah Lelang Adalah Kunci Utama dalam Transaksi Lelang

Risalah Lelang Adalah Kunci Utama dalam Transaksi Lelang - Hai, Sobat Lelang! Kita akan bahas nih tentang risalah lelang. 

Ini lho, dokumen penting yang jadi bagian seru dalam tindakan penagihan pajak, terutama kalo lagi ada lelang barang sitaan pajak atau lelang eksekusi pajak. Proses lelang ini muncul ketika ada utang pajak yang nggak dibayar dan penyitaan udah dilakukan.

Sejarah lelang di Indonesia juga udah lama, loh. Udah ada peraturan lelang dari tahun 1908 yang sampe sekarang masih berlaku. Tapi, biar bisa ikutin perkembangan ekonomi dan hukum, pemerintah juga berusaha buat ngurusin regulasi lelang.

Nih, kita mau bahas sesuatu yang seru nih, tentang Risalah Lelang. Udah tahu belum? Kalo belum, yuk simak cerita serunya di Info Lelang BRI

Apa Itu Risalah Lelang? Risalah Lelang Adalah

Risalah lelang adalah kayak bukti resmi dalam dunia lelang. Jadi, di Info Lelang BRI, kita bisa temuin semua detil dan aturan yang ngatur proses lelang ini. 

Dalam undang-undang dan regulasi lelang, risalah lelang itu kayak berita acara pelaksanaan lelang yang punya kekuatan pembuktian. 

Risalah Lelang Adalah Kunci Utama dalam Transaksi Lelang

Aturannya ada di Undang-Undang lelang dan Peraturan Menteri Keuangan No. 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Pasal 1 angka 32 PMK 213/2020 bilang kalo risalah lelang itu dibuat oleh pejabat lelang dan dianggep sebagai akta autentik.

Terus, menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, akta autentik itu adalah akta yang dibuat sesuai ketentuan undang-undang oleh atau di hadapan pejabat umum yang berwenang. 

Risalah lelang juga diatur dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. 

Pasal 1 angka 19 UU PPSP bilang kalo risalah lelang itu berita acara pelaksanaan lelang yang dibuat oleh pejabat lelang sesuai peraturan perundang-undangan lelang.

Jadi, risalah lelang ini punya peran penting banget dalam proses lelang.

Contoh Risalah Lelang

Dalam setiap lelang yang diselenggarakan, contoh risalah lelang dapat menjadi panduan bagi peserta lelang untuk memahami proses secara lebih rinci.

Kenapa Kutipan Risalah Lelang Juga Penting?

Kutipan risalah lelang ini buat ngejamin kepastian hukum buat pembeli. 

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, kutipan risalah lelang dianggep sebagai akta otentik dengan kekuatan pembuktian sempurna.

Fungsinya nggak cuma sekadar petikan informasi doang, tapi ini kutipan kata demi kata dari risalah lelang yang jadi berita acara pelaksanaan lelang. 

Jadi, risalah lelang ini punya peran ganda dalam melibatkan pengalihan hak dan penyerahan barang.

Mengapa Risalah Lelang Itu Penting?

Berdasarkan Info Lelang BRI sebagai akta autentik, risalah lelang jadi pusat perhatian dalam proses lelang.

Fungsinya pertama, sebagai bukti konkret bahwa semua pihak udah setuju sama perjanjian tertentu. 

Jadi, ini jadi alat bukti yang pasti buat ngejamin isi perjanjian sesuai tujuan dan keinginan bersama.

Isi risalah lelang juga harus sesuai aturan. Dia ngasih uraian lengkap tentang semua aspek pelaksanaan lelang atau penjualan umum yang dilakuin oleh Pejabat Lelang. 

Mulai dari barang apa yang dilelang, kenapa dilakukan lelang, di mana dan kapan lelang berlangsung, gimana prosesnya, dan siapa aja yang terlibat.

Semua ini nggak cuma buat akta autentik, tapi juga buat ngasih gambaran lengkap buat semua pihak yang terlibat. 

Jadi, risalah lelang ini jadi dokumen yang nggak bisa dianggep remeh dalam dunia lelang.

