Apakah Uang Asuransi Bisa Di Ambil? Begini Penjelasannya - Revesery -->

Apakah Uang Asuransi Bisa Di Ambil? Begini Penjelasannya

Apakah Uang Asuransi Bisa Di Ambil? dan Berhenti Asuransi Apakah Uang Kembali? - Mertua saya asuransiin sekeluarga, total 7 orang

Perbulan keluar rutin 5 juta buat semuanya, udah 10 tahun

5 juta × 10 tahun × 12 bulan = 600.000.000

Udah habis 10 tahun, karena alhamdulillah sehat semua dan g kepake asuransinya, tahun kemarin cair, 80.000.000

520 jutanya? 😭

yang misinformasi banget banyak agen yg bilang asuransi itu tabungan. untuk org awam konsep nabung ya nanti duitnya bisa ditarik, padahal skema kerja duitnya ga kaya gitu. bener sih kalo mau ikut asuransi, harus dan wajib tanya sedetilnya soal produknya

Masalah: 

1. Nasabah g paham asuransi. 

2. Sales asuransi tidak menjelaskan dengan baik. Tidak mengecek feedback pemahaman dari customer. 

3. Kalau dijelaskan dengan detail berapa hangus, berapa bisa balik/cair, mungkin tidak banyak yg akan mau daftar.

Tanpa menyalahkan nasabah, this is a classic problem of misinformasi dalam asuransi. aku agen, dan aku akan coba utk menjelaskannya.

Apakah Uang Asuransi Bisa Di Ambil? dan Berhenti Asuransi Apakah Uang Kembali?

Pertama, penting untuk paham bahwa asuransi itu adalah expense. Pengeluaran. Ibaratnya kamu punya satpam yang jagain rumah kamu. Kalau rumah kamu aman, kamu ga minta gaji satpam dibalikin kan? Kira-kira gitu.

“Lah terus kok ada yg bilang bisa balik?”

Oke, ini seringkali jadi bahan diskusi karena asuransi memang rumit. Dalam beberapa produk, ada kok yang preminya bisa balik.

Tapi itu GA MUNGKIN asuransi kesehatan, karena beberapa faktor, namely:

Asuransi kesehatan itu costnya besar karena nasabah bisa klaim berkali-kali, jumlahnya besar pula karena skrg most big insurance companies itu jual asuransi kesehatan yang ga ada limit tindakan. Maka dari itu, cost of insurancenya PASTI NAIK. Lalu..

Kenaikan usia tertanggung, inflasi keuangan, inflasi media, rasio klaim, etc itu akan menjadi penentu kenaikan biaya asuransi kesehatan. Makanya pasti naik.

“Terus kok bisa ada yang flat??”

Ini kembali ke poin utama soal kenapa dia bayar sekian setelah bertahun-tahun tapi baliknya cuma sekian? Karena.. ada salah kaprah. Ini aku yakin polisnya itu Unitlink, tipe asuransi yang paling sering jadi masalah karena agen dan nasabah suka enggak paham.

Unitlink adalah asuransi yang digandeng dengan investasi. Tujuannya sebenernya bagus, yaitu supaya kenaikan cost of insurance itu bisa ditahan dengan investasi. Makanya preminya flat. Tapi kalau kamu cek, biaya asuransinya akan naik terus seiring waktu, menggerus investasinya.

Makanya kalau “desain” komponen polis unitlinknya ga bagus (misalnya biaya asuransi awal kegedean) maka lambat laun investasinya kegerus. Lalu abis setelah sekian tahun, dan perlu to up.

Dalam case ini, aku rasa ada kesalahpahaman. Dikira bahwa premi yg disetor itu sepenuhnya “ditabung”, padahal ya enggak. Komponen biaya asuransinya itu ANGUS. Makanya tinggal segitu.

Hopefully ini bisa menjawab. Sekali lagi aku sebagai agen tekankan: asuransi itu proteksi! Agen memang banyak yang gak profesional, makanya nasabah sebisa mungkin jangan apatis yah.

“Lalu yang balik itu apa?”

Dalam unitlink, itu nilai tunai (cash value), jadi bukan preminya. Di dalam preminya, elemen cost of insurancenya angus ya. Yg balik adalah nilai tunai itu.. Yang pasti akan dipengaruhi oleh performa investasinya, dan juga..

Apakah nasabah melakukan cuti premi atau cost of insurance udah kegedean sehingga nilai tunainya jadi kegerus? Ini pembahasan panjang lagi.

Lantas kalau asuransi tradisional ada gak yg bisa balik? Ada. Tapi yang jelas BUKAN asuransi kesehatan. Asuransi jiwa ada yang bisa balik preminya,  tapi itu pun setelah sekian waktu yang cukup lama.

“Kenapa asuransi jiwa ada yg preminya bs balik?”

Sederhananya Karena klaimnya cuma sekali (kecuali kamu kucing, bisa 9 kali xixi bapack bisa aja) dan perusahaan asuransi sudah kalkulasi ini dengan tabel mortalitas. 

Sekian Apakah Uang Asuransi Bisa Di Ambil? dan Berhenti Asuransi Apakah Uang Kembali?


Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Revesery.com

Kunjungi Terus "Revesery" untuk update menarik selanjutnya. 

Simak update artikel menarik disini, stay tuned !! Revesery.com
Jangan sampai Terlewatkan

Download ==>