Kekuatan Pembuktian Risalah Lelang

Risalah lelang punya kekuatan pembuktian yang penting dalam ranah hukum. Sebagai akta autentik, itu memenuhi semua unsur Akta Autentik sesuai dengan pasal 1868 KUHPerdata. Ini bikin risalah lelang jadi alat bukti yang kuat dengan kekuatan pembuktian yang udah diatur.

Dalam pembuktian, risalah lelang memenuhi syarat formal dan materiil. Itu jadi bukti yang cukup di muka pengadilan, sesuai dengan keterangan di dalamnya. Dalam Hukum (Acara) Perdata, risalah lelang diakui sebagai alat bukti yang sah, terdiri dari beberapa unsur seperti bukti tulisan, saksi-saksi, persangkaan-persangkaan, pengakuan, dan sumpah.

Ini buat ngejamin hukum di antara kedua belah pihak, dan memberikan kepastian, keadilan, dan kepastian hukum. Kekuatan pembuktian risalah lelang ini jadi pondasi penting buat ngejaga integritas dan keabsahan transaksi lelang.

Kenapa Harga Limit Lelang Selalu Tertera Lebih Rendah?

Ini nih, sering banget jadi pertanyaan. Ternyata, harga limit lelang itu sering ditulis lebih rendah dari pasaran. 

Menurut beberapa media elektronik, barang-barang yang dilelang itu sering lebih murah dari harga di pasaran. Kalo beli rumah atau kendaraan lewat lelang.go.id, katanya lebih murah daripada lewat agen properti atau showroom.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, ada syarat nilai limit buat setiap lelang. 

Nilai limit itu minimal harga barang yang bakal dilelang dan ditentukan sama penjual. Penetapan nilai limit ini tanggung jawab penjual dan biasanya berdasarkan penilaian atau penaksiran oleh penilai atau penaksir.

Kenapa Harga Limit Lelang Selalu Tertera Lebih Rendah?

Dalam pelaksanaan lelang eksekusi Pasar 6 Undang-Undang Hak Tanggungan, lelang eksekusi jaminan fidusia, lelang eksekusi gadai, dan lelang eksekusi harta pailit, nilai limit ditentukan dengan rentang paling tinggi yang setara dengan nilai pasar dan paling rendah yang setara dengan nilai likuidasi (Pasal 51 PMK 213/2020).

Tapi, meski harga limit lelang tertera lebih rendah dari pasaran, hasil lelangnya bisa aja lebih tinggi dari pasaran. Gimana bisa? Karena lelang pake sistem penawaran tertinggi. 

Jadi, penawar dengan penawaran tertinggi yang akan menang, dan kadang-kadang saat lelang, peserta terbawa emosi dan menawar dengan harga di atas pasaran.

Jadi, kalo nanya kenapa harga limit lelang selalu tertera lebih rendah, ya karena awalnya nilai limit itu diambil dari harga tertinggi, yaitu nilai pasar. Kalo barang nggak laku terjual, nilai limit bakal diturunkan. Kalo masih belum laku juga, akan diturunkan lagi sampai menyentuh nilai likuidasi.

Kesimpulan

Jadi, itulah Sobat Lelang, serba-serbi tentang risalah lelang dan seputar lelang pada umumnya. 

Risalah lelang ini emang penting banget karena jadi bukti konkrit dalam setiap transaksi lelang. Dengan aturan dan kekuatan hukum yang dimilikinya, risalah lelang nggak boleh dianggap remeh.

Nah, kalo Sobat Lelang mau tahu lebih banyak lagi, bisa baca informasi dari Info Lelang BRI atau langsung cari tahu di lelang.go.id. 

Semoga penjelasan ini membantu dan bikin Sobat Lelang makin paham tentang dunia lelang! Jadi, selamat mengeksplorasi dan selamat lelang, ya! πŸŽ‰


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

download file ini untuk mencoba: 

Revesery.com

Revesery.com

 *Join Discord Disini

Jika kalian penasaran, kalian bisa mencoba produk dibawah ini:

 Download ==>>